Topik Terkait: Doa Berkurban

  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Sisihkan Rezeki, Ini Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Di antara umat muslim mungkin ada yang belum mengetahui keutamaan berkurban. Padahal berkurban memiliki fadhillah besar di Hari Idul-Adha. Berikut keutamaannya.
  • Bacaan Niat dan Doa Saat Menyembelih Hewan Kurban Iduladha
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Bacaan niat dan doa menyembelih hewan kurban Iduladha penting diketahui umat muslim khususnya bagi yang berkurban. Berikut bacaannya lengkap Arab dan latin.
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Bacaan Niat Berkurban Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 23:52 WIB
    Niat berkurban bisa dilakukan dalam hati mulai 1 Dzulhijjah. Ketika kita sudah memiliki hewan kurban maka ketika itu juga kita berniat untuk berkurban. Berikut bacaan niatnya.
  • Doa dan Niat Berkurban Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:02 WIB
    Tak lama lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Idul Adha 20 Juli 2021. Berikut bacaan doa dan niat berkurban yang harus diketahui kaum muslimin.
  • Doa-doa Memohon Kemenangan untuk Timnas Indonesia, Yuk Amalkan
    Tips
    Kamis, 02 Mei 2024 - 18:48 WIB
    Doa-doa memohon kemenangan agar bisa diraih oleh Timnas Sepakbola Indonesia U-23 yang akan bertanding memperebutkan juara ke-3 Piala AFC, bisa diamalkan para pendukung dan rakyat Indonesia
  • Doa-doa yang Perlu Dihafalkan dalam Rangkaian Safar
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 12:21 WIB
    Sebelum berakvitas disunahkan mengawali dengan doa. Termasuk doa yang penting untuk dihafalkan adalah doa dalam rangkaian safar (bepergian).
  • Doa Saat Menggiring Hewan Kurban dan Doa Sebelum Menyembelihnya
    Tips
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:43 WIB
    Bagi yang berkurban, doa saat menggiring dan menyembelih hewan kurban ini penting untuk diketahui. Karena, di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Doa Khusus dari Rasulullah SAW sebelum Hewan Kurban Disembelih
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 10:42 WIB
    Membaca doa ketika berqurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah. Selain itu, Rasulullah berdoa khusus ketika hewan kurban sudah dibaringkan dan siap untuk disembelih.
  • 9 Keutamaan Berkurban di Hari Idul Adha, Setiap Bulunya Diganjar 1 Kebaikan
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan berkurban di Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah tidak diragukan lagi. Ibadah yang satu ini sangat dicintai Allah Taala. Bahkan pahalanya tak terhitung banyaknya.
  • Doa-doa Terbaik Istri untuk Suami dan Anak-anak Tercinta
    Tips
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:00 WIB
    Doa untuk keluarga tercinta baik itu suami, istri dan anak perlu diamalkan setiap hari. Terutama diamalkan oleh para istri agar keluarganya mendapat curahan rahmat dari Allah.
  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Doa Sakit Gigi dan Cara Mengamalkannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 20:17 WIB
    Doa sakit gigi ini diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan bagaimana cara mengamalkannya penting untuk diketahui.
  • Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 09:30 WIB
    Mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh.
  • Sering Stres? Amalkan 5 Doa Penenang Hati Ini!
    Tips
    Kamis, 02 Mei 2024 - 09:02 WIB
    Masih sering mengalami stres dan gelisah setiap hari? Jangan panik, coba amalkan 5 doa penenang hati sekaligus perlindungan dari segala keburukan ini
  • Doa Nabi Zakariya agar Diberi Keturunan yang Baik
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 11:10 WIB
    Ya Tuhanku, melalui keberkahan mihrab ini, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, karena aku sendiri tidak tahu bagaimana caranya. Yang aku tahu sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa setiap hamba yang memohon kepada-Mu
  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • 10 Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh dan Pintar
    Tausyiah
    Senin, 13 Juli 2020 - 19:42 WIB
    Salah satu doa mustajab yaitu doa orang tua kepada anaknya. Bagi yang menginginkan anak saleh/saleha, baik, dan pintar, berikut doa yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis.