Topik Terkait: Keutamaan Tahlil (halaman 91)

  • Khasiat Membaca Surat...
    Tips
    Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
    Sebagai induk dari semua isi Al-Quran, Al-Fatihah juga disebut Ummul Quran atau pembuka kitab suci Al-Quran. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.
  • Andai Al-Quran Diturunkan...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 18:35 WIB
    Sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Berapa Hari Puasa Syaban?...
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 15:33 WIB
    Berapa hari puasa Syaban menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan umat muslim. Berikut penjelasannya dinukil dari berbagai riwayat Hadis.
  • Doa dan Zikir Setelah...
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 17:00 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Maghrib ini dicontohkan Rasulullah SAW. Doa dan zikir ini penting diketahui umat Islam, karena doanya ringkas tetapi fadhilahnya luar biasa.
  • Sikap Terpuji Ini, Salah...
    Muslimah
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu akhlak terpuji yang harus dimiliki kaum muslimah adalah sikap rendah hati atau tawadhu. Rasulullah Shallallaahualaihi wa sallam adalah teladan utama dalam sikap terpuji ini
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Syaban Itu Artinya Apa?...
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 15:08 WIB
    Syaban itu artinya apa? Syaban berasal dari kata al-syab. Al-syab yang mempunyai arti berkumpul atau terkumpul atau tempat berkumpul serta keadaan berkumpul.
  • Masya Allah! Salat di...
    Tausiyah
    Rabu, 04 Maret 2020 - 17:49 WIB
    Dalam salat berjamaah, seseorang hendaknya menempati shaf (barisan) pertama tanpa menyakiti orang lain. Jangan sampai mundur darinya saat mampu maju kepadanya.
  • Dahsyatnya Puasa Senin-Kamis,...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 07:20 WIB
    Seperti diketahui, bagi umat Islam hari Senin-Kamis adalah waktu untuk mengamalkan puasa sunnah. Puasa ini juga merupakan kebiasaan Rasulullah SAW. Mengapa puasa ini sangat dianjurkan?
  • Amalan di Malam Nuzulul...
    Tips
    Selasa, 26 Maret 2024 - 09:38 WIB
    Amalan di malam Nuzulul Quran yang paling utama adalah berdoa dan menjadi momen yang paling baik untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Kenapa demikian?
  • Anjuran Berdoa dan Keutamaan...
    Tausyiah
    Senin, 21 Desember 2020 - 14:13 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk mendoakan orang lain. Sebab, mendoakan orang lain hakikatnya sama dengan mendoakan diri sendiri.
  • Fadhilah Sakit, Demam...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Jangan pernah mencela penyakit atau mengeluhkannya, sebab demam sehari dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun. Berikut hikmah dan fadhilah sakit.
  • Surat Yusuf Ayat 111...
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
    Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Berikut hikmahnya.
  • Ustaz Budi Ashari: Rajab,...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 22:30 WIB
    Saat ini kita memasuki malam ke-14 Rajab 1442 Hijriyah. Berikut pesan Dai yang juga pakar sejarah Islam Ustaz Budi Ashari terkait keutamaan bulan Rajab.
  • Keutamaan Surat Yasin...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 14:05 WIB
    Keutamaan Surat Yasin ayat 20-27 memberitahukan kepada kita tentang kisah-kisah umat terdahulu. Kisah mempunyai kedudukan yang penting karena berfungsi sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tips
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 11:56 WIB
    Hari ini kita mulai memasuki Januari Tahun 2022 bertepatan dengan Sabtu, 27 Jumadil Awal 1443 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah Januari 2022 lengkap niatnya.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui Asbabun Nuzul Surat At-Tin yang sering kita baca dalam sholat. Berikut sebab turunnya surat tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.
  • Inilah 15 Manfaat Surat...
    Tips
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
    Membaca surat Yasin banyak manfaatnya. Membaca Surat Yasin adalah membaca al-Quran. Maknanya, manfaat membaca Surat Yasin bisa juga diterjemahkan sama dengan manfaat membaca al-Quran.
  • Nuzulul Quran, Pengertian,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 April 2023 - 23:30 WIB
    Nuzulul Quran sering dimaknai sebagai peristiwa turunnya Al-Quran. Di Indonesia, Nuzulul Quran ini diperingati setiap 17 Ramadan dengan menggelar acara khataman maupun ceramah agama.
  • 8 Amalan Sunnah di Hari...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Allah menjadikan Jumat sebagai hari raya bagi umat Islam karena di dalamnya banyak keutamaan dan limpahan pahala. Berikut 8 amalan sunnah di Hari Jumat bersumber dari Hadis Nabi.
  • Benarkah Rajab Bulan...
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 17:04 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Rajab, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya. Benarkah demikian?