Topik Terkait: Keutamaan Salat Berjamaah (halaman 3)

  • Salat Sunah Sebelum Maghrib, Dijauhkan dan Dilindungi dari Setan
    Hikmah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:47 WIB
    Waktu Maghrib mendapat perhatian khusus dari Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam, karena waktu tersebut adalah awal dimulainya malam dan pertanda mulai keluarnya bala tentara jin, yakni setan
  • Syarat Imam Sholat, Beserta Tugas dan Tanggung Jawab
    Tausyiah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Imam Sholat memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu, mereka juga harus menunaikan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan.
  • Sejarah dan Asal Mula Disyariatkannya Salat Jumat
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 05:05 WIB
    Hari Jumat memiliki keutamaan besar bagi umat Islam. Saking istimewanya hari ini, Allah menjadikan satu dari 114 surat Al-Quran bernama Surat Jumuah, surat ke-62 terdiri dari 11 ayat.
  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • Bagaimana Hukum Salat ketika Azan Baru Berkumandang?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 10:25 WIB
    Bagaimana hukumnya jika salat fardhu dilakukan ketika azan baru saja berkumandang? Haruskah ada jeda atau menunggu iqomat terlebih dahulu?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Sholat Berjamaah di Rumah, Samakah Fadhilahnya?
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 21:37 WIB
    Di masa pandemi banyak di antara kaum muslimin memilih sholat berjamaah di rumah. Samakah fadhilah (keutamaan) dengan sholat berjamaah di masjid?
  • Surat Al-Zalzalah Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Minggu, 16 Juli 2023 - 20:41 WIB
    Surat Al-Zalzalah lengkap Arab terjemahan dan keutamaan perlu ditadaburi umat Islam. Meski tergolong surat pendek, Al-Zalzalah memiliki kandungan dan keutamaan luar bias
  • Jadwal Sholat Hari Ini Kota Bandung, Selasa 18 Juli 2023 Atau 29 Dzulhijjah 1444 H
    Tips
    Selasa, 18 Juli 2023 - 00:05 WIB
    Jadwal sholat hari ini Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 18 Juli 2023 bertepatan 29 Dzulhijjah 1444 Hijriyah. Jadwal ini bersumber dari Kemenag.
  • Bacaan Wirid Setelah Salat Tarawih dan Witir Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 17:40 WIB
    Bacaan wirid setelah salat tarawih dan witir ini perlu diketahui oleh setiap muslim untuk nantinya dapat diamalkan dalam rangka memperbanyak amalan ibadah di bulan suci Ramadan.
  • Penjelasan Gus Baha: Sholat Berjamaah Dulu atau Melanjutkan Pekerjaan?
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang sholat berjamaah dulu atau melanjutkan pekerjaan menarik untuk disimak. Mana yang harus didahulukan? Simak penjelasan beliau berikut.
  • Indahnya Berbagi, Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan luar biasa. Inilah kesempatan terbaik menuai banyak pahala dan ampunan Allah yang Maha luas.
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Benarkah Pahala Sholat Dhuha Sama dengan Keutamaan Sedekah?
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 06:10 WIB
    Sholat Dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang ternyata memiliki banyak sekali keutamaan. Salah satunya, sholat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah.
  • 5 Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 04:00 WIB
    Keutamaan memberi makan orang berbuka puasa bertabur pahala melimpah. Tak hanya mendapat ganjaran pahala orang yang berpuasa, tetapi juga menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.
  • Kapan Batas Akhir Salat Witir? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:01 WIB
    Sering dipertanyakan kapan batas akhir salat witir? Batas waktu penutup salat ini penting diketahui agar tidak terlewatkan bagi yang mengamalkannya.
  • 10 Golongan yang Salatnya Ditolak
    Tausiyah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:03 WIB
    Dalam Islam, salat adalah rukun kedua setelah syahadat. Salat diwajibkan bagi mereka yang sudah baligh (dewasa) dan menjadi pembeda antara orang mukmin dan non muslim.
  • Dahsyatnya Manfaat  dan Keutamaan Salat Dhuha
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:13 WIB
    Bagi kaum muslimah terutama para ibu rumah tangga, yang banyak waktu luang di rumah, sangat sayang jika melewatkan waktu Dhuha tanpa mengerjakan salat sunnah. Karena banyak manfaat dan keutamaan dari salat Dhuha ini.
  • Dahsyatnya Keutamaan Sholawat di Bulan Ramadhan, Ini Fadilahnya
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 07:45 WIB
    Pada hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya kaum muslimin memperbanyak Sholawat kepada Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam. Berikut fadilahnya.
  • Zikir Hasbunallah Wanimal Wakil, Keutamaan dan Kapan Waktu yang Tepat Mengamalkannya?
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 10:32 WIB
    Zikir hasbunallah wanikmal wakil memiliki keutaamaan yang luar biasa.Apa saja keutamaannya dan kapan waktu yang tepat untuk membaca atau mengamalkannya?
  • Tata Cara dan Niat Salat Sunah Syawal
    Tips
    Kamis, 18 April 2024 - 12:57 WIB
    Tata cara dan niat salat sunah Syawal atau salat Utaqo dijelaskan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam kitabnya Al-Ghunyah juz 2, berdasarkan hadis Nabi dari Anas ra.