Topik Terkait: Buang Sial

  • Islam Melarang Perasaan...
    Hikmah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Islam sangat melarang atau tidak mengenal nasib sial/perasaan sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam Islam hal itu dinamakan at thatayyur.
  • Beginilah Cara Menutup...
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:17 WIB
    Salah satu adab buang hajat adalah diwajibkan menutup aurat. Mengapa demikian? Hal demikian disebabkan menutup aurat wajib hukumnya bagi siapa pun, kapan dan dimana pun dia berada.
  • Adab dan Doa saat Buang...
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 10:46 WIB
    Islam sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam menjalankan aktivitas harian, salah satunya tentang buang hajat. Bila mengabaikannya, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri, juga dapat mengganggu orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • 13 Bukan Angka Sial
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Mei 2017 - 10:59 WIB
    Ajaran Islam melarang tathayyur. Yaitu berfirasat buruk, berperasaan sial, yang menimbulkan rasa pesimis, karena pengaruh sesuatu di alam. Bila pengaruh-pengaruh itu membuat seseorang membatalkan niat bepergian, melangsungkan pernikahan, dan lain-lain, berarti dia telah terjerumus ke dalam perbuatan syirik.
  • Ini Alasan Mengapa Islam...
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 23:57 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan kebersihan, kesucian dan keselamatan. Dalam urusan buang air kecil atau kencing, Islam memberi tuntunan dan adab-adabnya.
  • Benarkah Bulan Safar...
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 11:21 WIB
    Benarkah bulan Safar adalah bulan kesialan atau selalu diindetikan dengan kesialan? Bagaimana dalam pandangan Islam tentang kesialan-kesialan ini?
  • Mengapa Merasa Bernasib...
    Hikmah
    Jum'at, 24 November 2023 - 11:30 WIB
    Dalam Islam tidak mengenal nasib buruk atau nasib sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam islam hal itu dinamakan at thatayyur
  • Guru Yahudi Ini Anggap...
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:17 WIB
    Guru Yahudi itu berkata kepada teman-teman Iyas, Tidakkah kalian merasa heran kepada kaum Muslimin itu? Mereka berkata bahwa mereka akan makan di surga, namun tidak akan buang air besar?
  • Adakah Kesialan dan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Agustus 2024 - 13:11 WIB
    Dalam keyakinan masyarakat kita, masih ada yang percaya akan kesialan. Sampai harus melakukan tradisi buang sial. Lantas adakah kesialan dan buang sial itu dalam Islam?
  • Tathayyur Merasa Bernasib...
    Tips
    Selasa, 16 November 2021 - 19:31 WIB
    Dalam Islam tidak mengenal nasib buruk atau nasib sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam Islam hal itu dinamakan at tathayyur.
  • Doa ketika Keluar Jamban...
    Tips
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:57 WIB
    Ketika keluar toilet atau jamban usai buang hajat, kita dianjurkan berdoa agar segala penyakit yang berasal dari tempat itu tidak menempel dan juga sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT.
  • Thiyarah: Berpikir Sial...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 04:14 WIB
    Sikap menyalahkan sesuatu yang lain karena kesialan yang sedang menimpanya atau kegagalan yang sedang dihadapinya. Dampak negatifnya adalah berputus asa.
  • Jangan Sembarangan Buang...
    Tips
    Selasa, 16 Juli 2024 - 13:49 WIB
    Dalam Islam, salah satu adab yang harus diperhatikan ialah adab ketika buang hajat, baik itu buang air kecil maupun buang air besar. Karena jika mengabaikannya bisa berakibat buruk bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Beberapa Adab Penting...
    Tausyiah
    Senin, 20 Desember 2021 - 18:16 WIB
    Islam mengatur semua aspek kehidupan manusia termasuk ketika berada di kamar mandi atau berurusan dengan toilet. Berikut adab-adab penting saat BAB di kamar mandi.
  • Doa Saat Buang Hajat...
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
    Saat akan buang hajat dan memasuki kamar mandi, setiap muslim dianjurkan berdoa terlebh dahulu. Begitupun setelah selesai dan mau keluar dari tempat buang hajat tersebut dianjurkan berdoa kembali.
  • Kisah Cucu Raja Blambangan...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 18:05 WIB
    Peti itu berasal dari Blambangan. Hal itu diketahui Sunan Ampel dari ciri-ciri ukiran dan tanda khusus pada peti itu. Yakinlah Sunan Ampel bahwa Joko Samodra adalah putra Syaikh Maulana Ishaq.
  • Doa Masuk Kamar Mandi...
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 16:05 WIB
    Berdoa sebelum masuk kamar mandi atau WC adalah salah satu anjuran agama yang mungkin banyak mengamalkannya, begitu juga meninggalkannya.
  • Wajibnya Menutup Aurat...
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 09:14 WIB
    Dalam salah satu adab buang hajat, menutup aurat adalah adab yang diwajibkan. Di mana beberapa adab lainnya hanya sampai batas sunah atau makruh, tetapi dalam persoalan buang hajat ini syariat mewajibkannya.
  • Guru Yahudi Ini Anggap...
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:20 WIB
    Guru Yahudi itu berkata: Tidakkah kalian merasa heran kepada Kaum Muslimin itu? Mereka berkata bahwa mereka akan makan di Surga, namun tidak akan buang air besar?
  • Doa Setelah Buang Hajat...
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:24 WIB
    Doa setelah buang hajat (buang air kecil dan buang air besar) penting dihapalkan karena banyak pahalanya. Begini lafadz doanya dalam huruf Arab, latin dan artinya.