Topik Terkait: Kisah Nabi Ayyub (halaman 4)

  • Fenomenalnya Nabi Musa, Salah Satunya Perjumpaan dengan Nabi Khidir
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 11:10 WIB
    Peristiwa perjumpaan antara Nabi Musa dan Nabi Khidir, kata Khatib, menjadi sangat fenomenal karena keduanya dinilai mewakili dua kutub: ilmu zahir dan ilmu batin.
  • Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis: Engkau Tak Usah Menyingkap Pakaianmu
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 18:12 WIB
    Balqis segera menyingkapkan pakaiannya ke atas betisnya ketika berada dalam sebuah ruangan, mengira ia berada di atas sebuah kolam air yang dapat membasahi tubuh dan pakaiannya.
  • Unta Nabi Shaleh: Badannya Terbuat dari Emas dan Kakinya dari Perak
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:17 WIB
    Raja itu berkata keluarkanlah kepada kami dari batu itu unta yang memiliki daging, tulang, kulit, dan bulu, mempunyai punuk yang besar sebesar kubah...
  • Kisah Nabi Adam dan Proses Penciptaannya (2)
    Hikmah
    Minggu, 03 November 2019 - 05:35 WIB
    Setelah menciptakan Nabi Adam alaihissalam, kemudian Allah Taala menciptakan Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam AS agar menjadi istri dan ibu dari anaknya.
  • Surat Yusuf Ayat 94: Mukjizat Nabi Yakub Dapat Merasakan Aroma Nabi Yusuf dari Jauh
    Hikmah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 23:42 WIB
    Peristiwa luar biasa diceritakan dalam Surat Yusuf ayat 94. Apa yang dialami Nabi Yakub merasakan aroma bau gamis Nabi Yusuf dari jauh termasuk salah satu mukjizat beliau.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Mush’ab bin Umair: Bapak Tauhid yang Sukses Membuka Jalan Hijrah Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 16:00 WIB
    Duta Rasulullah yang pertama telah mencapai hasil gemilang. Hari-hari dan tahun-tahun pun berlalu, dan Rasulullah bersama para sahabat hijrah ke Madinah.
  • Kisah Budak Perempuan Bermain Rebana di Hadapan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:09 WIB
    Memainkan rebana pada momen kebahagiaan bukanlah hal terlarang karena Nabi Muhammad ? sendiri pernah membiarkan seorang budak perempuan menabuh rebana di hadapan Beliau.
  • Dahsyatnya Doa Nabi Yunus Bisa Kabulkan Semua Hajat
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 22:41 WIB
    Doa Nabi Yunus alaihissalam atau doa Dzun Nun termasuk istighfar yang sangat dahsyat. Doa ini sangat populer di kalangan umat muslim. Berikut keutamaannya.
  • Kisah Khalifah Umar Menaklukkan Sungai Nil
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 16:33 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab RA (sahabat setia Rasulullah SAW) membebaskan sungai nil dari tradisi syirik telah diceritakan dalam banyak kitab.
  • Peristiwa Muharram: Setelah 40 Hari, Allah Taala Mengeluarkan Nabi Yunus dari Perut Ikan
    Hikmah
    Minggu, 31 Juli 2022 - 16:19 WIB
    Nabi Yunus digambarkan sebagai nabi yang pemarah. Beliau akhirnya dihukum Allah dalam perut ikan. Allah SWT kemudian mengampuninya dan mengeluarkan Yunus dari perut ikan laksana seorang bayi.
  • 3 Sifat Keteladanan Nabi Sulaiman Patut Ditiru, Nomor 2 Sedikit yang Mengamalkan
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 22:45 WIB
    Nabi Sulaiman seorang Rasul yang dikaruniai Allah dengan banyak nikmat, termasuk kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi. Berikut 3 sifat keteladanan Nabi Sulaiman.
  • Kisah Berhala Berbicara Menyampaikan Kebenaran Nabi Muhammad
    Hikmah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 23:53 WIB
    Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa berhala-berhala pada zaman Rasulullah SAW pernah berbicara. Berhala itu berkata: Muhammad telah datang. Beirkut kisahnya.
  • 5 Perkara: Tugas Nabi Yahya untuk Disampaikan kepada Bani Israil
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 14:58 WIB
    Nabi Yahya as diutus Allah SWT untuk Bani Israil dengan misi utama menyampaikan lima perkara. Lima perkara itu antara lain tidak berbuat syirik, mengerjakan sholat, dan berpuasa.
  • Peristiwa Muharram: Allah SWT Sembuhkan Nabi Ayyub setelah 18 Tahun Sakit Parah
    Hikmah
    Minggu, 31 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Pada 10 Muharam, Allah SWT memberi kesembuhan kepada Nabi Ayub setelah selama 18 sakit parah. Ini adalah buah sikap Nabi Ayub yang sabar dan tawakkal.
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta Pada Nabi
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • Isra Mikraj dan Kisah Nabi Melewati 7 Lapis Langit
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Minggu lusa, 27 Rajab 1441 Hijriyah bertepatan 22 Maret 2020 umat Islam akan memperingati momen agung Isra wal Miraj. Berikut kisah Rasulullah SAW dalam perjalanan itu.
  • Selalu Menang Perang, Khalid bin Walid Tabaruk dengan Rambut Nabi
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 06:38 WIB
    Masih ingat kisah sahabat Nabi yang selalu menang di medan pertempuran? Beliau ialah Khalid bin Walid radhiyallhu anhu, sahabat yang selalu dikenang dalam sejarah peradaban Islam.
  • Kisah Lengkap Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW (2)
    Hikmah
    Selasa, 03 September 2019 - 08:01 WIB
    Di Kota Makkah, kafir Quraisy yang gagal menemukan jejak Nabi Muhammad SAW mengadakan sayembara yang diumumkan di pasar Oukaz dan sekeling Kabah.
  • 4 Mukjizat Nabi Daud, Penerima Kitab Zabur yang Dapat Melunakkan Besi
    Hikmah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 18:13 WIB
    Mukjizat Nabi Daud alaihissalam merupakan salah satu bukti bahwa kebesaran Allah itu nyata. Nabi Daud adalah seorang Rasul yang diangkat sebagai raja bagi Bani Israil.
  • Kisah Allah Taala Mengangkat Nabi Ibrahim sebagai Khalilullah pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:23 WIB
    Pada bulan Muharam, tepatnya 10 Muharam, diyakini sebagai hari pembakaran Nabi Ibrahim as oleh Raja Namrudz. Ada juga yang mengatakan pada hari itu Allah mengangkat Nabi Ibrahim sebagai Khalilullah atau kekasih Allah Taala.