Topik Terkait: Fiqih Jenazah (halaman 3)

  • Inilah 10 Pembatal Keislaman, Nomor Terakhir Tak Mau Belajar Agama
    Tausyiah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 08:33 WIB
    Ada 10 sebab yang menyebabkan batalnya keislaman seseorang, bahkan batalnya keislaman ini berakhibat fatal kepada pelakunya di dunia dan akhirat. Apa saja dan bagaimana penjelasannya?
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan Perempuan dari Batas Tabarruj
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Tuntunan Lengkap Muhammadiyah Tentang Ibadah Dalam Kondisi Darurat
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 20:31 WIB
    Berikut adalah tuntutan salat idul fitri dalam kondisi darurat pandemi covid-19 berdasar fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Pentingnya Wudhu, Syariat Islam yang Langsung Diajarkan Allah Taala
    Tausyiah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 17:29 WIB
    Berwudhu dalam Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Berwudhu tidak hanya menjadi salah satu rukun sholat, tapi juga menjadi penyebab datangnya berkah dan Rahmat dari Allah Subhanahu Wa Taala.
  • Ini yang Jadi Pertikaian Soal Siapa yang Merawat dan Mempersiapkan Pemakaman Jenazah Rasulullah
    Hikmah
    Senin, 16 November 2020 - 13:21 WIB
    Di saat memandikan jenazah Rasulullah, Ali bin Abi Thalib tertegun oleh keharuman bau semerbak. Ali bergumam: Demi Allah, alangkah harumnya engkau di waktu hidup dan setelah meninggal!
  • Perbedaan Hukum Menikah dengan Orang Ahli Kitab dan Musyrik
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:22 WIB
    Apa perbedaan hukum menikah dengan orang Ahli Kitab dan musyrik? Allah memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita dari kalangan mereka.
  • 3 Tahapan Perintah Salat dan Puasa
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.
  • Bolehkan Muslimah Sholat Secara Berjamaah?Adakah Syarat dan Aturannya?
    Muslimah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 15:30 WIB
    Sebaik-baiknya sholat bagi wanita muslimah adalah sholat sendiri di rumahnya. Lalu bagaimana dengan sholat jamaah? Bolehkah mereka melakukannya di masjid atau bersama kelompok jamaah wanita sendiri?
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Muslimah Ingin Berkarier? Inilah Syarat-syaratnya Berdasarkan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 02 November 2022 - 12:34 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak kaum muslimah, saat ini. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah. Berkarier memiliki tujuan utama, misalnya mencari nafkah keluarga, menyalurkan bakat, dan mengaplikasikan ilmu serta keahlian yang dimilikinya.
  • Bersetubuh dengan Istri: Boleh Lewat Belakang, Tapi Haram Lewat Dubur
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Dubur adalah bukan tempat bercocok tanam tapi tempat membuang kotoran. Tidak boleh menyetubuhi istri pada duburnya, karena hal itu merupakan dosa besar dan maksiat yang terang-terangan.
  • Hadis tentang Fii Sabilillaah dan Ibnu Salil sebagai Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:42 WIB
    Mereka adalah para pasukan perang yang tidak punya hak dari baitul mal. Adapun Imam Ahmad, al-Hasan dan Ishaq mengatakan bahwa orang yang berhaji termasuk dalam fii sabilillaah, berdasarkan sebuah hadis.
  • Muslim Pelaku Dosa Besar Tidak Kafir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 13:30 WIB
    Dosa yang dilakukan seorang muslim tidak serta merta menjadikannya kafir. Namun juga tidak berarti bahwa perbuatan dosa yang dilakukan ahlul qiblat tidak berdampak atau berakibat apa-apa bagi pelakunya.
  • Wanita Keputihan Apakah Najis dan Membatalkan Wudhu?
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 21:24 WIB
    Persoalan fiqih yang satu ini sering ditanyakan oleh kaum perempuan. Apakah keputihan itu najis dan membatalkan wudhu? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • 6 Kasus Manipulasi Hadis di Era Tabiin
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:10 WIB
    Pada era tabiin banyak pemalsuan hadis. Ini terjadi terutama untuk tujuan-tujuan politis. Seorang zindiq memalsu lebih dari 4.000 hadis. Bahkan dari 3 orang pemalsu keluar puluhan ribu hadis palsu.
  • Belajar Mencintai Salat Tahajjud
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 20:29 WIB
    Hai muslimah, mulai sekarang niatkan mengejar ridha Allah melalui salat tahajjud, yuk! Senangi ibadah salat malam ini. Ada banyak keberkahan di salat tahajjud.
  • Menghormati dan Memuliakan Tetangga
    Muslimah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:07 WIB
    Berbuat baik kepada tetangga termasuk perkara yang mulai hilang atau pudar di kalangan kaum muslimin. Bahkan kita jumpai di sebagian kota, seseorang tidak mengenal tetangganya sama sekali. Masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri.
  • Subuh Belum Mandi Wajib Setelah Jima,  Masih Sahkah Puasa?
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 15:05 WIB
    Puasa menjadi batal ketika bersetubuh atau jima walau dengan istri. Lalu, sahkah puasa wajib jika sampai waktu subuh tiba belum mandi junub setelah jima?
  • 16 Syarat Takbiratul Ihram, Apa Saja?
    Tausyiah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 17:10 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat terdiri dari 13 rukun yang wajib dipenuhi. Salah satunya Takbiratul Ihram yaitu mengucapkan lafaz Allahu Akbar ketika memulai salat.