Topik Terkait: Introspeksi Diri (halaman 3)

  • Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 10:30 WIB
    Substansi dari keislaman itu adalah Al-istislam at-taam (berserah diri secara totalitas) kepada Allah SWT.
  • Berserah Diri Pada Allah, Nabi Ibrahim Tolak Bantuan Mikail
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 07:56 WIB
    Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya. Maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara, ujar Nabi Ibrahim ketika ditanya Namrudz,
  • Persiapan dan Bekal Diri Menjelang Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 11:31 WIB
    Persiapan dan bekal diri menjelang bulan suci Ramadan sangat penting kita perhatikan, agar ibadah kita di bulan suci tersebut bisa maksimal. Lantas apa saja persiapannya?
  • Muhasabah Diri dan Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:40 WIB
    Seorang muslim diperintahkan untuk selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa ta ala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Ketum Grind: Ramadan Jadi Momentum Refleksi Diri
    Dunia Islam
    Selasa, 18 April 2023 - 20:23 WIB
    Bulan Ramadan juga memberikan kesempatan kepada umat Muslim di seluruh dunia untuk mengoreksi diri dan berkaca dari kesalahan yang diperbuat.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Zakat Fitrah Mengajarkan untuk Berbagi dan Menyucikan Diri
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:28 WIB
    Salah satu ibadah penting dan spesial di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat tersebut sangat istimewa karena diwajibkan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali untuk menyucikan dirinya.
  • Inilah Talbis Iblis Terhadap Kaum Khawarij
    Muslimah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 06:52 WIB
    Khawarij adalah salah satu dari 72 golongan yang dikabarkan Nabi SAW akan muncul di tengah-tengah umat. Tentang ini, Ibnul Jauzi menjelaskan bagaimana iblis menyesatkan kelompok tersebut dari jalan yang benar.
  • Mewujudkan Khaer Ummah: Tempatkan Diri Secara Proporsional
    Tausyiah
    Kamis, 22 September 2022 - 16:54 WIB
    Umat ini harus mampu membawa atau menempatkan diri dalam tatanan dunia yang baru (new world) dan berubah secara konstan (terus menerus) dan secara tidak dikira-kira.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Keutamaan Wanita Menjaga Kehormatan Diri saat Jauh dari Suami
    Muslimah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:48 WIB
    Wanita shalihah adalah wanita yang beramal shalih dalam dua kondisi, yakni ikhlas karena Allah Subhanahu wa Taala dan meneladani Rasulullah shallallahualaihi wa sallam.
  • Penyakit Rendah Diri
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 09:00 WIB
    Sungguh kasihan orang-orang yang terjebak dalam cara berpikir salah, sehingga membuahkan suatu penyakit yang sangat merugikan dirinya. Lantas penyakit apakah itu?
  • Bertakwa Mengandung Arti Perintah Menghindarkan Diri dari Siksa Allah
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 06:12 WIB
    Perlu disisipkan kata atau kalimat untuk meluruskan maknanya. Misalnya kata siksa atau yang semakna dengannya, sehingga perintah bertakwa mengandung arti perintah untuk menghindarkan diri dari siksa Allah.
  • Ketakutan Dengan Pasukan Muslim, Pihak Romawi Menarik Diri
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Setelah pihak Muslimin sampai di Tabuk dan Rasulullah mengetahui pihak Romawi menarik diri dan berada dalam ketakutan, maka pasukan pun balik ke Madinah.
  • Begini Ritual Syiah pada Hari Asyura, Ada yang Menyisa Diri
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 13:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi Muslim Syiah pada 10 Muharram atau Asyura memperingati kesyahidan cucu Nabi Muhammad, Hussein. Imam Hussein syahid dalam Pertempuran Karbala pada tahun 680.
  • Jemaah Haji Lansia Jangan Paksakan Diri Salat di Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Mei 2024 - 08:37 WIB
    Jemaah haji Indonesia yang lanjut usia atau lansia diminta tidak memaksakan diri untuk salat di Masjid Nabawi jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan
  • Ibadah Haji, Upaya Mencerdaskan Kepekaan Diri dan Lingkungan
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:18 WIB
    Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap insan muslim yang mampu. Para cendekiwan mengatakan haji adalah ibadah penuh simbol yang memberikan banyak petunjuk.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (13): Puasa Ajarkan Kejujuran pada Diri Sendiri
    Tausyiah
    Minggu, 16 April 2023 - 00:40 WIB
    Keberkahan puasa Ramadan sejatinya dapat mengajarkan kejujuran pada diri sendiri. Apa yang dinampakkan secara lahir harusnya selaras dengan kata batin.
  • Renungan: Menagih Janji Tuhan, Apa Itu Harta Segalanya?
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.
  • Bolehkah Mengucapkan Kata Buruk Ketika Dighibahi dan Didzalimi?
    Muslimah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:03 WIB
    Muslimah, ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau didzalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Ada perasaan dendam dan ingin membalasnya bukan?
  • Profil Aaron Bushnell, Tentara AS yang Bakar Diri di Depan Kedubes Israel
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 16:30 WIB
    Aaron Bushnell, anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, Minggu (25/2/2024). Siapa sebenarnya Aaron Bushnell ini?