Topik Terkait: Bulan Qamariah

  • Inilah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram
    Hikmah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:55 WIB
    Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Mengapa bulan Muharram begitu istimewa?
  • Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 23:56 WIB
    Beberapa hari lagi kita akan memasuki 1 Muharram 1444 Hijriyah. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan.
  • 12 Amalan yang Dilipatgandakan Pahalanya di Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:15 WIB
    Banyak amalan di bulan Dzulhijjah yang banjir pahala untuk dilaksanakan. Apalagi bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam.
  • 11 Perkara yang Dilarang Dilakukan di Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 12:10 WIB
    Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa atau bulan haram (mulia) dalam Islam. Selain banyak amalan yang dianjurkan dilakukan, ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan tersebut. Apa saja amalan yang dilarang tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut larangannya :
  • Amalan dan Keutamaan Bulan Dzulqadah
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 12:30 WIB
    Bulan Dzulqadah termasuk dalam salah satu bulan yang memiliki kemuliaan di sisi Allah dengan julukan Asyhurul haram (bulan haram). Karena bulan istimewa seyogianya bulan ini diisi dengan kebajikan dan memperbanyak amalan yang sangat dianjurkan.
  • Menikah di Bulan Suro, Benarkah Dilarang Atau Hanya Mitos?
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 23:25 WIB
    Menikah di Bulan Suro bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jawa merupakan hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah dilarang atau hanya mitos?
  • Ini Alasan Menikah di Bulan Syawal Disunnahkan
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 21:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih melangsungkan pernikahan di bulan Syawal. Apa sebenarnya alasan menikah di bulan Syawal disunnahkan?
  • Dalil-dalil Tentang Ramadan Bulan Penghapusan Dosa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 10:43 WIB
    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan ampunan dan bulan penghapusan dosa. Mengapa disebut demikian? Karena bulan Ramadan merupakan bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya.
  • Mengenal 10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 22 April 2021 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan tidak hanya sebatas bulan suci bagi umat Muslim, bulan ini juga dikenal dengan bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan ini.
  • Syawal, Bulan Berkah yang Penuh Julukan
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 05:50 WIB
    Setelah Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Selain penuh dengan amalan, bulan Syawal ternyata juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Benarkah Menikah di Bulan Muharram Dilarang dalam Islam?
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:32 WIB
    Menikah di bulan Muharram bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 14:55 WIB
    Di balik keberkahan yang melimpah, ternyata di bulan Dzulhijjah juga terdapat beberapa sejarah penting atau peritiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Peristiwa penting apa saja?
  • 7 Larangan di Bulan Muharam yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Terdapat sejumlah larangan di bulan Muharam yang penting diketahui umat Islam. Bulan Muharam adalah salah satu bulan suci yang dianggap sakral oleh umat Islam, dan menjadi bulan yang istimewa.
  • Lebih Dermawan di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 14:27 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Asal-usul Penamaan Zulkaidah, Bulan Pertama dari 4 Bulan Haram
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Saat ini kita telah memasuki bulan Zulkaidah (Dzulqodah), bulan pertama dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Berikut asal-usul penamaan bulan Zulkaidah.
  • Khutbah Jumat: Keutamaan Bulan Zulhijjah dan Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema keutamaan bulan Zulhijjah dan beberapa amalan yang dianjurkan. Hari ini bertepatan Jumat terakhir bulan Zulkaidah (16/6/2023).
  • Tips Bermedia Sosial di Bulan Puasa ala Ustaz Milenial
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 20:41 WIB
    Ustaz Milenial, Najmi Al Malik menyampaikan generasi muda dapat melakukan aktivitas positif selama bulan Ramadhan 1443 H.
  • Selamat Datang Safar 1445 H, Ini Doa Memasuki Awal Bulan
    Tausyiah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:45 WIB
    Malam ini kita sudah memasuki 1 Shafar 1445 H karena pergantian hari dan tanggal dalam kalender Hijriyah adalah saat terbenam matahari (waktu Maghrib). Berikut doa memasuki awal bulan.
  • 5 Golongan yang Merugi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Menyepelekan Dosa yang Telah Lewat
    Muslimah
    Senin, 04 April 2022 - 10:04 WIB
    Bagi orang beriman, berjumpa dengan bulan Ramadhan adalah sebuah kebahagiaan yang tiada terkira, tapi sebaliknya pasti ada pula orang-orang yang mengangggapnya biasa-biasa saja, dan sungguh betapa meruginya orang yang semacam ini.
  • 10 Nama untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan yang Terinspirasi dari Bulan Rajab
    Muslimah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 12:46 WIB
    Bulan Rajab banyak memiliki keutamaan dan doa-doa didalam mengisi dan mengamalkannya. Karena itu, tidak salah bila memberi nama anak yang baru lahir, terinspirasi dari bulan Rajab ini