Topik Terkait: Berkah Maulid

  • Sambut Rabiul Awal, Ini Keutamaan Merayakan Maulid Nabi
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:26 WIB
    Rabiul Awal identik dengan Maulid Nabi karena di bulan ini Al-Musthofa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dilahirkan. Berikut keutamaan merayakan Maulid Nabi.
  • Kapan Maulid Nabi 2023? Ini Hari dan Tanggalnya
    Dunia Islam
    Minggu, 17 September 2023 - 23:29 WIB
    Maulid Nabi 2023 sebentar lagi akan diperingati umat Islam di berbagai negara termasuk di Indonesia. Peringatan Maulid Nabi ini dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal.
  • Benarkah Syiah Pelopor Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW?
    Dunia Islam
    Kamis, 29 September 2022 - 16:58 WIB
    Perayaan Maulid pertama kali diadakan oleh Dinasti Ubaid (Fathimi) di Mesir yang berhaluan Syiah Ismailiyah. Dinasti ini berkuasa di Mesir pada tahun 362 sampai dengan 567 Hijriyah.
  • Kisah Tabarruk Ngalap Berkah di Zaman Para Nabi dan Sahabat
    Hikmah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Tabarruk berasal dari kata barokah. Para ulama mendefinisikan barokah sebagai Ziyadatul Khair yang artinya bertambah kebaikan dari Allah. Berikut kisah tabarruk di zaman para Nabi dan sahabat.
  • Hukum Merayakan Maulid Nabi, Ini Dalil dan Fatwa Ulama yang Membolehkannya
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 19:37 WIB
    Hukum merayakan Maulid Nabi penting diketahui umat Islam agar tidak keliru dan gagal paham dalam menyikapinya. Berikut dalil dan fatwa ulama yang membolehkannya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Maulid Nabi: Barzanji, Kitab Paling Populer Setelah Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 16:04 WIB
    Barangkali tidak ada seorang pun penganut Islam di Indonesia yang tidak pernah menghadiri pembacaan Barzanji, paling tidak beberapa kali sepanjang hidupnya.
  • Maulid Nabi: Ada Beda Pendapat tentang Kapan Lahirnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:25 WIB
    Banyak versi kapan tepatnya Nabi SAW lahir. Namun riwayat paling populer menyebutkan bahwa Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal atau bertepatan dengan 29 Agustus 580 Masehi.
  • Peringati Maulid Nabi, Ketua Lembaga Dakwah PBNU: Jangan Pernah Berpaling dari Para Kiai
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 02:17 WIB
    Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD-PBNU) KH Agus Salim mengingatkan kepada warga Nadhdiyin untuk terus menuntut ilmu kepada para Kiai.
  • Selamat Memperingati Maulid Nabi, Ini Bukti Kelahiran Rasulullah Disertai Cahaya
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 11:03 WIB
    Malam itu tidak seperti malam biasanya. Di Arasy, para Malaikat bergemuruh melafazkan dzikir memuji keagungan Allah. Malam yang gelap gulita berubah menjadi malam terang bertabur keberkahan.
  • 10 Contoh Puisi Maulid Nabi Singkat dan Penuh Makna
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 20:22 WIB
    Puisi Maulid Nabi singkat dan penuh makna ini bisa dijadikan kata-kata indah untuk menyemarakkan acara Maulid Nabi yang biasanya dirayakan selama bulan Rabiul Awal ini.
  • Gus Baha: Orang Islam Harusnya Setiap Hari Memperingati Maulid Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Ulama ahli tafsir Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan seharusnya orang Islam setiap hari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Perayaan Maulid Nabi Ajang Silaturahmi dan Inklusivitas
    Dunia Islam
    Kamis, 28 September 2023 - 13:54 WIB
    Nilai utama dari perayaan atau peringatan Maulid Nabi adalah mempererat silaturahmi antara satu dengan yang lain, terutama bagi saudara sesama muslim.
  • Berkah Sahur: Mendapat Salawat dari Allah dan Malaikat
    Tips
    Rabu, 22 Maret 2023 - 21:17 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan puasa adalah sahur. Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Khotbah Jumat Rabiul Awal: Menyambut Maulid Nabi Meraih Keberkahan
    Tausyiah
    Jum'at, 22 September 2023 - 06:37 WIB
    Khotbah Jumat kali ini mengangkat tema Maulid Nabi Muhammad ? bertabur keberkahan, Jumat 6 Rabiul Awal 1445 Hijriyah (22/9/2023). Berikut pesan khutbahnya.
  • TGB: Maulid Nabi Momentum Kembali Meneladani Nilai-nilai Kemanusiaan Universal
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 04:55 WIB
    Ketua OIAA Indonesia TGB Muhammad Zainul Majdi mengajak Maulid Nabi menjadi momentum untuk kembali meneladani nilai-nilai kemanusiaan universal yang dibawa oleh nabi.
  • Peringatan Maulid Nabi SAW, Diambil dari Tradisi Syiah?
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:02 WIB
    Pelaksanaan Maulid Nabi sudah dilaksanakan sejak ribuan tahun lalu oleh Umat Islam di dunia. Benarkan tradisi peringatan maulid awalnya digagas kelompok Syiah?
  • Berkah Ramadhan, BPJAMSOSTEK Berbagi Takjil ke Pengguna Jalan
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 April 2022 - 13:12 WIB
    Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan membagikan paket takjil kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.
  • Rahasia Hidup Berkah, Ternyata Rasulullah SAW Tidur Sehari 3 Kali
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 16:42 WIB
    Tidak ada manusia yang hidupnya paling produktif dan usinya paling berkah kecuali Nabi Muhammad. Apa yang membuat Rasulullah begitu produktif? Berikut rahasianya.
  • Memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW untuk Menjaga Ukhuwah Wathaniyah
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 19:15 WIB
    Ketua Bidang Kerukunan Antar-Umat Beragama MUI, Yusnar Yusuf Rangkuti menuturkan kelahiran Nabi Muhammad SAW membawa suri tauladan kepada seluruh umat di muka bumi.
  • Selamat Maulid Nabi, Ini Keajaiban Saat Rasulullah Dilahirkan
    Tausyiah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 07:30 WIB
    Seluruh makhluk termasuk Malaikat bersuka cita mereguk berita gembira lahirnya bayi mulia yang kelak menjadi Nabi akhir zaman. Berikut keajaiban saat Rasulullah dilahirkan.