Topik Terkait: Haul (halaman 500)

  • Keutamaan Salat Tarawih
    Hikmah
    Rabu, 16 Mei 2018 - 17:07 WIB
    Salat Tarawih adalah salat sunnah muakkadah yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Waktunya dikerjakan sesudah salat Isya&rsquo sampai terbitnya fajar yang menandakan masuknya subuh.
  • Salat Tarawih, 20 Atau 8 Rakaat? Ini Penjelasannya
    Tausiyah
    Rabu, 16 Mei 2018 - 21:37 WIB
    Salat tarawih adalah salat sunnah yang menjadi paket yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Perlu diketahui bahwa pencetus pertama salat tarawih adalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Puasa Ramadhan Antiterorisme
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 06:47 WIB
    Puasa bukan sekadar menahan diri dari segala nafsu duniawi secara serampangan, tetapi ibadah yang tujuannya membentuk pribadi yang bertakwa.
  • 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan (Bagian 3)
    Tausiyah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 16:29 WIB
    Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya &ldquoIthaful Ikhwan&rdquo menyebutkan ada 40 sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut lanjutan rangkumannya.
  • Lupa Berniat Puasa, Ini Kata Ustaz Abdul Somad
    Tausiyah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 18:21 WIB
    Saya lupa berniat puasa pada waktu malam. Kemudian saya teringat setelah fajar bahwa saya belum berniat. Apakah puasa saya sah?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Menjadi Inspirasi Kebaikan
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 07:43 WIB
    Rasulullah bersabda, setiap dirimu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban kelak di akhirat. Memimpin yang paling efektif adalah dengan memberi keteladanan.
  • Kisah Orang Buta yang Sembuh Berkat Jubah Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 21:50 WIB
    KISAH ini adalah satu dari sekian banyak kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang perlu kita ketahui. Selain menarik, kisah ini mengandung hikmah yang besar.
  • Alhamdulillah! Pintu Surga Terbuka Bagi yang Membaca Kalimat Ini
    Hikmah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 15:08 WIB
    Kalimat Alhamdulillah (tahmid) memiliki keutamaan (fadillah) yang sangat besar. Allah SWT menjadikan kalimat ini salah satu ayat pembuka Alquran (Surah Al-Fatihah).
  • Kisah Humor dan Canda Rasulullah yang Sarat Hikmah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 21:40 WIB
    Beberapa kisah humor dan canda Rasulullah shalallahu &lsquoalaihi wa sallam (SAW) selalu menjadi inspirasi yang sehat, cerdas, positif dan menyegarkan.
  • Puasa Ramadhan dan Upaya Menahan Diri
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Mei 2018 - 03:25 WIB
    Defenisi puasa itu sederhana. Menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami isteri serta semua yang dapat membatalkannya dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari.
  • Uniknya Ramadhan di Mesir
    Hikmah
    Sabtu, 19 Mei 2018 - 11:30 WIB
    Mesir dikenal sebagai Umm Dunya Sumber Peradaban Dunia, disebabkan ada banyak peradaban besar di dunia ini yang silih berganti menguasai Mesir.
  • 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan (Bagian 5)
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Mei 2018 - 14:00 WIB
    Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya &ldquoIthaful Ikhwan&rdquo menyebutkan ada 40 sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut lanjutan rangkumannya:
  • Kisah Abu Bakar yang Menangis Ketika Bermimpi
    Hikmah
    Minggu, 20 Mei 2018 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab An-Nawaadir karya Imam Al Qalyubi diceritakan suatu malam Khalifah Abu Bakar Radiyallahu Anhu (RA) bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis dalam mimpinya itu.
  • 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan, Jangan Abaikan! (Bagian 6)
    Tausiyah
    Senin, 21 Mei 2018 - 07:05 WIB
    Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya &ldquoIthaful Ikhwan&rdquo menyebutkan ada 40 sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut lanjutan rangkumannya:
  • Wanita Salat Tarawih di Masjid atau di Rumah?
    Tausiyah
    Selasa, 22 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Hukum salat tarawih bagi perempuan merupakan hal yang sering diperbincangkan kaum hawa. Mana yang lebih baik, apakah salat tarawih di rumah atau berjamaah di masjid?
  • Muhasabah dalam Berpuasa
    Tausiyah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 07:00 WIB
    Tujuan berpuasa ialah agar menjadi manusia yang taqwa atau menjadi lebih baik dalam arti yang sesungguhnya.
  • 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan, Jangan Abaikan! (Bagian 7)
    Tausiyah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 09:33 WIB
    Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya &ldquoIthaful Ikhwan&rdquo menyebut ada 40 sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut lanjutan rangkumannya:
  • Kisah Unta yang Berdesakan Ingin Disembelih Nabi
    Hikmah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 10:30 WIB
    Dikisahkan dalam Shirah ibn Hisyam ketika Rasulullah Muhammad SAW berkurban untuk menyembelih unta. Saat itu unta-unta berdesakan ingin disembelih oleh Nabi SAW.
  • Mengapa Nabi Muhammad Menerima Wahyu di Gua, Bukan di Masjid?
    Hikmah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 15:14 WIB
    Menarik untuk dicermati Mengapa Nabi Muhammad SAW menerima wahyu di gua Hira, tidak di masjid? Sebab boleh jadi ada orang yang berpikir bahwa masjid lebih mulia daripada gua?
  • Mimpi Basah Saat Puasa, Ini Penjelasannya
    Tausiyah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 16:37 WIB
    Pertanyaan ini pernah diajukan kepada Syeikh &lsquoAbdul &lsquoAziz bin &lsquoAbdillah bin Baz (rahimahullah), &ldquoJika orang yang berpuasa mimpi basah di siang hari bulan Ramadhan, apakah puasanya sah?