Topik Terkait: Iman Dan Takwa (halaman 2)

  • Inilah Cara Mendeteksi Naik Turunnya Iman
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 13:19 WIB
    Seiring bergulirnya waktu dengan berbagai subhat dan syahwat yang menerpa, seringkali kadar keimanan mengalami pasang surut. Nah, bagaimana cara mendeteksi iman kita ini, apakah sedang naik atau malah turun?
  • Inilah Wujud Beriman kepada Kitab-kitab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 17:03 WIB
    Salah satu dari rukun iman dalam Islam adalah iman kepada kitab Allah. Bagaimana sebenarnya perwujudan dari iman kepada kitab Allah subhanahu wa taala ini?
  • Yuk, Amalkan 4 Kiat Ini Agar Iman Terus Bertambah
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 16:31 WIB
    Sudah fitrahnya, keimanan atau iman manusia itu selalu pasang surut, bisa naik bisa juga turun atau menyusut. Lantas bagaimana caranya agar iman ini bisa bertambah dan semakin kokoh di hati?
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Hadis Arbain: Kesucian itu Separuh dari Iman
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:46 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-23 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Berikut Rukun Iman dan Islam Penjelasan Lengkap
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:46 WIB
    Rukun Iman dan Islam penjelasan lengkap diperlukan sebagai panduan bagi setiap muslim. Rukun iman ada 6, sedangkan rukun Islam ada 5. Rukun iman pertama adalah iman kepada Allah.
  • Iman Tidak Cukup Hanya Sikap Batin Belaka, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 17:36 WIB
    Iman tidak cukup hanya dengan sikap batin yang percaya atau mempercayai sesuatu belaka, tapi menuntut perwujudan lahiriah atau eksternalisasinya dalam tindakan-tindakan.
  • Bukan Malaikat dan Sahabat Nabi, Inilah Orang yang Imannya Paling Menakjubkan
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:05 WIB
    Menjadi mukmin sejati tentu dambaan setiap muslim karena Allah menjanjikan mereka surga dengan segala kenikmatannya. Siapakah orang yang imannya paling menakjubkan?
  • Al-Qardhawi: Tiada Manusia yang Sempurna Imannya
    Tips
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 11:19 WIB
    Tiada manusia yang sempurna, karena setiap orang mempunyai kelemahan. Seseorang yang beriman, tentu mempunyai kesalahan dan memiliki sifat buruk yang sukar dihilangkan. Tiada orang Mukmin yang murni atau sempurna
  • Inilah Mereka yang Bakal Menghuni Surga Mawa
    Hikmah
    Jum'at, 15 September 2023 - 09:25 WIB
    Golongan orang-orang yang memiliki amal saleh, takwa kepada Allah SWT, takut dengan kebesaran Allah SWT, dan dapat menahan hawa nafsu termasuk golongan orang-orang yang dapat masuk ke dalam surga ini.
  • Tips Meraih Kelezatan dalam Ibadah, Nomor 2 Sangat Penting
    Tips
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 10:15 WIB
    Iman itu rasanya manis dan bisa dirasakan oleh kita. Rasa manis ini tentu saja hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang jujur kecintaannya terhadap Allah dan RasulNya.
  • 10 Ganjaran Bagi Orang yang Bertakwa
    Tausyiah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 23:02 WIB
    Menurut Ibnu Katsir, takwa adalah menaati segala perintah Allah dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Berikut ganjaran bagi orang yang bertakwa baik di dunia maupun di akhirat.
  • Inilah Hasil Manis dari Keimanan kepada Allah
    Muslimah
    Kamis, 11 November 2021 - 06:30 WIB
    Sebagai muslim, kita wajib beriman kepada Allah Taala dan rukun iman yang lainnya. Dari keimanan ini, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • 3 Perbedaan Syiah dan Sunni, Salah Satunya Rukun Islam
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 14:59 WIB
    Perbedaan Syiah dan Sunni cukup banyak. Salah satunya adalah perihal rukun Islam dan rukun Iman. Rukun Islam Syiah adalah: (1) sholat, (2) puasa, (3) zakat, (4) haji, dan (5) Wilayah.
  • Hakikat Doa dan Rahasia Pengabulannya
    Tausiyah
    Jum'at, 08 November 2019 - 08:01 WIB
    Doa adalah intisari dari ibadah. Dalam Alquran, Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya dan Dia pasti mengabulkannya.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Maghrib, Doa Ringan yang Dapat Meneguhkan Iman
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 17:00 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Maghrib ini dicontohkan Rasulullah SAW. Doa dan zikir ini penting diketahui umat Islam, karena doanya ringkas tetapi fadhilahnya luar biasa.
  • Meraih Derajat Takwa dengan Puasa Lahir Batin
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 14:49 WIB
    Kesimpulan ini semakin bias karena puasa lahir dimaknai menjadi standar ilmu fikih bagi orang awam. Sedangkan puasa bathin dengan standar orang-orang khusus, sufi.
  • 10 Buah Keimanan yang Dipetik di Dunia, Nomor Terakhir Dimudahkan Proses Hisab
    Hikmah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 11:20 WIB
    Dari keimanan kepada Allah Subhanahu wa taala, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Menyemir Rambut, Umar bin Khattab: Inilah Semiran Islam dan Ini Semiran Iman
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 14:00 WIB
    Anas bin Malik meriwayatkan, bahwa Abu Bakar Ash-Shiddiq menyemir rambutnya dengan inai dan katam, sedang Umar bin Khattab hanya dengan inai saja.
  • Iman Manusia Naik Turun, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
    Tips
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:57 WIB
    Bila Anda tiba-tiba merasa lemah iman itu adalah hal yang wajar, tetapi jangan dibiarkan berlarut. Berikut doa yang diajarakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.