Topik Terkait: Kewajiban Menutup Aurat (halaman 2)

  • Benarkah Paha Laki-laki Tidak Termasuk Aurat?
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 22:25 WIB
    Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bagaimana sebenarnya batasan aurat bagi laki-laki, benarkah bagian paha tidak termasuk aurat?
  • Inilah yang Boleh dan Tidak Boleh Terlihat Aurat Sesama Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:33 WIB
    Selama ini batasan aurat seorang wanita muslimah kerap dipermasalahkan, sebab terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Batasan aurat wanita juga turut dibedakan berdasarkan siapa yang melihatnya
  • Ancaman Azab Bagi Pelanggar Syariat
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:14 WIB
    Batasan aurat perempuan sangatlah penting untuk tidak terlihat oleh orang lain yang bukan mahramnya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar telapak bawah kaki tertutup auratnya.
  • Adakah Batasan Aurat pada Anak? Bagaimana Cara Mengajarkannya?
    Muslimah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 16:21 WIB
    Dalam Islam, kewajiban menutup aurat hanya dibebankan bagi umat muslim yang telah mukallaf (seorang muslim yang dikenai kewajiban atau perintah dan menjauhi larangan agama), yakni mereka yang telah mencapai usia baligh dan berakal sehat (tidak gila).
  • Benarkah Harus Menunggu Hidayah Dulu untuk Berhijab?
    Muslimah
    Sabtu, 27 April 2024 - 05:15 WIB
    Benarkah berhijab harus menunggu hidayah dulu? Pertanyaan ini muncul dan kembali ramai diperbincangkan, menyusul adanya anak seorang public figure yang membuka kembali hijabnya dengan alasan tengah mencari jati dirinya.
  • Gus Baha Menyikapi Pedagang Warung dengan Aurat Terbuka
    Tausyiah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 17:29 WIB
    Cara Gus Baha menyikapi pedagang warung yang auratnya terbuka layak kita jadikan pelajaran agar tidak mudah menghukumi orang yang tampilan luarnya kelihatan buruk.
  • Manfaat Berhijab dalam Aktivitas Muslimah Sehari-hari
    Muslimah
    Minggu, 03 Oktober 2021 - 13:29 WIB
    Sebagai perintah agama, menutup aurat dengan berjilbab atau hijab ada banyak manfaatnya bagi perempuan muslimah. Di antara manfaatnya tersebut, sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari
  • Batasan Aurat Wanita dengan Sesama Wanita Lainnya
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 17:27 WIB
    Dalam Islam, hakikat pakaian adalah untuk menutup aurat, yaitu menutup bagian anggota tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Syariat Islam pun mengatur, hendaknya pakaian tersebut tidak terlalu sempit atau ketat, tidak terlalu tipis atau menerawang.
  • Benarkah Kewajiban Puasa Ramadan Langsung Sebulan Penuh?
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Apakah kewajiban itu langsung ditetapkan oleh Al-Quran selama sebutan penuh, ataukah bertahap? Sikap Al-Quran seringkali memang melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya.
  • Apakah Dagu Perempuan Termasuk Aurat Ketika Shalat?
    Muslimah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:29 WIB
    Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat? Apakah dagu termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Seperti diketahui bahwa aurat perempuan dalam shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.
  • Batasan Aurat Wanita di Depan Mahramnya Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 15:26 WIB
    Batasan aurat wanita bagi mahramnya menurut 4 mazhab penting diketahui kaum muslimah. Apalagi wanita punya kebutuhan untuk bermuamalah dengan kaum lelaki dalam sehari-hari.
  • Hadis Arbain: Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-30 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Meninggal sebelum Melaksanakan Haji bagi Orang yang Terkena Kewajiban
    Hikmah
    Senin, 29 Mei 2023 - 07:08 WIB
    Orang yang terkena kewajiban haji dan meninggal sebelum melaksanakannya, maka boleh diambilkan dari hartanya biaya untuk menghajikan dan mengumrahkannya.
  • Apakah Dagu Wanita Ketika Shalat Termasuk Aurat?
    Muslimah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 18:30 WIB
    Apakah dagu wanita termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat ini? Bagaimana pula dalil-dalilnya?
  • Inilah Syarat Berhijab sesuai Aturan dan Dalil Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:37 WIB
    Di antara wanita muslimah, banyak yang masih enggan menutup aurat dan berhijab sesuai aturan syariat. Padahal dalam Islam cara berpakaian seorang wanita muslimah telah diatur dengan sangat baik.
  • Syarat Sah Tawaf: Menutup Aurat dan Bersuci dari Hadas
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:40 WIB
    Tawaf harus memenuhi syarat-syarat antara lain menutup aurat dan bersuci dari hadas. Perihal menutup aurat yang dimaksud di sini adalah menutupi aurat yang bisa mengesahkan sholat.
  • Bolehkah Muslimah Melihat Aurat Wanita Lainnya?
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 09:24 WIB
    Banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang membuat seorang wanita muslimah membuka jilbabnya dihadapan sesama wanita muslimah lainnya. Bagaimana sebenarnya batasan aurat di hadapan sesama wanita ini?
  • Wajibnya Berhijab di Rumah Dalam Kondisi Tertentu
    Muslimah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 15:33 WIB
    Apakah penting seorang perempuan atau seorang istri menjaga aurat atau berhijab di rumah dalam kondisi tertentu? Jawabnya adalah sangat penting. Karena menjaga aurat termasuk hal dasar yang telah diatur dalam Al-Quran
  • Benarkah Telapak Kaki Muslimah adalah Aurat? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 26 November 2022 - 09:52 WIB
    Dalam Islam, semua bagian tubuh seorang wanita muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Yang sering ditanyakan, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Manfaat dan Kebaikan Syariat Jilbab yang Perlu Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 24 November 2022 - 07:41 WIB
    Berjilbab dan hijab, saat ini tidak sekadar tren fashion semata. Busana ini sudah menjadi bagian dari pergaulan dan cara hidup seorang perempuan muslimah, sesuai syariat Islam.