Topik Terkait: Khutbah Idul Adha

  • Khutbah Idul Adha Singkat, Dahsyatnya Pahala Berkurban
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 17:47 WIB
    Umat muslim telah menunaikan salah satu ibadah mulia pada Hari Raya Idul Adha, Ahad kemarin. Berikut Khutbah Idul Adha singkat yang dapat kita jadikan iktibar.
  • Khutbah Idul Adha Masa Pandemi: Membangun Keluarga Harmonis
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:53 WIB
    Naskah khutbah pendek ini bertujuan membantu para khatib menyesuaikan durasi khutbah lebih adaptif dengan standar prokotol kesehatan di masa pandemi.
  • Khutbah Idul Adha: Kurban sebagai Perwujudan Takwa
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:29 WIB
    Naskah khutbah Idul Adha ini disusun oleh Prof Dr KH Ahmad Thib Raya, MA, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Isinya antara lain mengangkat pesan penting di balik ibadah kurban.
  • Jangan Lewatkan! Malam Idul Adha Waktu Mustajab untuk Berdoa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 17:26 WIB
    Malam Hari Raya Idul Adha merupakan satu dari lima malam yang sangat istimewa. Pada malam ini disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah.
  • Tata Cara Sholat Idul Adha Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:28 WIB
    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha (sholat Id). Berikut tata cara sholat Idul Adha berikut bacaan niatnya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Cerita Faiz Arsyad, Mahasiswa Indonesia yang Pertama Kali Rayakan Idul Adha di Rusia
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 19:40 WIB
    Faiz Arsyad adalah anak muda yang berasal dari Kota Bekasi. Kini sedang menempuh pendidikan Master (S2) di High School of Economics atau HSE University Rusia.
  • Khutbah Iduladha 2023: Menghayati Nilai Pengorbanan dan Ujian Keimanan
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:02 WIB
    Khutbah Iduladha 2023 kali ini mengangkat tema nilai pengorbanan dan ujian keimanan. Hari ini umat Islam merayakan Iduladha yang di dalamnya disyariatkan berkurban.
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Sunnah Sholat Idul Adha: Tata Cara dan Amalannya
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 18:57 WIB
    Ada beberapa amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha. Sementara itu, sholat idul adha sendiri merupakan amalan sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan.
  • 2 Jenis Takbiran di Hari Raya Idul Adha
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 10:02 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunnahkan
  • 5 Amalan Sunnah Bagi Muslimah di Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:32 WIB
    Besok, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Meski dalam kondisi pandemi, pelaksanaan sholat Ied tetap dianjurkan. Bahkan perempuan yang sedang haid pun, dianjurkan untuk menghadirinya.
  • Khutbah Idul Fitri: Mengetuk Pintu Surga dengan Empat Amalan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 08:01 WIB
    Khutbah Idulfitri kali ini mengangkat tema mengetuk pintu surga disampaikan oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat KH Miftahul Huda. Berikut pesannya.
  • Gerakan Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik Saat Idul Adha
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Juli 2021 - 17:04 WIB
    Secara umum, bahwa masyarakat di Indonesia masih terbiasa menggunakan kantong plastik sebagai wadah atau kemasan daging kurban yang akan dibagikan.
  • Hari Tasyrik: Waktu Paling Agung Setelah Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 18:42 WIB
    Hari-hari tasyrik merupakan hari menikmati makan dan minum, hari raya, hari berbahagia karena padanya terdapat kurban. Pada hari itu diharamkan berpuasa, kecuali bagi jamaah haji
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Khutbah Jumat: 3 Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengusung tema tiga amalan yang setara dengan pahala ibadah Haji. Semoga khutbah ini bisa dijadikan motivasi bagi kita untuk beramal di bulan Dzulhijjah.
  • Khutbah Jumat Pertama Syawal: 3 Cara Menjaga Spirit Ibadah Setelah Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 16:42 WIB
    Khutbah Jumat pertama bulan Syawal ini dapat menjadi motivasi bagi kuam muslim untuk meningkatkan ibadah pascabulan Ramadan. Somak pesannya berikut ini.
  • Hewan yang Sah untuk Kurban Idul Adha, Ini Ketentuannya
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Apa saja hewan yang sah untuk dijadikan kurban di Hari Raya Idul Adha? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib dalam Buku Fiqih Kurban Perspektif Mazhab Syafii.
  • Bacaan Bilal Salat Idul Fitri, Tidak Ada Azan dan Ikamah
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 20:25 WIB
    Bacaan bilal salat Idul Fitri adalah menyeru dengan lantang as-shal?ta(u) j?miah. Pada salat Idul Fitri, bilal atau muazin memang tidak dianjurkan untuk mengumandangkan lafal azan dan lafal ikamah. Jadi hanya menyeru:
  • Khutbah Jumat: Keutamaan Zulkaidah dan Anjuran Memperbanyak Zikir
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Khutbah Jumat kali ini masih mengangkat tema keutamaan Zulkaidah sebagai bulan haram yang diagungkan Allah. Hari ini bertepatan Jumat kedua bulan Zulkaidah 1444 H.