Topik Terkait: Kerajaan (halaman 2)

  • Nabi Sulaiman Pindahkan Istana Balqis Sebelum Mata Berkedip, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 16:34 WIB
    Ketika mengemban risalah kenabian, Nabi Sulaiman alaihissalam menundukkan Kerajaan Saba yang dipimpin Ratu Balqis Binti Syarahil. Berikut kisahnya.
  • Nabi Sulaiman Memang Tajir, Wajar Arkeolog Inggris Ini Bilang Tak Tertandingi
    Hikmah
    Senin, 17 Januari 2022 - 10:35 WIB
    Arkeolog kelautan Inggris Dr Sean Kingsley meyakini Nabi Sulaiman adalah tokoh terkaya yang tak tertandingi. Lalu, berapa besar sejatinya kekayaan Nabi Sulaiman?
  • Kisah Pesantren Jadi Kerajaan, Sunan Giri Jadi Raja Bergelar Prabu Satmata
    Hikmah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Pengaruh Sunan Giri yang semakin besar dan kekuatan spiritualnya semakin luas, menjadikan pesantren Giri kemudian berubah menjadi Kerajaan Giri yang sering disebut Giri Kedaton.
  • Menyesal Karena Lupa Salat Ashar, Nabi Sulaiman Sembelih 900 Kuda Kebanggaannya
    Hikmah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 14:12 WIB
    Nabiyullah Sulaiman alaihissalam (sekitar 975-935 SM), seorang Nabi yang dikaruniai banyak nikmat hingga dapat menundukkan hewan, angin dan jin.
  • Kisah Fatimah binti Maimun, Pendakwah Islam di Jawa Timur sebelum Wali Songo
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:03 WIB
    Sayyidah Fatimah binti Maimun adalah tokoh muslimah yang makamnya di Gresik, Jawa Timur. Makam ini membuktikan, sebelum datangnya Wali Songo ke tanah Jawa, Islam sudah ada di Jawa Timur.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Sifat Keteladanan Nabi Sulaiman Patut Ditiru, Nomor 2 Sedikit yang Mengamalkan
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 22:45 WIB
    Nabi Sulaiman seorang Rasul yang dikaruniai Allah dengan banyak nikmat, termasuk kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi. Berikut 3 sifat keteladanan Nabi Sulaiman.
  • Heraklius Baca Surat Nabi Muhammad, Suasana Gaduh Terjadi di Kerajaan Romawi
    Hikmah
    Senin, 11 Juli 2022 - 20:18 WIB
    Ketika Raja Romawi Kaisar Heraklius membaca surat dari Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam, suasana gaduh dan hiruk-pikuk pun terjadi di Kerajaan Romawi.
  • Hajar Aswad, Batu Indah di Kakbah yang Dicium Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 04:00 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW mencium Hajar Aswad diriwayatkan Umar bin Khatab.
  • Pelajaran di Balik Wafatnya Nabi Sulaiman, Jin Tak Tahu Hal-hal Gaib
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Tak ada yang tahu ketika Nabi Sulaiman wafat. Sesungguhnya setan-setan itu telah tersiksa dengan tetap bekerja untuk Raja Sulaiman as setahun lamanya, padahal beliau sudah wafat.
  • Peristiwa Muharam: Kisah Jin Sakhr Melakukan Kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Jin Sakhr sempat melakukan kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman. Akibatnya, Nabi Sulaiman kehilangan tahtanya. Pada 10 Muharram Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman tersebut.
  • Kisah Nabi Sulaiman Memimpin Bangsa Jin dan Pernah Penjarakan Iblis
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 15:49 WIB
    Nabi Sulaiman alaihissalam dikenal sebagai salah satu Rasul yang punya mukjizat luar biasa. Beliau dianugerahi kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi.
  • Agresi Kerajaan Ottoman di Mata Orientalis Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Januari 2023 - 15:32 WIB
    Pengikut-pengikutnya mendapatkan reputasi sebagai ghazi atau prajurit yang berjuang memerangi umat Kristen karena Iman, dan sebagai akibatnya adalah suksesinya yang sekarang dikenal sebagai dinasti Ottoman.
  • Misi MBS Jadikan Arab Saudi Seperti Eropa Bukti Kebenaran Hadis Nabi
    Dunia Islam
    Kamis, 18 November 2021 - 13:16 WIB
    Misi Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) yang ingin menjadikan Arab Saudi dan negara-negara Teluk seperti Eropa menuai banyak respons umat muslim.
  • Dinasti Safawiyah, Bermula dari Gerakan Tarekat Menjadi Kerajaan
    Dunia Islam
    Selasa, 08 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Cikal bakal berdirinya Dinasti Safawiyah berawal dari gerakan tarekat yang diberi nama Safawiyah. Gerakan ini muncul di Persia tepatnya di Ardabil, sebuah kota di Azerbaijan.
  • Kisah Mistik Sultan Agung Taklukkan Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:49 WIB
    Sultan Agung menaklukkan Mekkah? Ini hanyalah pencitraan saja, untuk memantapkan mandat keagamaannya. Selain itu, Sultan Agung juga menyandang gelar Susuhunan dan Sultan
  • Ibnu Batutah ke Samudera Pasai Kagumi Sultan Mahmud Sholat Jumat Jalan Kaki
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:11 WIB
    Pengembaraan Ibnu Batutah tercatat sepanjang 120.000 kilometer selama 30 tahun, 15 hari di antaranya di Samudera Pasai (kini Aceh). Ia bertemu langsung Sultan Mahmud.
  • Kursi Bikinan Setan Milik Nabi Sulaiman Bisa Mendeteksi Kebohongan
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Nabi Sulaiman AS memiliki kursi yang dapat mendeteksi seseorang berbohong atau tidak. Kursi sakti tersebut mampu melindungi Nabi Sulaiman dari segala bentuk gangguan dan kecurangan
  • Surat Shaad: Doa Nabi Sulaiman untuk Mempercepat Rezeki
    Tausyiah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Surat Shaad, doa Nabi Sulaiman untuk mempercepat rezeki perlu diketahui umat muslim. Allah memberi Nabi Sulaiman kerajaan besar setelah beliau berdoa dan diabadikan di Surat Shaad.
  • Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 16:13 WIB
    Masjid berusia ribuan tahun, pemandian air panas kuno, dan reruntuhan megah tersebar di seluruh Eropa sebagai penanda kerajaan Islam yang pernah menguasai sebagian benua.
  • Begini Tradisi Muslim Jawa dalam Membaca Kitab Maulid
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:41 WIB
    Pembacaan kitab-kitab maulid dilaksanakan dalam suasana yang dikondisikan secara khusus, terutama pada hari-hari dan momentum yang dipilih. Misalnya sebagai wirid rutin, dipilihlah malam Senin.