Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 254)

  • Sejarah Maqam Ibrahim,...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 16:25 WIB
    Maqam Ibrahim merupakan sebuah bangunan dengan batu kecil yang dibawa oleh Ismail ketika membangun Kakbah. Batu ini telah digunakan oleh Nabi Ibrahim alaihissalam guna melengkapi bongkahan batu dalam pembangunan Kakbah.
  • Kisah Haji Tukang Sepatu...
    Hikmah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 17:00 WIB
    Cerita ini penuh dengan hikmah, seseorang yang tidak berhaji namun mendapat pahala ibadah haji. Sebaliknya, mereka yang tengah menjalankan ibadah haji, tetapi tidak diterima amalannya.
  • Turunnya Surat An-Nasr...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:22 WIB
    Allah SWT menurunkan Surat An-Nasr sebagai kabar bahwa Rasulullah SAW akan segera wafat. Hal ini termaktub dalam hadis dari Ibnu Abbas yang salah satunya diriwayatkan Imam al-Bukhari.
  • Hukum Mengisap Puting...
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 18:39 WIB
    Hukum mengisap puting dan meminum air susu istri sendiri pada dasarnya dibolehkan. Bahkan hal ini dianjurkan, jika dalam rangka memenuhi kebutuhan biologis sang istri.
  • Yerusalem dalam Pandangan...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 06:50 WIB
    Cendekiawan muslim asal Trinidad dan Tobago, Syaikh Imran N Hosein membeberkan teori konspirasi Zionis atau rencana Yahudi atas dominasinya di Timur Tengah dan dunia.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Tantangan bagi Amilin...
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 09:03 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang di dalam bulan itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk memperbanyak amal saleh. Satu di antara amal saleh yang sangat dianjurkan adalah menunaikan zakat.
  • Ciri-ciri Bayi Diganggu...
    Muslimah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:53 WIB
    Jin dan setan akan terus menganggu manusia, termasuk kepada anak dan bayi sekalipun. Adakah ciri khusus anak dan bayi kita diganggu mahkluk ghaib ini? Bagaimana pul cara mengatasinya?
  • Adab Muslim kepada Guru...
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:17 WIB
    Adab kepada guru dan para ulama wajib diamalkan oleh seorang muslim. Adab kepada orang yang berilmu ini perlu dipahami dan diamalkan. Apa saja adab-adabnya?
  • Keutamaan Menikah dan...
    Hikmah
    Jum'at, 04 Oktober 2019 - 06:22 WIB
    Menikah adalah sunnatullah sebagaimana Allah Taala memerintahkan para hamba&shyNya untuk menikah dan melarang melakukan zina.
  • Religiositas Bisa Menjadi...
    Tausyiah
    Minggu, 27 November 2022 - 08:57 WIB
    Religiositas yang tidak disertai ketulusan hati, kehalusan budi pekerti, dan kecintaan terhadap sesama makhluk, akan menjadi laknat bagi negara dan manusia.
  • Surat Yunus Ayat 85-86:...
    Tausyiah
    Rabu, 24 November 2021 - 17:20 WIB
    Imam an-Nawawi menjelaskan kezaliman terbagi kepada dua. Pertama, kezaliman kepada dirinya dan termasuk di dalamnya adalah syirik. Kedua, kezaliman terhadap orang lain
  • Ramadan, Tirto Arum...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2015 - 11:51 WIB
    Selama Bulan Suci Ramadan, pengelola obyek wisata Tirto Arum di Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kendal, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemudik Lebaran tahun ini.
  • Doa dan Cara Menyembelih...
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:40 WIB
    Waktu yang ditetapkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah sejak selesai salat Iduladha tanggal 10 Zulhijah sampai terbenam matahari pada tanggal 13 Zulhijah.
  • Fabel Jalaluddin Rumi:...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 02:40 WIB
    Burung itu meminta kebebasannya, tetapi ditolak. Karena itu ia minta saudagar itu pergi ke hutan di India, lalu mengabarkan tentang keadaannya kepada burung-burung lain.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Senin, 07 Agustus 2023 - 00:18 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari ini, Senin 7 Agustus 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama...
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Jangan Katakan Celakalah...
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 13:16 WIB
    Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadis yang berisi cara mengalahkan setan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. Janganlah engkau katakan, celakalah setan.
  • Kisah Wafatnya Al-Fatih...
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Wafatnya al-Fatih disambut duka kaum Muslimin, namun suka ria oleh kaum Nasrani. Tatkala kabar wafatnya Sultan sampai ke Roma, Paus sangat gembira dan segera memerintahkan sembahyang khusus.
  • Sesama Muslim Harus...
    Tausyiah
    Senin, 21 Oktober 2024 - 12:15 WIB
    Sesama kaum muslim dianjurkan bahkan diharuskan harus saling mendoakan, dan di antara fadhilah dan keuntungan mendoakan sesama kaum muslim ini, akan mendapat ganjaran pahala yang dahsyat
  • Tata Cara Puasa Syawal,...
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.