Topik Terkait: Curhat Sesuai Syariat (halaman 3)

  • Menumbuhkan Sikap Optimisme dan Cita-cita Akhirat pada Anak
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 17:03 WIB
    Dalam Islam, anak-anak kaum muslimin perlu dilatih memiliki optimisme yang tinggi dan benar. Optimisme yang dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah.
  • Bolehkah Menisbatkan Nama Suami di Belakang Nama Istri?
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 14:07 WIB
    Menisbatkan nama suami di belakang nama istri tengah marak saat ini. Tindakan itu banyak dilakukan tidak hanya pada pergaulan sehari-hari, tetapi juga dilakukan di sosial media sebagai penamaan akun sosial media seorang wanita.
  • Orang Tua Harus Menjaga Rasa Bahagia Anak
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:10 WIB
    Menjaga akhlak dan keimanan seorang anak adalah yang harus diutamakan orang tua. Itulah yang diharap dan diinginkan oleh anak yang tidak terucap oleh lidah mereka,yakni bahwa mereka juga ingin bahagia.
  • Melihat Kematangan Berpikir Anak dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:12 WIB
    Salah satu yang perlu dikawal dan diperhatikan oleh para orang tua terhadap anak-anak mereka adalah kematangan berpikirnya. Apa sebenarnya yang dimaksud kematangan berpikir dalam perspektif IsqWQgfdq lam?
  • Keseimbangan Memberi Hadiah dan Hukuman pada Anak Berlandaskan Syariat
    Muslimah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 12:55 WIB
    Memberi hadiah dan hukuman yang seimbang pada anak sangat diperlukan. Jangan terlalu banyak memberikan hadiah dan tidak menjatuhkan sanksi, atau sebaliknya berlebihan di dalam memberikan hukuman dan sangat bakhil memberi hadiah.
  • Bolehkah Muslimah Memakai Celana Panjang? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 06:44 WIB
    Bolehkah seorang muslimah memakai celana panjang? Bagaimana hukumnya dalam syariat Islam? Hukum memakai celana penting diketahui karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Tips Awet Muda dan Cantik Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 04 September 2022 - 09:01 WIB
    Muslimah, ada tips kecantikan yang disadur dari kitab Jaddidi hayataki az Zaujiyah 151-1520 dan disampaikan Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA. Tentu tips kecantikan ini sesuai dengan syariat Islam.
  • Pendidikan Anak adalah Prioritas Utama Para Nabi
    Muslimah
    Senin, 26 September 2022 - 09:45 WIB
    Pendidikan anak adalah prioritas utama para nabi Allah. Selain sebagai penerus dalam berdakwah dan bermuamalah, anak juga bisa menjadi penyebab kebaikan orang tua ketika orangnya sudah meninggal.
  • Pesan Penting untuk Orang Tua : Tanamkan Tauhid Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 13:06 WIB
    Banyak orangtua terlambat menyadari bahwa membangun akhlak positif anak perlu dilakukan sejak dini. Tiba-tiba mereka baru menyadari anaknya sering berkata dan bersikap kasar, sulit diajak ibadah salat, sering konflik dan lainnya.
  • Berpenampilan Terbaik Saat Shalat Ied, Muslimah Harus Memperhatikan Syarat-syarat Ini
    Muslimah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 18:05 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajurkan baik muslim maupun muslimah sebelum melaksanakan shalat Idul Adha ini, dengan mandi terlebih dahulu, berdandan dan berhias diri dengan berpakaian yang terbaik.
  • 4 Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 09:56 WIB
    Memilih hewan kurban tidak boleh asal dan harus sesuai syariat Islam. Sudah seharusnya umat muslim mengetahui hal ini supaya maksimal dalam berkurban di Hari Raya Iduladha.
  • Pentingnya Menanamkan Sifat Jujur pada Anak
    Muslimah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 07:35 WIB
    Banyak hal-hal yang perlu kita tanamkan pada anak-anak kita. Tapi ada satu akhlak yang merupakan pilar utama di dalam akhlak, yaitu jujur. Karena ini salah satu sifat seorang mukmin.
  • Cara Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Makan Kurma Atau Minum Air Dulu?
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 17:05 WIB
    Umat Islam perlu mengamalkan cara buka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam. Mana yang harus didahulukan, makan kurma atau minum air putih?
  • 9 Hadis Tentang Pernikahan yang Penting untuk Diketahui Kaum Muslim
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Kriteria Memilih Pasangan dalam Islam, Ini yang Harus Dilakukan Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:05 WIB
    Kriteria memilih pasangan dalam Islam perlu diketahui dan dipahami oleh setiap kaum muslim. Karena, sesungguhnya Islam telah memerintahkan agar kita cermat dalam hal memilih calon suami atau istri.
  • Begini Doa Saat Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:00 WIB
    Ada suatu keanehan sebagaimana dikemukakan dalam al-Fath (Fathul-Bari), yaitu adanya sebagian orang yang menganggap musykil mendoakan kesembuhan si sakit. Mengapa?
  • 4 Hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak Sejak Usia Dini
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:54 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Mengapa Harus Menerapkan Syariat Islam? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:50 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan merupakan hak setiap masyarakat untuk berhukum pada syariat yang diyakini akan keadilannya, keunggulannya dan ketinggiannya atas syariat-syariat yang lainnya.
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:42 WIB
    Mengenalkan hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallan yang berisi nasihat-nasihat sangat perlu dilakukan orang tua kepada anak-anaknya, yang dimulai dengan hadis hadis ringan