Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 381)

  • Dahsyatnya Zikir Hasbunallah...
    Tips
    Selasa, 13 September 2022 - 11:05 WIB
    Bacaan zikir hasbunallah wanimal wakil merupakan kalimat zikir yang sangat masyhur yang terdapat dalam Al-Quran pada ujung ayat Al Imran ayat 173. Kalimat zikir ini artinya Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.
  • Sejarah Masuknya Islam...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 September 2022 - 14:02 WIB
    Ada banyak versi tentang sejarah masuknya Islam di tanah Betawi. Islam telah masuk ke tanah Betawi pada abad ke-17 dibuktikan dengan keberadaan masjid-masjid tua di Jakarta.
  • 6 Perilaku yang Merusak...
    Tausyiah
    Selasa, 13 September 2022 - 10:52 WIB
    Pahala amal perbuatan seorang hamba ternyata bisa hilang atau rusak, bahkan bisa dinilai dosa oleh Allah subhanahu wataala karena perilaku-perilaku tertentu. Apa saja perilaku yang merusak pahala amal tersebut?
  • Seruling Produk Setan...
    Hikmah
    Senin, 19 September 2022 - 05:15 WIB
    Allah SWT memberi mukjizat kepada Nabi Daud as berupa suara yang merdu. Saking bagusnya suara Daud, setan pun membuat seruling dengan menjiplak nada suara yang dikeluarkan Nabi Daud as.
  • Awas! Sesama Jenis Dilarang...
    Tausyiah
    Selasa, 20 September 2022 - 14:27 WIB
    Islam melarang sesama lelaki, juga sesama perempuan, untuk saling memperlihatkan auratnya. Maknanya, melihat aurat sesama jenis adalah haram, walaupun tidak disertai syahwat.
  • Rasulullah SAW Melaknat...
    Tausyiah
    Selasa, 20 September 2022 - 14:37 WIB
    Imam adz-Dzahabi menggolongkan perkara ini sebagai salah satu dosa besar. Hukumannya pun sangat keras yakni akan mendatangkan laknat dari Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Gara-gara Sebuah Pisang!
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 00:55 WIB
    Jika saya ingin menyebutkan berbagai inisiatif interfaith atau dialog antarpemeluk agama yang saya lakukan di Kota New York tentu lumayan banyak.
  • 10 Keistimewaan Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 05:10 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun.
  • Begini Nasib Bani Israil...
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 14:40 WIB
    Nasib Bani Israil yang dikutuk Allah SWT menjadi kera dan babi sungguh tragis. Mereka tidak doyan makan dan minum. Tiga hari kemudian mereka mati.
  • Tak Usah Malu Bertanya...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 September 2022 - 13:52 WIB
    Seorang Muslim tidak boleh malu untuk menanyakan apa saja yang berkaitan dengan hukum agama, baik yang bersifat umum maupun pribadi, termasuk urusan hubungan suami istri.
  • Perbedaan Habib dan...
    Dunia Islam
    Senin, 26 September 2022 - 23:30 WIB
    Perbedaan Habib dan Sayyid berikut asal usulnya menarik untuk diketahui. Di Indonesia, panggilan Habib lebih populer ketimbang Sayyid atau Syarif. Simak ulasan berikut.
  • Makna Kun Fayakun di...
    Tips
    Selasa, 27 September 2022 - 08:08 WIB
    Makna Kun Fayakun di Surat Yasin ayat 82, banyak dijelaskan dalam kitab-kitab tafsir yang ditulis ulama salaf (terdahulu) maupun ulama Khalaf (yang datang kemudian).
  • Tak Sedikit Kisah-Kisah...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizatnya banyak diceritakan dalam kitab-kitab cerita Maulid. Hanya saja, tak sedikit kisah yang ditampilkan berlebihan.
  • Dialog Mesra Orang Tua...
    Hikmah
    Rabu, 28 September 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah dan Aminah adalah orangtua Nabi Muhammad SAW. Alkisah, pada hari keempat pernikahan, Abdullah membawa sang istri, Aminah, ke rumahnya yang telah dipersiapkan untuk kedua mempelai.
  • Kisah Abu Jahal Mengklaim...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 00:30 WIB
    Kisah Abu Jahal yang mengklaim mengetahui pohon Zaqqum menarik untuk kita ketahui karena berkaitan dengan firman Allah dalam Al-Quran. Berikut kisahnya dalam Sirah Nabawi.
  • Sejarah Maulid Nabi:...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 September 2022 - 15:15 WIB
    Kitab Barzanji sebenarnya berjudul Iqd al-Jawahir artinya kalung permata. Kitab ini disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Doa Melontar Jumrah...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:24 WIB
    Doa melempar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah yang disarankan Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin. Beliau mengatakan, saat melempar jumrah dianjurkan membaca doa berikut ini
  • Bacaan Doa Setelah Sholat...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:16 WIB
    Bacaan doa setelah sholat Tahajud merupakan amalan yang dibaca setelah zikir usai menunaikan sholat sunnah tersebut. Sholat Tahajud sendiri adalah ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur.
  • 4 Sosok Perempuan Mulia...
    Muslimah
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:26 WIB
    Dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, selain ibu kandung yakni Aminah binti Wahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab, didapati beberapa orang perempuan mulia yang menjadi sosok ibu asuhnya
  • Benarkah Dagu Wanita...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Seluruh bagian tubuh wanita muslimah adalah aurat. Karenanya ketika melaksanakan sholat, muslimah harus menutup seluruh auratnya tersebut. Akan tetapi, adakah batasan aurat dalam wajah wanita muslimah?