Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 294)

  • Hukum Malas Bekerja...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 September 2020 - 05:00 WIB
    Setiap muslim tidak halal bermalas-malasan bekerja untuk mencari rezeki dengan dalih karena sibuk beribadah atau tawakkal kepada Allah, sebab langit ini tidak akan mencurahkan hujan emas dan perak.
  • Doa yang Diajarkan Rasulullah...
    Tausyiah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 23:55 WIB
    Ada satu doa yang diajarkan Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam diabadikan dalam Al-Quran. Fadhilah doa ini dapat melenyapkan penyakit dan kemelaratan.
  • Hukum Tajwid Surat Al-Kahfi...
    Tips
    Senin, 22 Januari 2024 - 10:27 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Kisah Israel Rebut Yerusalem...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:31 WIB
    Duta Besar AS untuk Mesir melaporkan kalangan yang tahu cenderung setuju bahwa orang-orang Arab kini akan menerima hampir semua alasan penyelamat muka apa saja jika itu dapat mencegah perang terbuka.
  • Masih Sering Mengeluh?...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 10:28 WIB
    Berkeluh kesah, atau mengeluh, sudah menjadi fenomena biasa dalam kehidupan manusia saat ini. Sifat ini pun menimpa hampir semua tingkatan manusia, laki-laki, perempuan, remaja, dewasa bahan anak-anak.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Inilah Keutamaan dan...
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 23:48 WIB
    Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur.
  • Bila Hijrah Terhalang...
    Muslimah
    Minggu, 20 September 2020 - 08:33 WIB
    Setiap orang sudah pasti memiliki masa lalu. Entah masa lalu yang baik atau sebaliknya. Dan ketika memutuskan untuk berubah, terkadang masa lalu selalu membayang-bayangi serta menjadi penghambat. Tak terkecuali, ketika kita hendak berhijrah.
  • Kisah Sayyidina Husein...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 14:30 WIB
    Berikut adalah detik-detik ketika Husein bin Ali bin Abi Thalib as meninggalkan Madinah menuju Mekkah, kemudian dilanjutkan sampai di persinggahan di Dzatul Irq untuk menuju Karbala.
  • 3 Ayat Terakhir Surat...
    Tips
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 05:42 WIB
    3 Ayat terakhir surat Al Baqarah adalah ayat 284-286. Surah Al-Baqarah adalah surah ke-2 dalam Al-Quran, serta merupakan surah terpanjang.
  • Tuntunan Haji dan Kisah...
    Hikmah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 18:21 WIB
    Pada 25 Zulqaidah 10 Hijrah, Nabi Muhammad SAW berangkat haji dengan membawa semua isterinya. Beliau berangkat bersama ribuan umat Islam. Ada yang menyebutkan 114.000 orang.
  • Melihat Fasilitas Lengkap...
    Dunia Islam
    Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:39 WIB
    Ribuan jemaah haji dari 140 negara penerima undangan haji dari Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud menerima fasilitas lengkap saat wukuf di Arafah. Fasilitas ini dapat dikatakan hampir setara dengan haji furoda karena tidak mengantre dan mereka adalah orang-orang pilihan yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.
  • Canda Ala Sufi: Keledai...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Saat Nashruddin berjalan-jalan bersama sekelompok pemuda, mereka bersepakat untuk mencuri sepatunya. Salah seorang di antara mereka berkata kepada Nashruddin, Siapa yang dapat menaiki pohon ini?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • Bermuhasabah Diri dan...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Oktober 2022 - 05:14 WIB
    Ketua Pengurus Besar Al-Washliyah, Mahmudi Affan Rangkuti menilai pentingnya bermuhasabah sebagai refleksi diri dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Filosofi Mukmin dan...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 22:11 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan perumpamaan seorang mukmin itu ibarat pohon kurma. Ibnu Umar menceritakan, Rasulullah bertanya kepada para sahabat beliau,
  • Pertikaian dan Perang...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 November 2021 - 10:53 WIB
    Dinasti Saud I hancur menjadi puing-puing akibat serangan dari luar, sedangkan Dinasti Saud II menutup dinastinya akibat kekacauan internal, perang saudara.
  • Surat Ali Imran Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 27 Desember 2021 - 20:52 WIB
    Surat Ali Imran ayat 59 adalah salah satu dari ayat yang berisi sanggahan terhadap klaim pengikut Nabi Isa atau kaum Nasrani bahwa Nabi Isa adalah tuhan.
  • Tak Sedikit Kisah-Kisah...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizatnya banyak diceritakan dalam kitab-kitab cerita Maulid. Hanya saja, tak sedikit kisah yang ditampilkan berlebihan.
  • Niat Sholat Idul Fitri...
    Tips
    Rabu, 12 Mei 2021 - 04:38 WIB
    Niat sholat idul fitri bisa dilakukan dalam hati bisa juga dilafadzkan. Namun di dalam hadis, tidak dijumpai bagaimana lafadz niat salat idul fitri.
  • Soal Kesetaraan: Suami...
    Tausyiah
    Senin, 22 November 2021 - 14:50 WIB
    Allah SWT menggambarkan tentang relasi kesetaraan antara suami dan istri dalam surat Al-Baqarah ayat 187 dengan kalimat yang indah: Mereka adalah pakaian bagi kalian, dan kalian pun adalah pakaian bagi mereka