Topik Terkait: Berdoa Dengan Surah Alfatihah (halaman 51)

  • Doa Buka Puasa Ramadhan...
    Tips
    Selasa, 05 April 2022 - 17:30 WIB
    Doa buka puasa yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada beberapa lafaz, sama-sama baik dan dapat diamalkan. Setiap Ramadhan, perdebatan mengenai lafaz doa berbuka puasa selalu muncul.
  • Bacaan Niat Sholat Jumat...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:29 WIB
    Berikut adalah bacaan niat sholat Jumat lengkap dengan tata cara dan sunnahnya yang perlu diketahui agar umat Islam tidak salah dalam memahami tata cara ibadah ini.
  • Doa Nabi Nuh saat Memohon...
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 19:06 WIB
    Sebagai seorang hamba, kita senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT, memohon perlindungan dari mara bahaya, bencana, malapetaka maupun dari godaan setan yang terkutuk.
  • Shalawat Nariyah: Salah...
    Tips
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:05 WIB
    Shalawat Nariyah disusun oleh Syaikh Nariyah. Ini adalah sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT. Salah satu keutamaan shalawat ini adalah dapat memperlancar rezeki bagi yang mengamalkannya.
  • Sambut Bulan Ramadhan...
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 08:15 WIB
    Bulan suci Ramadhan segera tiba. Ibarat menyambut tamu agung, sebagai muslim tentu kita perlu membuat agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Semua harus tampil maksimal sesempurna mungkin.
  • Doa Setelah Sholat Magrib...
    Tips
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 19:32 WIB
    Doa setelah sholat Maghrib yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) perlu diketahui umat Islam. Berikut doanya lengkap Arab dan latin.
  • Anjuran Berdoa di Tengah...
    Tips
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 17:56 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika membaca Al-Quran tidak hanya membaca dengan tartil (perlahan). Beliau juga berdoa di tengah bacaan Al-Quran.
  • Ketika Doa Bisa Mengubah...
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 16:09 WIB
    Takdir merupakan sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT. Lalu, benarkah bisa berubah? Bukankah takdir seseorang telah ditetapkan ketika manusia berumur empat bulan di kandungan?
  • Orang Pertama yang Menutup...
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah Ibnu Hisyam diceritakan sejarah kain penutup Kabah dan orang pertama yang melakukannya. Setiap musim Haji, kain Kiswah ini diganti oleh otoritas Haromain.
  • Mereka Memprediksi Kapan...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 12:26 WIB
    As-Suhailiy memprediksi datangnya hari kiamat dengan menghitung-hitung huruf muqathaah (seperti alif laam miim dan haammiim) yang berada di awal-awal surat dalam Al-Quran.
  • Halalkah Binatang Sembelihan...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Juli 2022 - 19:00 WIB
    Binatang sembelihan ahli kitab pada dasarnya halal. Kendati menyebut nama al-Masih dan Uzair ketika menyembelih, maka makanannya tersebut tetap halal buat orang Islam.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:04 WIB
    Hukum tajwid surat Al Maarij ayat 1-5 ini bisa menjadi bahan belajar bagi setiap muslim untuk memahami hukum bacaan. Mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah adalah fardhu kifayah.
  • Kisah Imam Abu Dawud...
    Hikmah
    Sabtu, 26 September 2020 - 22:34 WIB
    Ada satu kisah menarik ketika Imam Abu Dawud membeli surga dengan 1 Dirham. Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr sebagaimana dikatakan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani.
  • Inilah Beda Kriteria...
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:51 WIB
    Ketiga kriteria tersebut dipandang tidak sahih oleh ulama Sunni. Berikut ini ringkasan kriteria penerimaan riwayat hadis menurut ulama Suni, dengan perbedaan yang jelas.
  • Bacaan Khutbah Nikah...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Bacaan Doa Walimatul...
    Tips
    Senin, 13 Mei 2024 - 13:14 WIB
    Bacaan doa walimatul safar haji ini, biasanya diamalkan ketika mengantar keluarga atau tetangga yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji. Seperti apa doanya?
  • Masjid Kwitang, Saksi...
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:25 WIB
    Tak berlebihan kiranya jika kita mengagumi sosok Ir Soekarno. Kedekatannya dengan Habib Ali Al-Habsyi Kwitang menjadi berkah tersendiri bagi beliau dan juga bangsa Indonesia.
  • Bolehkah Lempar Jumrah...
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Sebagian orang mengatakan tidak boleh melontar dengan batu yang telah digunakan melontar. Mereka yang berpendapat demikian memiliki tiga alasan. Apa saja?
  • Argumen Kalam Asyari...
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 09:50 WIB
    Menurut al-Alousi, ada enam argumen yang digunakan para tokoh Ilmu Kalam untuk membuktikan tidak abadinya alam raya. Salah satunya argumen pengalaman. Berikut penjelasannya.
  • Doa untuk Orang Sakit...
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 15:54 WIB
    Doa untuk orang sakit sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sejumlah riwayat menyebutkan beberapa doa berikut.