Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 3)

  • Keutamaan Surat Al Kafirun...
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 17:24 WIB
    Surat Al-Kafirun yang dimulai dengan ayat yang berbunyi Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun, merupakan surat ke 109 dalam Al-Quran yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).
  • Penyebab Dajjal Takut...
    Hikmah
    Minggu, 13 November 2022 - 06:45 WIB
    Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa Surat Al-Kahfi merupakan benteng dan pelindung dari kejahatan Dajjal. Lalu, apa penyebab Dajjal takut dengan Surat Al-Kahfi?
  • Manfaat Membaca Surat...
    Tips
    Selasa, 03 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Manfaat membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali disertai dengan keyakinan penuh kepada Allah Subhanahu wa taala, akan mampu mendatangkan rezeki berlimpah
  • Mengenal Status Quo...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Mei 2023 - 07:14 WIB
    Untuk memahami bagaimana satu serangan polisi dapat memicu perang, seseorang harus memahami status quo yang mengatur kompleks Masjid Al-Aqsa. Berikut penjelasannya.
  • Cara Gus Baha Mengamalkan...
    Tausyiah
    Rabu, 30 November 2022 - 13:21 WIB
    Cara Gus Baha mengamalkan surat Al-Fatihah 313 kali sebagai zikir rutin atau zikir dalam momen tertentu sangat baik dicontoh. Bilangan 313 ini, kata Gus Baha mengacu pada jumlah Ahlu Badar.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Amalan Terbaik Muslimah...
    Muslimah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 09:31 WIB
    Salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki manfaat dan keutamaan ialah surat Al-Waqiah. Surat ini adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah.
  • Rahasia dan Keutamaan...
    Tausiyah
    Rabu, 04 Desember 2019 - 07:30 WIB
    Surah Al-Asr () atau demi masa adalah surah ke-103 dalam Alquran. Surah ini memiliki keistimewaan karena mengandung peringatan tentang waktu dan keselamatan manusia.
  • Cara Menghafal Al-Quran...
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:16 WIB
    Cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat mesti diawali dengan niat yang tulus. Berikut Cara Menghafal Al-Quran sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • Surat Al-Ikhlas Ayat...
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 18:31 WIB
    Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 lengkap Arab dan latin beserta keutamaannya penting ditadabburi umat Islam. Surat ini termasuk surat yang agung dalam Al-Quran.
  • Bolehkah Imam Salat...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:11 WIB
    Bolehkah imam salat membaca mushaf Al-Quran? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh umat muslim, mengingat fenomena salat sambil membaca mushaf umum terjadi di Indonesia.
  • Tafsir Al-Fatihah Ayat...
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 21:50 WIB
    Surat Al-Fatihah dijuluki Ummul Quran (induk Al-Quran) karena merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Berikut tafsir Al-Fatihah Ayat 4 yang wajib kita imani.
  • Begini Pesan Al-Azhar...
    Tausiyah
    Sabtu, 04 April 2020 - 10:52 WIB
    Syaikh Ahmad Al-Tayyeb berpesan agar kita semua melakukan tindakan pencegahan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh para ilmuwan, dan mengajak untuk memperbanyak sedekah serta berserah diri pada Allah dengan salat dan doa
  • Asbabun Nuzul dan Arti...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 November 2022 - 09:34 WIB
    Asbabun nuzul dan arti Al-Quran surat Al Maidah ayat 48 patut kita ketahui untuk mempertebal keimanan kita kepada kitab-kitab Allah SWT. Berikut penjelasannya.
  • Jarang Diketahui! Inilah...
    Hikmah
    Jum'at, 29 April 2022 - 03:05 WIB
    Surat Al-Qadar (kemuliaan) merupakan surat yang sangat populer dibaca pada hari-hari terakhir Ramadhan. Berikut Asbabun Nuzul turunnya Surat Al-Qadar.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 25 April 2024 - 20:00 WIB
    Hukum tajwid surat Al Baqarah ayat 7 penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Ayat-ayat Al Quran yang...
    Tips
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 13:28 WIB
    Al-Quran sangat detail bagimana menjelaskan tentang kehidupan akhirat. Salah satunya dijelaskan oleh ayat-ayat yang menggambarkan neraka serta berbagai jenis siksaannya.
  • Mushaf Al-Quran: Benda...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 23:07 WIB
    Kalau ada benda yang paling bidah di dunia ini, maka jawabannya adalah mushaf Al-Quran 30 juz. Lho, kok bisa? Sebab, di zaman Nabi Muhammad, benda itu tidak ada.
  • Mengobati Penyakit Hati...
    Tips
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 09:48 WIB
    Tidaklah Allah Taala menurunkan penyakit melainkan Allah juga menurunkan obatnya. Begitu pula dengan penyakit hati, sudah pasti ada obatnya
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:22 WIB
    Asbabun nuzul surat Al Maun dan keutamaannya penting diketahui umat Muslim. Arti surat Al Maun sendiri adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini.
  • Surat Terpendek di Al...
    Tips
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 13:27 WIB
    Surat terpendek di Al Quran adalah surat Al-Kautsar, yang hanya terdiri dari tiga ayat saja. Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al-Quran yang diturunkan di Makkah.