Topik Terkait: Hijab Dan Cadar (halaman 500)

  • Doa-doa Pendek saat Melaksanakan Aqiqah yang Penting Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Desember 2022 - 13:36 WIB
    Aqiqah adalah sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan pada hari ketujuh dan seterusnya sambil mencukur rambutnya.
  • Syaikh Al-Qardhawi Kupas Pernyataan Rasyid Ridha tentang Hal-Hal Berikut Ini
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 18:03 WIB
    Sayyid Rasyid Ridha mengatakan kita bantu-membantu (tolong-menolong) mengenai apa yang kita sepakati dan bersikap toleran dalam masalah yang kita perselisihkan. Apa maksudnya?
  • Hukum Menjenguk Ahli Maksiat yang Sedang Sakit
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • 10 Sahabat Nabi Muhammad Berkulit Hitam Selain Bilal
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 06:40 WIB
    Sahabat Nabi berkulit hitam selain Bilal bin Robah radhiyallahu anhu terbilang cukup banyak. Inilah 10 sahabat Nabi berkulit hitam berikut sekelumit kisahnya.
  • Misionaris Herbert Hobohm: Islam Memberikan Ketenangan Batin
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Dia terlahir dengan nama Herbert Hobohm. Seorang misionaris, diplomat, dan pekerja sosial. Namanya berganti menjadi Mohammed Aman Hobohm setelah memeluk Islam.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Doa Pendek Ini Fadhilahnya Luar Biasa Dahsyat
    Tips
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 11:01 WIB
    Ada satu doa yang redaksinya pendek, namun memiliki khasiat dan keutamaan besar. Siapa yang istiqomah memohon dengan doa ini insya Allah mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
  • Kisah Tazim Jaffer Pengikut Ajaran Aga Khan yang Selalu Merindukan Masjid
    Dunia Islam
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 09:17 WIB
    Aliran Aga Khan berusaha untuk mengikuti zaman, dan menjaga tradisi secara tidak berlebihan serta tidak menonjolkannya. Dia menerjemahkan Al-Quran dan dia dapat mengubahnya menurut waktu dan tempat.
  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Inilah Tuntunan Rasulullah SAW dalam Memilih Teman
    Muslimah
    Senin, 19 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Seorang muslim sangat dianjurkan untuk memperhatikan teman pergaulannya, ia tidak boleh cuek terkait memilih teman. Bahkan Rasulullah telah memberikan tuntunannya terkait memilih teman ini.
  • Hukum Mendengarkan Musik di Kamar Mandi, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • Benarkah Perempuan Jadi Sumber Fitnah? Begini Jawaban Syaikh Al-Qardhawi
    Muslimah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:53 WIB
    Sebagian orang berprasangka buruk terhadap wanita. Mereka menganggap perempuan sebagai sumber segala bencana dan fitnah. Jika terjadi suatu bencana, mereka berkata, Periksalah kaum wanita!
  • Kerelaan Rabiah Al-Adawiyah Terhadap Keputusan Allah SWT
    Muslimah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 15:59 WIB
    Rabiah Al-Adawiyah berasal dari Basrah. Ia seorang perempuan zuhud yang rajin beribadah. Nama aslinya Rabiah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah al- Qaisiyah
  • Kisah Bangsawan Inggris Sir Archibald Watkin Hamilton Mengatasi Keimanan yang Membuta
    Dunia Islam
    Senin, 12 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Beliau adalah seorang negarawan Inggris yang terkenal, mencapai tingkat kebangsawanan bermacam-macam. Seorang Letnan dalam Royal Defence Corp dan President Salsy Conservative Association.
  • Kisah Ulama Syam yang Membuat Ratusan Wanita PSK Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:30 WIB
    Ulama terbaik Syam, Al-Muhaddis As-Sayyid Syaikh Badruddin Al-Hasani punya kisah unik saat mengemban dakwah di Suriah. Ratusan wanita PSK bertobat berkat dakwahnya.
  • Doa untuk Mendapat Anak Laki-laki Berdasarkan Ayat Al-Quran
    Tips
    Kamis, 15 Desember 2022 - 12:30 WIB
    Surat Al-Quran, banyak yang dapat dijadikan sebagai bacaan doa untuk mendapatkan anak atau keturunan, termasuk bila menginginkan seorang anak laki-laki.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal untuk Seorang Muslim, Begini Pendapat Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Hukum mengucapkan selamat natal untuk seorang Muslim adalah boleh. Prof Dr Muhammad Quraish Shihab berpendapat Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as.
  • Rusaknya Hati Bermula dari 6 Perkara Ini, Nomor 5 Sering Tak Disadari
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 22:52 WIB
    Hati adalah sesuatu yang sangat berharga. Apabila ia rusak, maka dapat menyebabkan musibah dan rusaknya amal perbuatan. Ada enam perkara yang menyebabkan rusaknya hati.
  • Fadhilah Surat Yasin Ayat 82, Salah Satunya Doa untuk Mendapatkan Jodoh
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 11:30 WIB
    Fadhilah surat Yasin ayat 82 sangat banyak. Sering membaca surah Yasin atau kalimat kun fayakun, akan memberikan banyak manfaat layaknya manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya.
  • Siapakah yang Dimaksud dengan Sufaha pada Surat An-Nisa Ayat 5?
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 12:36 WIB
    Penafsiran kata sufaha dalam ayat tersebut dengan pengertian yang dimaksud adalah kaum wanita secara khusus, atau wanita dan anak-anak, adalah penafsiran yang lemah.
  • Ayat-ayat Al-Quran tentang Anjuran Muhasabah Diri
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri