Topik Terkait: Benda Purbakala

  • Benda Mati Punya Perasaan, Mereka pun Ikut Bertasbih dan Beribadah
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Allah Taala telah memberikan mukjizat kepada Nabi Dawud yaitu saat beliau bertasbih maka dijawab oleh gunung-gunung yang kokoh dan burung-burung dengan bertasbih kepada Allah bersamanya.
  • Warga Arab Saudi Operasikan Museum Pribadi dengan 10.000 Benda Peninggalan Sejarah
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Maret 2024 - 18:03 WIB
    Dengan luas sekitar 2.200 meter persegi, Museum Hasmaa memiliki koleksi lebih dari 10.000 benda peninggalan sejarah. Koleksinya meliputi pakaian kuno, koin, senjata primitif dan buatan pabrik.
  • Kiamat, Perang Melawan Yahudi dan Benda Mati Bisa Berbicara
    Tausyiah
    Senin, 23 Mei 2022 - 18:11 WIB
    Ciri akhir zaman di antaranya adalah kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi. Hal itu terjadi karena orang-orang Yahudi termasuk pasukan Dajjal.
  • Melihat dari Dekat Benda Peninggalan Rasulullah, Begini Penampakannya
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Februari 2022 - 13:07 WIB
    Rasa haru dan rindu muncul seketika saat menyaksikan benda-benda peninggalam Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW). Berikut penampakannya.
  • Jabel Buhais di UEA: Makam, Senjata dan Tembikar
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Februari 2024 - 12:52 WIB
    Jebel Buhais, yang tingginya sekitar 340 meter di atas dataran sekitarnya, terletak di dekat kawasan Al Madam, sekitar 48 km tenggara Sharjah, Uni Ermirat Arab (UEA).
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Taman Geologi Buhais di Sharjah: Pemukiman Manusia Sejak 10.000 SM
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Februari 2024 - 20:47 WIB
    UEA memiliki beberapa situs arkeologi yang mengungkap misteri peradaban masa lalu yang menghuni wilayah tersebut, mulai dari Zaman Neolitikum yang sudah ada sejak 10.000 SM.
  • Rukun Iman dan Islam: Aspek Bersih Bukan Hanya Berkenaan dengan Harta Benda Saja
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 02:00 WIB
    A Rahman Zainuddin mengatakan dalam pemikiran Islam, konsep bersih bukanlah suatu konsep yang berkenaan dengan harta benda saja, tapi mencakup seluruh aspek dan segi kehidupan manusia.
  • Begini Upaya Konservator Menyelamatkan Warisan Budaya Irak
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Mei 2023 - 17:23 WIB
    Irak menanggung luka konflik puluhan tahun dan telah melihat barang antiknya dijarah, namun koleksi House of Manuscripts berhasil bertahan. Kini konservator Irak berusaha keras untuk melestarikan manuskrip kuno tersebut.
  • Mushaf Al-Quran: Benda Paling Bidah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 23:07 WIB
    Kalau ada benda yang paling bidah di dunia ini, maka jawabannya adalah mushaf Al-Quran 30 juz. Lho, kok bisa? Sebab, di zaman Nabi Muhammad, benda itu tidak ada.
  • Akhlak Nabi Muhammad SAW: Benda Mati Saja Diberi Nama yang Indah
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 15:10 WIB
    Al-Quran mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran pengangkatan beliau sebagai nabi adalah keluhuran budi pekertinya
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Hukum Berobat dengan Benda Najis Atau Zat Haram
    Tips
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:53 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum berobat dengan mengonsumsi obat atau zat yang haram. Bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Mengenal Sosok Al Jassasah, Hewan Misterius Pengawal Dajjal
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:08 WIB
    Mengenal sosok Al Jassasah, hewan misterius pengawal Dajjal, dianggap perlu karena kemunculan hewan ini banyak dihubungan dengan tanda-tanda hari kiamat.
  • Arab Saudi Temukan Sisa-Sisa Tempat Tinggal di Situs Kuno Asir
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 15:06 WIB
    Saudi Heritage Commission atau Komisi Warisan Saudi mengungkap temuan arkeologi terbaru di situs kuno Jerash di wilayah Asir, tenggara Khamis Mushayt.
  • Mahar Nikah dalam Islam, Berikut Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Jabal Ikmah Al-Ula Arab Saudi Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 09:07 WIB
    Jabal Ikmah adalah gunung yang spektakuler dan ngarai batu pasirnya menampilkan 450 prasasti pahatan yang signifikan secara historis, yang sebagian besar berasal dari paruh kedua milenium pertama SM.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah Secara Pribadi, Jangan Disertai  Kutukan
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.