Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 261)

  • Lafaz Labbaik Allahumma...
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2024 - 13:11 WIB
    Lafaz atau kalimat Talbiyah, Labbaik Allahumma Labbaik seringkali kita dengar ketika musim haji tiba, atau kalimat yang sering dilatunkan para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji di bulan Dzulhijjah.
  • Mengapa Dilarang Meniup...
    Hikmah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman yang panas. Kenapa ada larangan seperti itu? Ternyata ada rahasia besar dibalik sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tersebut.
  • Siap-siap Melaksanakan...
    Hikmah
    Kamis, 13 Juni 2024 - 07:32 WIB
    Banyak faedah dari puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah. Bahkan, puasa Arafah merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW dan ini menunjukkan keutamaannya yang luar biasa.
  • Inilah Keutamaan Sedekah...
    Hikmah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 11:59 WIB
    Bersedekah di hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan sendiri. Pahalanya luar biasa besar bahkan disamakan dengan pahala sedekah di bulan Ramadan dan pasti didoakan malaikat.
  • Nabi Muhammad Lahir,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:40 WIB
    Pada saat Nabi Muhammad SAW lahir, menjadi hari duka bagi jin dan iblis. Kala itu, jin yang gemar mencuri berita, saat Rasulullah SAW lahir para jin kehilangan kemampuan untuk mencuri berita.
  • Lagi Berhadast, Apakah...
    Muslimah
    Senin, 23 Mei 2022 - 12:37 WIB
    Selain ibadah sholat dan puasa yang dilarang, masih banyak amalan lain bagi wanita haid di antaranya bersholawat, berdoa atau berzikir. Yang menjadi pertanyaan apakah ketika wanita haid ini berdoa, maka doanya akan dikabulkan Allah?
  • Bacaan Talbiyah Haji...
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:48 WIB
    Bacaan Talbiyah untuk ibadah haji dan umrah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Talbiyah sendiri merupakan kalimat yang dibacakan Nabi Ibrahim AS setelah selesai membangun Kakbah.
  • Belajar Patriotisme...
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 13:05 WIB
    Nusaibah binti Kaab Al-Ansariyah, adalah salah satu pejuang muslimah pertama yang mempertaruhkan hidupnya demi melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • 5 Kesepakatan Kemenag...
    Dunia Islam
    Senin, 20 Mei 2024 - 21:15 WIB
    Terdapat 5 kesepakatan yang tercapai antara Kementerian Agama (Kemenag) dengan asosiasi penyelenggara ibadah umrah dan haji khusus di Jakarta. Pertemuan membahas problem kontemporer penyelenggaran umrah dan haji khusus.
  • Menikah dengan Jin Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:21 WIB
    Para ulama tidak seragam dalam menetapkan hukum menikah dengan jin. Ada yang mengharamkan, ada yang menganggap makruh, namun ada yang membolehkan. Sebagian ulama madzhab Syafii berpendapat boleh.
  • Hati-hati, Allah SWT...
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 09:25 WIB
    Jika kita analogikan, tentang sebab Allah membenci orang yang maksiat yaitu, jika kita adalah seorang pemimpin , tentu kita ingin dihargai dan mengeluarkan aturan yang harus ditaati oleh bawahan kita.
  • Abu Jahal Itu Pintar...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 12:25 WIB
    Kali ini Ustaz Ahmad Sarwat menceritakan kisah Abu Jahal yang mati dalam keadaan kafir dilansir dari catatan media sosialnya. Sebelummya Abu Jahal dikenal pintar dan berpengaruh.
  • Doa Setelah Sholat Dhuha...
    Tips
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 09:46 WIB
    Doa setelah sholat Dhuha ini, dianjurkan untuk selalu diamalkan setelah melaksanakan sholat sunnah tersebut. Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan yang dilaksanakan sejak matahari mulai terangkat naik dan berakhir hingga menjelang masuk waktu dzuhur.
  • Mengapa Ada Manusia...
    Hikmah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:50 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala yang berkehendak menentukan seseorang itu miskin atau kaya. Allah maha mengatur siapa yang layak mendapat kelebihan harta dan siapa yang panas diberi dengan kondisi sedikit kekurangan.
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Kematian (ajal) adalah sesuatu yang pasti. Berikut ucapan para khalifah dan orang-orang saleh terdahulu ketika menjelang ajalnya yang bersumber dari karya Imam Al-Ghazali.
  • Khasiat Surat At-Thur,...
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:39 WIB
    Jika rajin dibaca oleh orang yang ada di penjara maka dia akan bebas. Dan jika dibaca oleh orang yang sedang bepergian (musafir) maka dia akan merasa aman dan terlindungi.
  • Penting Bagi Orang Tua,...
    Muslimah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 11:05 WIB
    Bagi keluarga muslim, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa
  • Ayat Muhkam: Jelas dan...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 05:45 WIB
    Ayat muhkam merupakan ciri Al-Quran secara keseluruhan. Demikian pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam kitab kitab Ushuulun Fie At-Tafsir.
  • Doa Bila Terjadi Gempa...
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • Alasan Strategis Khalifah...
    Hikmah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 13:19 WIB
    Umar yakin sekali bahwa kalau Madain dan seluruh Syam tidak dibebaskan, maka tanah Arab akan terus menerus berada dalam ancaman dua ekor singa: Persia dan Romawi.