Topik Terkait: Kata Mutiara (halaman 3)

  • Hakikat Roh dalam Pandangan Islam, Begini Kata Rasulullah
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 21:46 WIB
    Hakikat roh dalam pandangan Islam menarik untuk dikaji agar keimanan kita bertambah kepada sang pencipta Roh. Kata Rasulullah SAW, roh-roh itu seperti pasukan.
  • PM India Dianggap Bersiul Anjing, Menyerang Umat Islam Tanpa Mengucapkan Kata Muslim
    Dunia Islam
    Kamis, 25 April 2024 - 19:27 WIB
    Perdana Menteri India Narendra Modi dianggap ahli dalam bersiul anjing. Dia menguasai seni menghina, mengejek, dan menyerang umat Islam tanpa mengucapkan kata Muslim.
  • Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)
    Hikmah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 08:02 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di pikiran kita adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan keindahan. Seperti apakah gambaran surga itu?
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: 6 Kewajiban Umat kepada Baginda Rasulullah
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Salah Satu hal yang biasa dipahami secara tidak proporsional tentang Rasulullah SAW adalah bagaimana relasi dan kewajiban umat ini kepada beliau. Ada 6 kewajiban kita kepada beliau.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara (4)
    Tausiyah
    Kamis, 28 November 2019 - 20:55 WIB
    Biasanya saya membagi kategori sunnah baik secara&nbsp fungsional maupun secara substantif dalam kehidupan manusia kepada empat bagian.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Taubat Itu Seperti Berobat, Begini Kata Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:29 WIB
    Selembut apapun nasihat ia tetap akan terasa menusuk bagi yang hatinya sakit. Tak ubahnya seperti jarum suntik, yang kelembutan tehniknya tidak akan menghilangkan rasa sakitnya.
  • Perbedaan Ucapan Amin dan Aamiin, Beserta Artinya yang Benar
    Hikmah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:02 WIB
    Di antara umat Islam, masih banyak yang keliru mengucapkan kata Amin (??????). Salah satu kesalahan mengucapkan Amin yaitu mengucap dengan lafaz tasydid Aammin (?????). Ada juga yang menghapus huruf Ya menjadi Ammin (??????).
  • Berdzikir di Antara Salat Tarawih, Ini Kata Ustaz Abdul Somad
    Tausiyah
    Senin, 06 Mei 2019 - 16:52 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi penjelasan seputar salat Tarawih dan ilmu fiqihnya seperti dikutip dari bukunya 30 Fatwa Seputar Ramadhan yang merujuk kepada fatwa tiga ulama besar Al-Azhar.
  • Apakah Dosa Zina Diampuni Allah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat
    Tausyiah
    Jum'at, 19 November 2021 - 05:05 WIB
    Zina merupakan dosa besar di samping perbuatan syirik dan membunuh manusia tanpa hak. Apakah dosa Zina diampuni Allah? Berikut jawaban Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • 10 Nasehat Emas Ibnu Qayyim Tentang Perkara yang Sia-sia
    Tips
    Rabu, 03 November 2021 - 19:12 WIB
    Ada banyak sekali nasihat-nasihat dari imam Ibnu Qayyim itu yang sangat populer. Salah satu nasehatnya adalah tentang Perkara sia-sia yang paling besar dan pokok di antara hal-hal tersebut ialah menyia-nyiakan waktu dan menyia-nyiakan hati
  • Kalam Terindah, Redaksinya Singkat Tapi Sangat Menyentuh Hati
    Tausyiah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:30 WIB
    Salah seorang masyaikh ditanya tentang apa Kalam terindah yang pernah ia baca. Kemudian beliau menjawab sebuah Kalam yang diriwayatkan Imam Ibnul Jauzy.
  • Jangan Pernah Remehkan Doa, Ini Kata Imam Syafii
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 20:55 WIB
    Kedudukan berdoa dalam Islam sangat mulia dan Allah sangat mencintai orang yang bersandar kepada-Nya. Bahkan Nabi bersabda bahwa doa merupakan senjata orang beriman.
  • Makna Simbolik Kata Ramadhan Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 12:57 WIB
    Sebagian mengartikan dan memaknai Ramadhan sebagai nama Allah SWT. Ini disandarkan pada riwayat Jafar As-Shadiq. Dia mengatakan, Bulan Ramadan adalah bulannya Allah (Syahrullah).
  • 3 Penyakit Manusia dan Cara Mengobatinya Kata Rasulullah
    Tausyiah
    Senin, 06 September 2021 - 21:11 WIB
    Al-Quran mengingatkan manusia tentang tiga penyakit yang wajib kita jauhi. Penyakit ini sering menggerogoti amal dan apabila dibiarkan dapat menyebabkan hati tertutup hidayah.
  • Idul Fitri Sebagai Pengingat Akan Akhirat, Begini Kata Imam Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 17:24 WIB
    Idul Fitri bukanlah momen berfoya-foya dengan kesenangan duniawi. Apalagi sampai lupa kepada Allah SWT. Justru, hikmah adanya Idul Fitri di dunia adalah sebagai pengingat akan akhirat.
  • 3 Pendapat tentang Lafaz Sayyidina, Kamu Tinggal Pilih 1 di Antaranya
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 15:18 WIB
    Penggunaan kata Sayyidina ketika bersholawat sering diperdebatkan. Andai tahu ilmunya dan tidak taqlid buta terhadap mazhab tertentu tentulah tidak terjadi perdebatan panjang.
  • Lupa Berniat Puasa, Ini Kata Ustaz Abdul Somad
    Tausiyah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 18:21 WIB
    Saya lupa berniat puasa pada waktu malam. Kemudian saya teringat setelah fajar bahwa saya belum berniat. Apakah puasa saya sah?
  • Nabi Ibrahim Ditanya Tentang Sakaratul Maut, Begini Kata Beliau
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 21:22 WIB
    Nabi Ibrahim alahissalam adalah satu dari lima 5 Rasul pilihan yang digelari Ulul Azmi. Beliau juga dikenal dengan khalilullah (kesayangan Allah).
  • Lupa Salat karena Tertidur, Ini Kata Quraish Shihab
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 07:01 WIB
    Bagaimana pandangan hukum Islam tentang seseorang yang tertidur sehingga dia tidak melaksanakan salat? Berikut penjelasan M Quraish Shihab.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: Pemimpin Paling Berpengaruh yang Diakui Dunia Barat
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Tak terpungkiri bahwa Nabi Muhammad SAW dihadirkan menjadi manusia terbaik. Penulis Barat menempatkan Muhammad sebagai pemimpin dunia paling berpengaruh.