Topik Terkait: Kisah Heraklius

  • Heraklius Baca Surat Nabi Muhammad, Suasana Gaduh Terjadi di Kerajaan Romawi
    Hikmah
    Senin, 11 Juli 2022 - 20:18 WIB
    Ketika Raja Romawi Kaisar Heraklius membaca surat dari Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam, suasana gaduh dan hiruk-pikuk pun terjadi di Kerajaan Romawi.
  • Kisah Kaisar Heraklius Mengakui Kebenaran Nabi Muhammad, Ini Pesannya
    Hikmah
    Minggu, 10 Juli 2022 - 23:21 WIB
    Kisah Kaisar Heraklius yang mengakui kebenaran Nabi Muhammad menarik untuk disimak. Heraklius (Flavius Heraclius) adalah seorang Raja Romawi yang berkuasa Tahun 610-641 M.
  • Kisah Rasulullah SAW Merobohkan Masjid Dirar yang Dibangun Kaum Anshar
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:24 WIB
    Kisah Rasulullah SAW memerintahkan merubuhkan Masjid Dirar setelah beliau mendapat wahyu bahwa masjid itu dibangun untuk memecah belah umat Islam. Masjid tersebut dibangun orang-orang munafik yang menyatu dengan kaum Anshar.
  • Kisah Mengharukan Umar Bin Khattab Masuk Islam
    Hikmah
    Senin, 04 Juni 2018 - 16:27 WIB
    Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab (581- November 644) adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga khalifah kedua Islam (634-644).
  • Kisah Ashabul Ukhdud dengan Tukang Sihir dan Pendeta
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Ashabul Ukhdud dengan tukang sihir dan pendeta dikisahkan oleh Imam Muslim. Kisah ini dikenal dengan kisah ashabul ukhdud yaitu orang-orang yang membakar orang beriman dalam parit.
  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Tobatnya Seorang Penyanyi karena Mendengar Ucapan Sahabat Nabi
    Hikmah
    Rabu, 19 Februari 2020 - 09:17 WIB
    Ketika sahabat Nabi Abdullah bin Masud radhiallahu anhu (RA) berjalan di Kota Kufah, ada sekelompok ahli maksiat sedang berkumpul dan bernyanyi di sebuah rumah.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah Abrahah yang Sombong dan Kehancuran Tentara Gajah
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 18:49 WIB
    Ada dua peristiwa besar yang terjadi di Makkah pada masa Abdul Mutthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW). Pertama, penggalian sumur zam-zam oleh Abdul Mutthalib dan penyerangan Abrahah.
  • Kisah Sufi Malik Dinar Mencari Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Kisah Darwis dan Saudagar: Orang Kaya Sesungguhnya
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 09:57 WIB
    Maaf, aku tak dapat mengambil emasmu, jawab darwis itu kepada saudagar. Seorang yang kaya tak berhak untuk mengambil uang dari seorang pengemis.
  • Kisah Imam Syafii dan Orang Saleh yang Kaya Raya
    Hikmah
    Kamis, 27 April 2023 - 21:26 WIB
    Syaikh Abdul Wahab bin Ahmad Syaroni, ulama bermazhab Syafii dalam kitabnya Al-Mizan Al-Kubro menceritakan kisah Imam Syafii dan pandangannya terhadap ulama yang kaya raya.
  • Kisah Sufi al-Rudbari: Ketika Tuan Lalim Menutup Bendungan
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 17:47 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Kisah Sufi Salim Abdali: Penunggang Kuda dan Ular
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 16:18 WIB
    Mungkin tidak banyak orang yang akan mengakui pernyataan yang tersirat dalam kisah ini. Namun, pernyataan ini telah diterima, dalam bentuk yang berbeda-beda, oleh semua sufi.
  • Kisah Sufi Suhrawardi: Burung dan Telur
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Kisah ini terdapat dalam beragam bentuk pada versi-versi yang berbeda dari karya Suhrawardi, Awarif al-Maarif pada abad kedua belas, dan mengandung berbagai pesan.
  • Kisah Nabi Musa dan Kebinasaan Firaun
    Hikmah
    Selasa, 21 Mei 2019 - 16:16 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam (AS) diabadikan oleh Allah SWT di 4 surah dalam Alqur&rsquoan yaitu Surah Al-Baqarah, Al-A&rsquoraf, Thaha, dan Al-Qashas.
  • Kisah Jin Mencuri Kabar dari Langit
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Dulu sebelum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diutus, bangsa Jin dapat menduduki tempat-tempat di langit itu untuk mencuri kabar dan mengetahui rahasia langit.
  • Kisah Sang Raja dan Pemuda yang Jujur
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:36 WIB
    Ada sebuah kisah motivasi yang dapat kita petik hikmahnya diceritakan oleh Ustaz Rikza Maulan (Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta).
  • Kisah Sufi Abdur-Rahtuan Jami: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:45 WIB
    Kisah ini juga dalam kumpulan lelucon Mulla Nasruddin. Kisah ini termuat dalam karya klasik spiritual Salaman dan Absal karya penulis dan ahli mistik abad kelima belas, Abdur-Rahtuan Jami.
  • Kisah Sufi, Ketika Seorang Darwis Mabuk Kepayang oleh Senyum Putri Raja
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:14 WIB
    Kesalahpahaman emosi subjektif yang menyebabkan orang percaya bahwa pengalaman tertentu merupakan hadiah istimewa, padahal hal itu mungkin berarti sebaliknya.