Topik Terkait: Kenikmatan Bersyukur (halaman 3)

  • Perbuatan Maksiat, Penyebab Utama yang Membuat Nikmatnya Ibadah Hilang
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 17:24 WIB
    Al-Hafidz Ibnu al-Jauzi, dalam kitabnya, Shaid al-Khatir menjelaskan bahwa andai saja orang yang melakukan maksiat menyadari, betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, kemudian setelah itu dia merasakan yaitu kemurkaan Allah
  • Indahnya Surga! Inilah Orang Terakhir yang Memasukinya
    Hikmah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 05:10 WIB
    Meski termasuk perkara ghaib, umat muslim wajib meyakini keberadaan surga dan neraka. Berikut ulasan singkat tentang keindahan surga dan orang terakhir yang memasukinya.
  • Teguran Allah SWT, Bukti Cinta dan Kasih Sayang pada HambaNya
    Hikmah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 08:17 WIB
    Saat Allah Subhanahu wa Taala mulai menegur hamba-Nya, itulah momen terbaik hamba. Teguran itu berarti bahwa Allah menunjukkan cinta dan kasih sayang-Nya
  • Momentum bersyukur dan jalan menuju fitrah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 06:54 WIB
    Friderica Widyasari Dewi merasa tahun ini lebih khusyuk dibanding tahun lalu, saat hamil besar. Dia merasa nikmat Allah begitu besar kepadanya dan keluarga.
  • Dampak Maksiat akan Menghilangkan Kenikmatan Beribadah
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 10:40 WIB
    Al-Hafidz Ibnu al-Jauzi, dalam kitabnya, Shaid al-Khatir menjelaskan bahwa andai saja orang yang melakukan maksiat menyadari, betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat malah akan mendapat murka Allah, dosa dan siksa-Nya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Inilah Jenis Kebahagiaan yang Melebihi Nikmatnya Surga
    Tips
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 21:25 WIB
    Kenikmatan surga, adalah puncak segala kebahagiaan dan kenikmatan bagi seorang yang beriman. Saking nikmatnya, kebahagiaan surga tak terjangkau bayangan dan dugaan manusia.
  • Tradisi Punggahan, Berdoa dan Bersyukur Naik ke Bulan Mulia
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Salah satunya adalah tradisi punggahan. Ini dilakukan di sejumlah daerah Jawa dengan cara berbeda-beda.
  • Nasihat Berharga Ustaz Zulkifli Muhammad Ali
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 17:16 WIB
    Dai asal Pariaman Sumatera Barat ini mengingatkan kita agar tidak melupakan nikmat dan menyalahkan Allah hanya karena satu musibah. Berikut nasihatnya.
  • Surat Ibrahim : Pentingnya Bersyukur
    Tips
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 12:35 WIB
    Surat Ibrahim : pentingnya bersyukur, ditekannya dalam ayat 7. Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap muslim agar senantiasa bersyukur.
  • Keadilan Ilahi: Si A Diciptakan dengan segala Kenikmatan, Sedang si B dalam Bencana
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:53 WIB
    Mengapa ada kejahatan, ada penyakit dan kemiskinan, bahkan mengapa Tuhan menganugerahkan si A segala kenikmatan, dan menjadikan si B tenggelam ke dalam bencana?
  • Tipu Daya Duniawi (2): Kemewahan dan Kenikmatan Dunia Sebagai Ujian
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:04 WIB
    Sesungguhnya segala macam kenikmatan dunia adalah ujian dari Allah SAW, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kecenderungan atau rasa suka terhadap hal-hal dunia
  • Kenikmatan Sesaat Yang Menyebabkan Allah Murka
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 08:00 WIB
    Harus diketahui betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, kemudian setelah itu dia merasakan akibat kemaksiatannya. Salah satu bentuk kemaksiatan adalah enggan menutup aurat
  • 8 Nama dan Tingkatan Surga yang Dijelaskan Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 14 September 2023 - 12:58 WIB
    Al Quran banyak menjelaskan tentang surga dalam ayat-ayatnya. Salah satunya bagaimana surga atau disebut juga Al-Jannah memiliki nama dan tingkatan, selain itu setiap surga berbeda pula kenikmatannya.
  • Efek Bersyukur dan Ucapan Hamdalah Bagi Kesehatan
    Tausiyah
    Jum'at, 29 November 2019 - 20:00 WIB
    Dokter (dr) Zaidul Akbar, inspirator pengobatan sehat ala Rasulullah mengatakan, ucapan syukur dapat memberikan kedamaian dan kesehatan bagi tubuh.
  • Kenapa Kita Harus Selalu Bersyukur? Ini Alasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 08:20 WIB
    Sering kita mendengar kewajiban untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang. Sebenarnya, mengapa kita harus bersyukur? Apa alasannya?
  • Tafsir Surat Ibrahim Ayat 7: Hikmah di Balik Pentingnya Bersyukur
    Tips
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 11:03 WIB
    Dalam Surat Ibrahim ayat 7, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap muslim agar senantiasa bersyukur. Kenapa seorang muslim diperintahkan untuk selalu bersyukur? Bagaimana pula hikmahnya?
  • Sehat Jasmani,  Salah Satu Kenikmatan yang Sering Diabaikan Manusia
    Tips
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 09:29 WIB
    Allah Subhanahu wa taala telah memberiknt nikmat yang tak terbilang dan tak terhingga, baik itu nikmat lahiriah maupun nikmat batiniah. Akan tetapi manusia terkadang mengabaikan nikmat tersebut
  • Ternyata Surga Tak Sabar Menanti Umat Muslim, Begini Seruannya
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Ternyata surga (Al-Jannah) tak sabar menanti kedatangan umat muslim dan kaum beriman. Surga menyampaikan seruan yang indah tatkala Nabi Muhammad melihat surga ketika Miraj ke Sidratul Muntaha.
  • 3 Kalimat yang Diucapkan Kaum Mukmin Ketika di Surga
    Tausyiah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 18:04 WIB
    Ketika berada di surga, orang-orang mukmin akan mengucapkan tiga kalimat sebagai bentuk pujian mereka atas kebesaran Allah. Berikut tiga doa kalimat mereka.
  • Selain Al-Fatihah, Ada 4 Surat yang Menggambarkan  Kelompok  Nikmat Tuhan
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:20 WIB
    Al-Biqai dalam tafsirnya menyebut al-hamdulillah dalam surat Al-Fatihah menggambarkan segala anugerah Tuhan yang dapat dinikmati oleh makhluk, khususnya manusia.