Topik Terkait: Cahaya Hati Indonesia (halaman 7)

  • Hati-hati, 2 Perkara...
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 10:28 WIB
    Amalan yang telah dilakukan bernilai pahala tetapi ternyata pahala yang didapat menjadi hilang dan lenyap karena kesalahan si pelakunya. Lantas, perilaku apa saja yang membuat amal kebaikan menjadi sia-sia ini?
  • Kikir dan Bakhil, Kemaksiatan...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 15:41 WIB
    Ada tiga hal yang dianggap dapat membinasakan kehidupan manusia, yaitu kekikiran yang dipatuhi, hawa nafsu yang diikuti, dan ketakjuban orang terhadap dirinya sendiri
  • Cara Mengobati Rasa...
    Tips
    Kamis, 20 Januari 2022 - 17:37 WIB
    Rasa dendam terkadang muncul ketika kita mendapatkan berbagai kedzaliman atau hal tak berkenan dari orang lain. Dendam memang sesuatu yang akan memuaskan hawa nafsu, namun juga menjerumuskan.
  • Hati-hati Pamer Kemesraan...
    Muslimah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 07:31 WIB
    Iblis sangat bangga bila berhasil memisahkan antara pasangan suami dan istri sehingga mereka bercerai. Akan tetapi, hubungan harmonis pasangan suami istri ini bisa jadi hancur karena ulah tangan mereka berdua sendiri.
  • Ingin Menjadi Orang...
    Tausyiah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 18:07 WIB
    Ingin tahu siapa orang atau hamba pilihan Allah Subhanahu wa taala? Ternyata, orang pilihan tersebut adalah hamba yang melaksanakan salat subuh tepat waktu. Kenapa demikian?
  • Niat Puasa Ramadan Wajib...
    Tips
    Minggu, 03 Maret 2024 - 08:01 WIB
    Jika telah jelas masuknya bulan Ramadan dengan penglihatan mata atau persaksian, maka wajib atas setiap muslim yang mukallaf untuk niat puasa di malam harinya.
  • Jauhi Ujub, Jadilah...
    Hikmah
    Kamis, 28 November 2019 - 16:05 WIB
    Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandari (1250-1309) dalam Kitab Al-Hikam menyebutkan, taat itu terkadang dibarengi dengan penyakit hati yang bisa menghilangkan ikhlas seperti ujub.
  • 6 Penyakit Hati yang...
    Tausiyah
    Selasa, 10 Desember 2019 - 17:34 WIB
    Penyakit hati adalah penghalang seseorang untuk mendapatkan ilmu yang berkah. Berikut penyakit hati yang harus dijauhi menurut KH Abdullah Gymnastiar.
  • Surat Al-Quran untuk...
    Tips
    Senin, 18 Juli 2022 - 15:23 WIB
    Banyak surat Al-Quran untuk menenangkan hati yang tengah gundah dan gelisah. Bahkan, Al-Quran juga banyak mengungkap kiat-kiat agar manusia hatinya tenang dan tentram.
  • 6 Bahaya Penyakit Hasad,...
    Tips
    Selasa, 01 Februari 2022 - 18:06 WIB
    Salah satu penyakit hati yang berbahaya adalah sifat hasad atau perasaan iri dan dengki. Orang hasad adalah orang yang tanpa alasan yang rasional, tidak senang kepada segala kelebihan dan keutamaan yang dimiliki orang lain.
  • Pamer Amal di Medsos?...
    Muslimah
    Senin, 15 Juni 2020 - 15:57 WIB
    Medsos sepertinya sudah menjadi ajang pamer, termasuk dalam hal amal ibadah. Niat yang tadinya ikhlas karena Allah, tetapi akhirnya bisa bercampur riya dan sumah. Kondisi ini seringkali diremehkan, termasuk di kalangan muslimah.
  • Tingkatan Mahabah Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 05:15 WIB
    Mahabah atau kecintaan memiliki tingkatan. Mahabbah yang paling rendah adalah bersihnya hati (salamush shadr) dari perasaan hasud, membenci, dengki dan sebab-sebab permusuhan dan pertengkaran.
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • Hati-hati dengan Takhbib,...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 21:24 WIB
    Hancur dan rusaknya bahtera rumah tangga dan terjadinya perceraian sangat disukai oleh Iblis. Salah satunya terjadi karena perbuatan takhbib. Apa itu?
  • Hati-hati, Bagi Para...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 09:25 WIB
    Mengucap talak tidak boleh sembarangan, ucapannnya yang dibuat candaan atau karena emosi. Bagi para suami, ucapan talak ini memiliki konsekuensi yang tidak main-main dalam agama.
  • Inilah Penyakit Paling...
    Hikmah
    Minggu, 05 April 2020 - 05:15 WIB
    Ketika virus Corona menjadi pandemik global, banyak manusia panik dan ketakutan berlebihan. Padahal, ada satu penyakit paling membahayakan dan menjangkiti banyak orang.
  • Hajar Aswad Berubah...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 11:26 WIB
    Kesalahan dan dosa anak-anak cuci Nabi Adam meninggalkan bekas pada Hajar Aswad. Batu dari surga itu awalnya mempunyai warna sangat putih, lebih putih dari susu. Lalu dosa-dosa anak cucu Adam telah mengubahnya menjadi berwarna hitam.
  • Habib Geys Assegaf:...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 16:29 WIB
    Islam sangat memuliakan ulama, murobbi, guru, massyaikh, syeikh dan para asatiz. Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf mengimbau para pencari ilmu agar berhati-hati memilih guru.
  • Tips Sederhana Agar...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 09:28 WIB
    Riya termasuk syirik kecil dan penyakit hati yang dapat menghilangkan pahala amal saleh. Berikut tips sederhana menghindari riya dari Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Salah Satu Tanda Lemah...
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 08:21 WIB
    Tidak konsekuen tidak hanya merepotkan orang lain, tapi hal itu juga memberi kejiwaan yang buruk dalam diri seseorang. Seorang yang tidak punya pendirian berarti pikiran dan hatinya tidak lurus.