Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 319)

  • Pujian Imam Malik kepada...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 17:52 WIB
    Imam Syafii (wafat 204 H) adalah salah satu murid terbaik Imam Malik, ulama pendiri Mazhab Maliki (wafat 179 H). Berikut pujian Imam Malik kepada Imam Syafii.
  • Kepincut Istri Petani,...
    Hikmah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 11:35 WIB
    Daud selain sebagai nabi juga seorang raja. Beliau sempat melakukan kesalahan. Sang raja mencintai istri seorang petani dan meminta suaminya menceraikan istrinya itu untuk ia persunting.
  • 3 Gambaran Kehidupan...
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 13:49 WIB
    Di hari kiamat kelak, seluruh manusia dan jin akan digiring ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya
  • Manfaat Bacaan Hamdalah...
    Tips
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:43 WIB
    Kalimat hamdalah atau Alhamdulillah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa taala berikan kepada kita.
  • Kisah Sufi Saiful Muluk...
    Hikmah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 10:52 WIB
    Di samping hal lainnya, tema kesukaan sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi bagi setiap orang secara tersamar.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Doa Khotmil Quran Bahasa...
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 14:47 WIB
    Doa khotmil Quran adalah doa yang dibaca setelah selesai menamatkan (khatam) Al-Quran. Berikut bacaan doa khotmil Quran bahasa Arab dan Indonesia.
  • Surat Yusuf 25: Begini...
    Hikmah
    Selasa, 07 Desember 2021 - 10:44 WIB
    Ketika istri pembesar Mesir menggoda Nabi Yusuf alaihissalam di kamarnya, Allah menyelamatkan Rasul-Nya sehingga terhindar dari fitnah dan perbuatan zina.
  • 12 Jenis Manusia yang...
    Tips
    Rabu, 08 Desember 2021 - 05:25 WIB
    Ketika mendapat doa yang baik dari malaikat, adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi seorang Mukmin. Kenapa beruntung? Tujuan dari penciptaan malaikat adalah khusus untuk beribadah kepada Allah Taala
  • Kisah Nebukadnezar Bantai...
    Hikmah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Ada sejumlah riwayat tentang pembunuhan Nabi Yahya as. Putra Nabi Zakariya ini dipenggal lehernya oleh raja di Damaskus. Belakangan kepala Nabi Yahya ditemukan di era Nabi Isa as.
  • Mengapa Kita Harus Bermazhab...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 17:07 WIB
    Sebagian kaum muslim barangkali masih banyak yang awam soal hakikat bermazhab. Mengapa kita harus bermazhab ternyata ini dalilnya dalam Al-Quran.
  • Sabar dan Syukur: Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 09:30 WIB
    Imran ibn Hathan bisa dikategorikan sebagai seorang lelaki yang berperawakan kurang baik. Selain gemuk, postur tubuhnya pendek. Meski demikian berhasil mempersunting seorang gadis rupawan.
  • Kisah Sufi Najmudin...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 14:17 WIB
    Kisah sufi ini konon tentang Najmudin Kubra, salah seorang ulama Sufi yang terbesar. Ia mendirikan Kubrawi (Persaudaraan yang Lebih Agung). Berikut kisahnya.
  • Di Manakah Surga yang...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 14:30 WIB
    Perbedaan pendapat yang paling sering terlontar tentang surga yang ditinggali oleh Nabi Adam adalah, apakah surga itu berada di langit ataukah di bumi? Lalu, apakah surga itu abadi atau tidak?
  • Sejumlah Yahudi Anggap...
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 11:24 WIB
    Sgolongan Yahudi ini puas dan membenarkan empat jawaban Rasulullah SAW. Hanya saja pada pertanyaan terakhir, mereka menganggap jawaban Rasulullah salah. Apa itu?
  • Mimpi Hamil Menurut...
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Amalkan 4 Perkara Ini,...
    Tips
    Senin, 13 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Ketika ada orang yang bertanya kepada kita, bagaimana jalan untuk menggapai surga, tentu kita akan menjawabnya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Surat An-Nashr, Isyarat...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Turunnya Surat An-Nashr merupakan isyarat dekatnya kewafatan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Nabi sendiri tidak memberitahunya kecuali hanya kepada Sayyidah Fathimah.
  • Kisah Wafatnya Abu Bakar...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:00 WIB
    Usaid bin Shafwan berkisah, ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat, maka Madinah pun tergetar karena tangisan penduduknya, sebagaimana halnya saat Rasulullah wafat.
  • Kisah Sufi, Ketika Seorang...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:14 WIB
    Kesalahpahaman emosi subjektif yang menyebabkan orang percaya bahwa pengalaman tertentu merupakan hadiah istimewa, padahal hal itu mungkin berarti sebaliknya.
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah...
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.