Topik Terkait: Dalil Tawassul

  • Rangkaian Bacaan Tawassul Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 09:39 WIB
    Bacaan tawasul tahlil ini kerap dilantunkan dalam rangkaian tahlil. Tujuan dibacakannya adalah supaya segala bentuk doa dan zikir yang dipanjatkan nantinya akan sampai pada orang yang sudah meninggal.
  • 12 Dalil Berdoa dengan Tawassul (Bagian 5)
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:19 WIB
    Hukum berdoa dengan tawassul adalah amalan yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Tawassul artinya mengambil sarana/wasilah agar doa lebih diterima dan dikabulkan.
  • 12 Dalil Berdoa dengan Tawassul (Bagian 4)
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 20:14 WIB
    Tawassul ada syaratnya yaitu meyakini bahwa Allah saja yang mempunyai hak memberi manfaat dan mudarat. Berikut lanjutan dalil berdoa dengan tawassul.
  • Memahami Tawassul yang Disyariatkan
    Muslimah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 09:12 WIB
    Kita diperintahkan berdoa kepada Allah dan tidak menyimpangkan doa tersebut kepada selain Allah Subhanahu wa taala. Termasuk yang berkaitan dengan akidah adalah bertawassul didalam doa.
  • Kisah Para Sahabat Nabi Bertawassul Saat Punya Hajat
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 22:35 WIB
    Berdoa dengan tawassul adalah hal yang disunnahkan karena di dalamnya terdapat kebaikan. Sahabat Nabi dan orang saleh terdahulu melakukan tawassul saat mereka punya hajat.
  • Memahami Tawassul: Syirik, Bidah, Ataukah Sekadar Adab?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Cukuplah bagi kita tawassul yang disyariatkan, seperti tawassul dengan nama dan sifat Allah, amal shalih, taat dan mengikuti ajaran Nabi SAW. Inilah tawassul yang disyariatkan.
  • Tawassul : Pengertian, Jenis, Hukum dan Bacaan Doa
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 19:51 WIB
    Tawasul dalam masyarakat Indonesia dikenal sebagai bacaan yang dilantunkan sebelum bacaan tahlil dimulai. Membuat bacaan ini seakan menjadi pembuka dari rangkaian tahlil.
  • Dalil Berkurban dan Keutamaannya, Amal yang Paling Dicintai Allah
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada hari Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Berikut dalil dan keutamaan menyembelih hewan kurban.
  • Dalil-dalil Pentingnya Berkurban dalam Al-Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Tata Cara dan Bacaan Tawassul yang Benar dan Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 12:15 WIB
    Tata cara dan bacaan tawassul yang benar perlu diketahui kaum muslim agar tidak keliru dalam mengamalkannya. Tawassul merupakan salah satu cara berdoa dengan perantara atau wasilah.
  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Dalil Puasa Rajab dan Pandangan Hukumnya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Bacaan Tawasul yang Benar Lengkap dengan Dalilnya
    Tips
    Senin, 11 Desember 2023 - 18:53 WIB
    Bacaan Tawasul yang benar perlu diketahui kaum muslim agar tidak keliru dalam mengamalkannya. Tawassul merupakan salah satu cara berdoa dengan perantara atau wasilah.
  • Dalil-Dalil Pengharaman Khamar: Induk dari Segala Kejahatan
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Januari 2024 - 13:27 WIB
    Khamar adalah induk dari segala kejahatan, barangsiapa meminumnya, maka salatnya tidak diterima selama 40 hari, apabila ia mati sementara ada khamra di dalam perutnya, maka ia mati sebagaimana matinya orang Jahiliah.
  • Dalil-dalil Al-Quran yang Memerintahkan Kewajiban Berjilbab
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 13:34 WIB
    Menutup aurat adalah salah satu kewajiban perempuan muslimah. Salah satu cara menutup aurat ini adalah dengan pakaian berjilbab atau berhijab.
  • Dalil-dalil Hadis Tentang Keutamaan Puasa Asyura
    Tips
    Rabu, 19 Juli 2023 - 11:08 WIB
    Keutamaan puasa Asyura (10 Muharram) banyak diterangkan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, yang derajatnya Shahih dan dapat diamalkan.
  • Dalil-dalil Tentang Larangan Menikah Beda Agama
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 09:05 WIB
    Syariat Islam melarang pernikahan beda agama dan larangan tersebut banyak terdapat dalam dalil Al Quran dan hadis. Berikut beberapa dalil dan aturan larangan pernikahan beda agama tersebut dalam Islam:
  • Dalil-dalil tentang Aturan dan Syarat Berpakaian yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 13:05 WIB
    Dalam Islam cara berpakaian seorang wanita muslimah telah diatur dengan sangat baik. Ada syarat-syarat yang ditentukan oleh syariat. Namun demikian, tentang model berbusananya, syariat tidak menentukannya.
  • Dalil-Dalil Mereka yang Mengharamkan Musik dan Lagu, Begini Jawaban Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 05:45 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu dan musik mendasarkan pada firman Allah SWT dalam memuji orang-orang yang beriman sebagaimana dalam surat Al-Qashash ayat 55..