Topik Terkait: Kisah Sejarah Di Bulan Dzulhijjah (halaman 500)

  • Tanda-Tanda Kiamat: 3 Penenggelaman ke Dalam Bumi, Sudahkah Terjadi?
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 14:01 WIB
    Salah satu tanda-tanda kiamat adalah terjadinya 3 penenggalaman ke bumi: penenggelaman di sebelah timur, penenggelaman di sebelah barat, dan penenggelaman di Jazirah Arab.
  • Arti Surat Al-Kahfi Ayat 10 Beserta Tafsirnya
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 21:29 WIB
    Arti Surat Al-Kahfi ayat 10 beserta tafsirnya menarik untuk diulas karena di dalamnya terdapat hikmah. Surat ini mengingatkan kita tentang kisah Ashabul Kahfi yang berlindung di gua.
  • Hakikat Golongan Salaf Menurut Nurcholish Madjid
    Dunia Islam
    Kamis, 10 November 2022 - 15:38 WIB
    Belakangan ini terjadi polemik mengenai Wahabi dan Salafi. Hal ini menyusul adanya rekomendasi salah satu ormas Islam agar pemerintah melarang dua paham tersebut. Lalu apa sejatinya Salaf itu?
  • Bolehkah Niat Beramal untuk Tujuan Dunia?
    Muslimah
    Jum'at, 11 November 2022 - 09:14 WIB
    Dalam syariat, setiap amal perbuatan yang kita lakukan semata-mata untuk Allah, maka amal perbuatan itu untuk Allah. Sedangkan amal perbuatan yang dilakukan untuk kepentingan dunia, maka amal perbuatan tersebut semata-mata untuk dunia
  • 2 Perkara yang Menjadi Penyebab Orang Malas Berdoa
    Tips
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:02 WIB
    Malas berdoa seringkali kita alami, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah. Padahal malas berdoa disebut-sebut sebagai manusia yang paling lemah.
  • Pertanyaan Bung Hatta kepada Buya Hamka: Antara Doa dan Surga
    Dunia Islam
    Minggu, 06 November 2022 - 12:39 WIB
    Di dalam bukunya yang berjudul Renungan Tasawuf, Buya Hamka menceritakan kisahnya ketika menjawab pertanyaan mantan wakil presiden, Bung Hatta, tentang doa dan surga. Begini kisahnya?
  • Syaikh Yusuf al-Qardhawi Ingatkan Bahaya Pemurtadan dan Hukum bagi Salman Rushdie
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 10:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan bahaya besar yang dihadapi oleh masyarakat Islam adalah ancaman terhadap akidahnya atau pemurtadan. Dia sisi lain, beliau juga menyoroti hukum bagi Salman Rushdie.
  • Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah Lengkap
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 17:38 WIB
    Asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Al Waqiah secara lengkap terbagi menjadi beberapa peristiwa, terutama terkait ayat-ayat yang diturunkannya secara berbeda.
  • Syaikh Yusuf Qardhawi Anggap Kemurtadan Terselubung Lebih Berbahaya
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 17:03 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengingatkan kemurtadan terselubung lebih berbahaya dari pada kemurtadan yang nampak nyata karena tidak bisa diberantas sebagaimana kemurtadan yang nyata
  • Melihat Bagaimana Syariat Islam Menganjurkan Pola Makan Ibu Hamil
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Anjuran Bersabar dan Hakikat Sabar dalam Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 13:55 WIB
    Sabar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada yang diucap. Ada yang dirasa. Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya.
  • Begini Doa Malaikat untuk Orang yang Tidur Malam dalam Keadaan Suci
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 16:40 WIB
    Malaikat seringkali mendoakan hamba yang berbuat bajik. Malaikat misalnya, mendoakan orang yang berinfak, duduk di masjid menunggu sholat, dan banyak lagi.
  • Doa Setelah Istikharah Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:11 WIB
    Doa setelah shalat istikharah, menjadi amalan pelengkap agar permohonan yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa taala segera dikabulkan.
  • Beginilah Cara Mendidik Anak Meniru Para Nabi
    Muslimah
    Minggu, 06 November 2022 - 05:15 WIB
    Pendidikan anak adalah prioritas utama para nabi Allah. Selain sebagai penerus dalam berdakwah dan bermuamalah, anak juga bisa menjadi penyebab kebaikan orang tua ketika orangnya sudah meninggal.
  • 5 Amalan untuk Menjemput Jodoh Segera Datang, Nomor 1 Perbanyak Sholawat
    Muslimah
    Senin, 07 November 2022 - 10:56 WIB
    Kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan, banyak dijelaskan dalam aturan syariat. Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Taala dan Rasul-nya. Maka dalam memilih calon pasangan hidup, minimal harus terdapat satu syarat ini
  • Khasiat Membaca Surat Yasin Ayat 83, Insya Allah Doa dan Hajat Dikabulkan
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 23:40 WIB
    Khasiat membaca Surat Yasin Ayat 83 diyakini dapat mempermudah dikabulkannya doa dan hajat. Ayat 83 ini merupakan penutup Surat Yasin yang menegaskan kekuasaan Allah.
  • Khasiat Membaca Surat Al Insyirah Rutin Setiap Hari
    Tips
    Jum'at, 11 November 2022 - 14:27 WIB
    Khasiat membaca Surat Al Insyirah rutin setiap hari, Allah Subhanahu wa taala janjikan di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Bahkan Allah pun akan memberi kemudahan dalam segala urusan dan mendapat rezeki yang tidak terduga
  • Penyebab Dajjal Takut dengan Surat Al-Kahfi
    Hikmah
    Minggu, 13 November 2022 - 06:45 WIB
    Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa Surat Al-Kahfi merupakan benteng dan pelindung dari kejahatan Dajjal. Lalu, apa penyebab Dajjal takut dengan Surat Al-Kahfi?
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.