Topik Terkait: Ijtima Ulama (halaman 7)

  • Gelar Konferensi Internasioinal,...
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 17:04 WIB
    MUI mengundang 25 negara serta puluhan organisasi Islam dalam konferensi yang akan membahas isu politik hingga agama di berbagai belahan dunia ini.
  • KH Robi Fadil: Bulan...
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Mei 2022 - 17:44 WIB
    Ketua Umum MUI Jakarta Pusat KH Robi Fadil mengatakan, memberi maaf dan saling memaafkan adalah kunci kesuksesan di dunia dan akhirat.
  • Mengapa Memiliki Rasa...
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 10:16 WIB
    Di antara bentuk rasa malu yang mesti kita miliki adalah malu kepada malaikat, makhluk-makhluk ghaib yang wajib kita imani dan merupakan salah satu cabang dari iman.
  • Anjuran Ulama saat Terjadi...
    Tausyiah
    Kamis, 24 November 2022 - 08:30 WIB
    Gempa yang terjadi di beberapa tempat di dunia, merupakan tanda dan ayat-ayat kekuasaan Allah Taala yang digunakan sebagai peringatan bagi para hamba-Nya bahwa adalah Rabb yang Maha berkuasa atas segalanya
  • Pesan Habib Umar Bin...
    Tausyiah
    Kamis, 23 April 2020 - 19:33 WIB
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Kita Harus Mencintai...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 20:11 WIB
    Siapa sebenarnya Waliyullah (Wali Allah)? Secara bahasa, Wali adalah pihak yang dekat, mencintai, dan siap menolong. Wali Allah adalah kekasih Allah atau orang-orang yang beriman dan bertakwa.
  • 12 Fakta Imam Malik,...
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 15:46 WIB
    Imam Malik bin Anas rahimahullah (93-179 Hijriyah) adalah ulama besar high class yang berbeda dari kebanyakan ulama. Beliau dikenal sosok yang sangat menjaga penampilan.
  • Tiga Alasan Ulama Haramkan...
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 19:10 WIB
    Menonton film porno tidak diperbolehkan secara hukum. Hal ini dilandasi tiga alasan. Di sisi lain ada yang bertanya, perbuaan ini masuk dosa besar atau kecil?
  • Ulama Kharismatik Habib...
    Hikmah
    Jum'at, 29 November 2019 - 17:21 WIB
    Alhamdulillah, ulama kharismatik berkebangsaan Arab (Uni Emirat Arab) Habib Ali Zainal Abidin Al-Jufri tiba Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Jumat dinihari (29/11/2019).
  • Adab Muslim kepada Guru...
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:17 WIB
    Adab kepada guru dan para ulama wajib diamalkan oleh seorang muslim. Adab kepada orang yang berilmu ini perlu dipahami dan diamalkan. Apa saja adab-adabnya?
  • Jangan Menunda-nunda...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 10:38 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala, makanya harus segera dilaksanakan.
  • Bayar Zakat Online,...
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Membayar zakat secara online atau dalam jaringan (daring) di era digital bukanlah sesuatu yang aneh. Kemenag juga menyarankan umat Islam membayar zakat secara online pada saat pandemi.
  • Biografi Syaikh Yasin...
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
    Syaikh Yasin Al-Fadani bernama lengkap Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani (1915-1990). Beliau ulama besar asal Padang, ahli sanad Hadis yang dijuluki Musnid Dunia.
  • Karomah KH Muntaha al-Hafizh,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 September 2022 - 15:12 WIB
    Kisah karomah KH Muntaha al-Hafizh, beras 10 kg dan gula 1 kg untuk sebulan ini dituturkan oleh Sayyid Fahmi Ismail Badr, salah seorang dosen yang diperbantukan di UNSIQ.
  • Ulama yang Berpendapat...
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 16:35 WIB
    Sebagaian ulama berpendapat bahwa Iblis bukan berasal dari kalangan Malaikat, tetapi dari bangsa Jin. Berikut beberapa pendapat ulama dan alasannya dijelaskan oleh Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Dalil Puasa Rajab dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Kisah Abdullah bin Mubarak,...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 14:11 WIB
    Kisah Abdullah bin Mubarak sosok ulama yang batal berangkat haji demi sedekah ke keluarga miskin ini, banyak hikmah dan pelajaran bagi kaum muslim
  • Cara Pengeluaran Zakat...
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Kisah Imam Hatim dan...
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Imam Hatim Al-Asham (wafat 237 H) seorang ulama besar Khurasan yang mendapat julukan Al-Asham (yang tuli). Beliau tidak tuli, akan tetapi berpura-pura tuli karena ingin menjaga kehormatan orang lain.
  • Kini Pasak Jakarta Itu...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 20:37 WIB
    umat 15 Januari 2021 Pukul 18.00 Wita, saya mendengar kabar mengejutkan tentang berita duka wafatnya seorang ulama kharismatik Jakarta, sesepuh para Habaib se-Jakarta.