Topik Terkait: Jujur Dalam Kata Dan Perbuatan (halaman 2)

  • Setiap Kezaliman Ada Balasannya, Ini 5 Adab Orang yang Teraniaya
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 06:30 WIB
    Di antara kita mungkin pernah teraniaya atau dizalimi orang lain. Atau barang kali pernah merasa dizalimi oleh penguasa yang tidak adil. Bagaimana sikap kita menyikapi hal ini?
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Bolehkah Mengucapkan Kata-kata Buruk Ketika Dizalimi?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:09 WIB
    Ketika mendapat perlakukan tidak baik, seperti dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Ada perasaan dendam dan ingin membalasnya bukan? Lalu bagaimana seharusnya seorang mukmin bersikap?
  • Doa Orang Didzalimi dan Balasan Perbuatan Dzalim
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 08:28 WIB
    Doa orang yang didzalimi adalah salah satu doa yang sangat mustajab, karena doa orang yang terdzalimi akan dikabulkan oleh Allah azza wajalla. Untuk itu, kita harus hati-hati jangan sampai segala ucapan atau perbuatan dapat mendzalimi orang lain.
  • Hati-hati dengan Jerat Pandangan Mata Ini !
    Muslimah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:08 WIB
    Fitnah di zaman sekarang, sudah sangat terang-terangan. Salah satunya soal pandang memandang. Istilah cuci mata pun menjadi sangat familiar. Terlebih di kalangan generasi muda
  • Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • Larangan Membuka Aib dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 22:18 WIB
    Membuka aib sesama muslim dan mencari kesalahan orang lain merupakan perbuatan tercela yang amat dibenci Allah dan Rasul-Nya. Dalam Al-Quran, halini disebut Tajassus.
  • Tanda Kebaikan dalam Rumah Tangga adalah Akhlak dan Kelembutan
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Akhlak dan kelembutan adalah modal utama keluarga bahagia. Karena itu, Suami dan Istri serta anak-anak harus senantiasa menjaga kebaikan akhlak dalam rumah tangga. Dan, ulama sudah memberi panduan dalam jalan kebaikan ini.
  • Adanya Balasan dari Setiap Amal Perbuatan
    Tips
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:17 WIB
    Takdir Allah Subhanahu wa taala itu pasti, tidak berubah dan tak berganti. Dan, di antara takdir Allah yang agung ini, adalah ketentuan Allah berupa al-jaza min jinsil amal atau balasan akan didapat sesuai dengan amal perbuatan.
  • Terlalu Berlebihan dan Melampaui Batas Sangat Dilarang dalam Berdoa
    Tips
    Senin, 12 Februari 2024 - 07:55 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa hal yang ternyata dilarang dilakukan saat berdoa. Hal tersebut penting diketahui dan dipahami, agar doa yang kita lakukan tidak menimbulkan keburukan
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Berwisata dan Ketakwaan
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 16:45 WIB
    Pasca Ramadhan, agenda wisata selalu ada dalam kalender umat muslim yang telah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh ini .Sayangnya, berwisata ini justru membuat kaum muslim banyak terjebak dalam aktivitas keharaman lagi.
  • Kisah Dalam Al-Quran yang Terulang dan yang Tak Terulang Kembali
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:13 WIB
    Jika Al-Quran tidak menyebut secara eksplisit nama tokoh dalam konteks kisahnya, maka peristiwa serupa dapat terulang. Sebaliknya, jika Al-Quran menyebut nama tokohnya, maka peristiwa itu tidak akan terulang.
  • Dosa Perbuatan Haram Tidak Terbatas pada Pribadi si Pelakunya
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 05:00 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala tidak memberikan suatu kesempitan (baca haram) kepada hambanya, melainkan di situ juga dibuka suatu keleluasaan di segi lain.
  • Kisah Sang Raja dan Pemuda yang Jujur
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:36 WIB
    Ada sebuah kisah motivasi yang dapat kita petik hikmahnya diceritakan oleh Ustaz Rikza Maulan (Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta).
  • Hati-hati, Allah SWT Sangat Memurkai Perbuatan Ini!
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 09:25 WIB
    Jika kita analogikan, tentang sebab Allah membenci orang yang maksiat yaitu, jika kita adalah seorang pemimpin , tentu kita ingin dihargai dan mengeluarkan aturan yang harus ditaati oleh bawahan kita.
  • Inilah Tipe-tipe Wanita yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 13:19 WIB
    Wanita memang memiliki kepribadian yang beragam. Ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Begitupun kepribadian wanita, ada banyak jenis dan tipenya
  • Ketentuan Mahar dalam Islam, Hak Istri Saat Ijab Kabul
    Muslimah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:41 WIB
    Ketentuan mahar dalam Islam merupakan bagian tak terpisahkan dalam pernikahan. Meskipun tidak termasuk rukun pernikahan, mahar (mas kawin) merupakan hak seorang istri.
  • Keutamaan Doa Orang Terzalimi dalam Al Qur’an
    Tips
    Rabu, 08 November 2023 - 12:25 WIB
    Janji Allah Subhanahu wa taala kepada orang-orang yang terzalimi atau teraniaya sangat indah. Bahkan dikatakan bahwa Allah akan dengan senang hati segera menjabah doa kaum yang terzalimi ini tanpa syarat apapun.
  • Zikrullah sebagai Kunci Istiqamah dalam Amal Ibadah
    Tips
    Minggu, 22 Mei 2022 - 16:54 WIB
    Salah satu kunci istiqamah itu adalah dzikrullah. Di sisi lain zikrullah merupakan amalan yang paling ringan, tidak mengeluarkan tenaga yang banyak akan tetapi banyak di antara kita yang tidak melakukannya