Topik Terkait: Ibu Kota (halaman 271)

  • Ketika Perempuan Boleh...
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 03:50 WIB
    Dalam komunitas homogen (perempuan semua), perempuan bisa mendirikan jamaah salat id secara mandiri dan salah satunya bisa menjadi khatib sekaligus imam.
  • Zakat Fitrah, Bolehkah...
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Kita sering menemukan orang-orang membayar Zakat Fitrah dengan uang yang nilainya seharga dengan makanan pokok seharihari. Apakah hal itu dibolehkan?
  • Pesantren Modern Berciri...
    Santri
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Pondok Pesantren (ponpes) Daarut Tauhid yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Girang, Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satu ponpes populer di Tanah Air.
  • Merayakan Idul Fitri...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 15:29 WIB
    Umat harus menyadari bahwa menjaga keselamat jiwa (hifdh al-nafs) dari bahaya Covid-19 merupakan kewajiban sekaligus perintah agama (al-Baqarah 195).
  • Hukum Mengucapkan Minal...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:45 WIB
    Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap lebaran Idul Fitri kaum muslimin saling bermaaf-maafan dan memberi ucapan tahniah MINAL AIDIN WAL FAIZIN. Bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ayat-Ayat Khamr: Di...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 16:53 WIB
    Al-Hasan bin Abdullah bin Sahal bin Sad Abu Hilal as-Askary mengungkap fakta unik, sudah ada orang yang mengharamkan miras sebelum Islam datang.
  • Perang Khaibar (1):...
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 06:29 WIB
    Rasul berkata: Khaibar binasa. Apabila kami sampai di halaman golongan ini, maka pagi itu amat buruk buat mereka yang telah diberi peringatan itu.
  • Beda Pendapat Tentang...
    Hikmah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 15:07 WIB
    Penulis sejarah berbeda pendapat tentang Raihanah binti Zaid. Ada yang berpendapat dia hamba sahaya, namun tak sedikit yang berpendapat dia adalah istri Rasulullah.
  • Tatkala Suami Masih...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Rasulullah melihat bekas darah sang putri yarng telah mengering. Beliau juga mendengar kekejaman yang dilakukan oleh Hubar ibn Aswad terhadap Zainab hingga keguguran.
  • Menjadi Menantu Abu...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Setelah Surat Al-Lahab ayat 1-5 turun, Abu Lahab berkata kepada anaknya, hubungan kita terputus jika kau tidak menceraikan anak perempuan Muhammad!
  • Abu Lahab: Mayatnya...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 08:12 WIB
    Mendengar ucapan Nabi Muhammad tersebut, Abu Lahab langsung menyahut, celaka engkau, apakah hanya untuk menyampaikan hal ini engkau mengumpulkan kami?
  • Cara Mengetahui Kedudukan...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 20:51 WIB
    Setiap manusia memiliki maqom (kedudukan) di sisi Allah Taala. Lalu bagaimana melihat kedudukan kita di sisi Allah? Berikut penjelasan dari Imam Ibnu Athoillah.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Besok Senin kita akan memasuki 1 Juni 2020 bertepatan 9 Syawal 1441 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah pada bulan Juni 2020 berikut bacaan niatnya.
  • Preman Pasar Ukaz yang...
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Pada masa pra-Islam, Umar bin Khattab adalah anak muda yang tangguh dan temperamental. Dia selalu menang dalam pertandingan gulat. Begitu juga balap kuda.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 08:16 WIB
    Sultan pun berkata kepada pengurus istana, beri ia seratus ekor domba, jadikan ia gembala kerajaan, lalu suruh ke gunung dan biarkan ia melakukan pekerjaannya.
  • Membaca Shadaqallahul...
    Tausyiah
    Senin, 01 Juni 2020 - 10:00 WIB
    Kita sering mendengar para pembaca Al-Quran menutup tilawahnya dengan ucapan Shadaqallahul Azhim (benarlah apa yang Allah Taala firmankan). Apakah perkara ini bidah?
  • Mengapa Islam Mewajibkan...
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Zakat fitrah (fitri) adalah zakat yang wajib dikeluarkan sekali setahun yaitu di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Mengapa umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah?
  • Kisah Syahidnya Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Sebelum matahari terbit hari Rabu tanggal 4 Zulhijah tahun ke-23 Hijriyyah, Khalifah Umar bin Khattab radhiallahu anhu keluar dari rumahnya hendak mengimami salat Subuh.
  • Kisah Anak Angkat Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:30 WIB
    Rasulullah SAW kemudian membawa anak angkatnya pulang ke rumah. Di sana anak ini diberikan pakaian terbaik. Ia dipersilakan makan hingga kenyang.
  • Sayyidah Maimunah, Wanita...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 14:54 WIB
    Maimunah begitu terkenang dengan Saraf, daerah di mana dia dan Nabi Muhammad melangsungkan bulan madu. Beliau berpesan jika wafat agar dimakamkan di sana.