Topik Terkait: Hukum Talaq

  • Hukuman Zina dan Cara Cerai Masyarakat Arab Pra-Islam
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Bagi orang Arab masa jahiliyah, pengkhianatan atas perkawinan dianggap sebagai zina dan pelanggarnya dihukum mati. Seorang pria dianggap berzina bila berhubungan seksual dengan wanita baik-baik.
  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Perkara yang Harus Diketahui Sebelum Menjatuhkan Talak
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:16 WIB
    Islam memiliki ketentuan bagi pasangan suami istri dalam menghadapi persoalan talak. Ada ketentuan-ketentuan dalam talak yang akan mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Hukum Hari Valentine Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Pada 14 Februari adalah Valentines Day. Bukan hanya di Barat, di negera-negara Islam, macam Arab Saudi, Valentines Day juga dirayakan. Bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Hukum Memajang Foto di Rumah, Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 03 Januari 2022 - 15:23 WIB
    Hukum memajang foto di rumah kerap kali diperdebatkan, bahkan ada ulama yang mengharamkannya secara mutlak tanpa pengecualian. Berikut penjelasan lengkapnya.
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Hukum Menjadikan Lukisan sebagai Kemewahan Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Cak Nur: Sistem Hukum Islam Memiliki Kesempatan Besar untuk Diterapkan
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Bukan Sekadar Hukum Belaka
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:32 WIB
    Ayat-ayat hukum tasyri tidak sampai sepersepuluh dari Al Quran, itu pun dikumpulkan dengan ayat-ayat tentang aqidah dan hati yang disertai juga dengan janji dan ancaman berkaitan erat dengan seluruh arahan-arahan Al Quran.
  • Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:37 WIB
    Hukum bacaan Surat An-Nahl ini perlu dipahami setiap muslim supaya tidak keliru ketika membacanya. Surat An-Nahl terdiri 128 ayat (surat ke-16), termasuk golongan surat Makkiyyah.
  • KH Ali Yafie: Hukum dalam Al-Quran Merupakan Bagian Integral dari Akidah
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Hukum Memakai Hiasan Celak bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:38 WIB
    Celak digunakan di sekeliling kontur mata untuk menciptakan berbagai efek estetika. Lantas bagaimana hukum memakai celak ini bagi muslimah? Apakah hiasan tersebut bisa menimbulkan tabarruj?
  • Hukum Perempuan Menawarkan Diri Agar Dinikahi Lelaki Pilihannya
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 23:56 WIB
    Seorang perempuan yang mengagumi laki-laki baik dan saleh kemudian menawarkan dirinya untuk dinikahi bukanlah hal yang tercela. Bagaimanakah Islam memandang hal ini?
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Mad Layyin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 21:43 WIB
    Mad Layyin merupakan salah satu bagian dari ilmu tajwid yang penting dipahami kaum muslim. Semakin sering mempelajari ilmu Tajwid akan membuat tilawah Al-Quran kita semakin lancar dan baik.
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?