Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 18)

  • Tabiin yang Sahid di...
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:15 WIB
    Tak lebih dari lima 15 hari setelah wafatnya Said bin Jubair, mendadak Hajjaj bin Yusuf terserang demam. Kondisi kian memburuk sampai akhirnya ia pun meninggal.
  • Umar bin Khattab: Hanya...
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Nabi Yehezkiel memiliki mukjizat dapat menghidupkan orang mati. Keyakinan ini juga terdapat di kalangan orang-orang Yahudi. Namun Umar bin Khattab bilang hanya Nabi Isa yang memiliki kemampuan itu.
  • Utsman bin Affan, Sahabat...
    Hikmah
    Selasa, 05 Juni 2018 - 09:45 WIB
    Utsman bin Affan radhiallahu anhu (RA) adalah sahabat Nabi yang menjadi Khalifah ketiga setelah Abu Bakar dan Umar Bin Khattab RA. Pada masa Islam beliau dijuluki Abu &lsquoAbdillah.
  • Kisah Abbad bin Bisyr,...
    Hikmah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 18:18 WIB
    Ia selalu rajin beribadah yang tenggelam dalam kekhusyukannya. Ia seorang pahlawan yang gigih dalam berjuang. Ia seorang dermawan yang sibuk dengan kemurahan hatinya.
  • Tahun Abu: Kisah Umar...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:18 WIB
    Selama 9 bulan itu ia mengimami salat isya dan setelah pulang ke rumah ia masih melanjutkan dengan salat sampai larut malam, memohon kepada Allah jangan sampai kehancuran umat berada di tangannya.
  • Sekilas Jejak Fathimah...
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 15:30 WIB
    Fathimah Az Zahrah berada dalam didikan langsung Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam, untuk dipersiapkan menjadi wanita yang ideal sesuai dengan tujuan penciptaan manusia oleh sang penciptanya, Allah Subhanahu wa Taala.
  • Kisah Syuraih Bin al-Harits:...
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 13:49 WIB
    Tatkala Syuraih bin al-Harits menjadi qadhi atau hakim dalam sengketa baju perang antara Ali bin Abi Thalib dan seorang kafir dzimmi dia menolak Hasan dan Husein sebagai saksi.
  • Kisah Alam Barzakh,...
    Hikmah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 06:15 WIB
    Kisah menakjubkan di alam kubur (alam barzakah) pernah dialami Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu anhu ketika bertemu Malaikat Munkar Nakir yang keras dan menyeramkan.
  • Kisah Khalifah Utsman...
    Hikmah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:33 WIB
    Khalifah Utsman bin Affan memutuskan tidak memperpanjang pengusutan kasus pembunuhan Umar bin Khattab oleh Abu Luluah dengan dalih pembunuhnya sudah mati bunuh diri.
  • Ini Mengapa Kaum Rafidhah...
    Dunia Islam
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:15 WIB
    Kaum Rafidhah sangat membenci malaikat Jibril. Karena, menurut keyakinan mereka, Jibril telah melakukan kesalahan dalam menyampaikan wahyu. Seharusnya wahyu itu untuk Ali bin Abu Thalib.
  • Kendati Banyak yang...
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 17:16 WIB
    Menjelang wafat, Umar bin Khattab menyampaikan wasiat kepada kaum Muslimin soal pemilihan khalifah penggantinya. Beliau melarang anak-anaknya menjadi pejabat apa pun.
  • Thufail bin Amr Ad-Dausi:...
    Hikmah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 15:28 WIB
    Ia dikaruniai bakat sebagai penyair, hingga nama dan kemahirannya termasyhur di kalangan banyak suku. Kaum kafir Quraisy khawatir Thufail kepincut dakwah Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Dzakhwan bin Kaisan...
    Hikmah
    Selasa, 08 September 2020 - 11:07 WIB
    Kedua pengawal Muhammad bin Yusuf ats-Tsaqafi memeriksa tempat yang dimaksud dan ternyata mereka mendapatkan pundi-pundi berisi uang itu masih utuh seperti semula.
  • Kisah Utsman bin Thalhah,...
    Hikmah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 16:57 WIB
    Utsman bin Thalhah al-Abdary adalah pemegang kunci Kakbah pada saat Rasulullah SAW dan umat Islam membebaskan Kota Mekkah. Kala itu, Utsman bin Thalhah belum muslim.
  • Kisah Fakhitah, Dua...
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 17:20 WIB
    Sebelum menikah dengan Sayyidah Khadijah, Muhammad jatuh hati dengan Fakhitah. Sayang, cinta ini kandas di tengah jalan. Lamaran pria berjuluk Al-Amin ini ditolak.
  • Kisah Sufi Yunus bin...
    Hikmah
    Senin, 22 November 2021 - 13:50 WIB
    Menurut Halqawi, hanya ada sedikit kisah Sufi, yang bisa dibaca oleh siapa pun saat kapan pun dan tetap mempengaruhi kesadaran batin secara konstruktif.
  • Cicit Rasulullah SAW:...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:41 WIB
    Adapun tentang syafaat kakekku, kata Zainul Abidin, Allah telah menurunkan firman-Nya, Mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai Allah. (Al-Anbiya: 28).
  • Perang Sesama Umat Islam...
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 10:56 WIB
    pertikaian yang terjadi dalam peristiwa yang terkenal dengan fitnah al kubra pada zaman khulafa rasyidin semata karena takwil bukan karena tanzil. Apa maksudnya?
  • Iri dengan Makkah, Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 17:50 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz menambah jumlah rakaat salat Tarawih di Masjid Nabawi menjadi 36 rakaat karena iri dengan pelaksanaan salat tarawih di Makkah.
  • 4 Sahabat Nabi yang...
    Hikmah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 16:41 WIB
    Sahabat Nabi yang berdakwah dan wafat di luar Arab Saudi lumayan banyak. Paman Nabi, Saad bin Abi Waqqash diyakini wafat di Cina. Lalu, Abu Ayub Al-Ansyari sahid saat saat penaklukan Konstantinopel.