Topik Terkait: Kisah Wanita Dalam Surat At Tahrim (halaman 3)

  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Tafsir Surat Yasin Ayat 20-21 Tentang Kisah Habib An-Najjar
    Hikmah
    Senin, 13 September 2021 - 17:47 WIB
    Surat Yasin adalah satu dari 114 surat yang agung di dalam Al-Quran. Di dalam Surat Yasin terdapat satu kisah penuh hikmah yang diabadikan di Ayat 20-21.
  • Keutamaan, Kandungan dan Manfaat Membaca Surat Al-Jatsiyah
    Tips
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Surat Al-Jatsiyah memiliki keutamaan dan manfaat yang dapat diamalkan umat Islam. Surat ke-45 dalam Al-Quran ini terdiri 37 ayat diturunkan sesudah Surat Ad-Dukhaan (surat Makkiyyah).
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Surat Al-Ashr Ayat 1-3 Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 19:54 WIB
    Berikut ini bacaan Surat Al-Ashr lengkap Arab, latin, terjemahan disertai keutamaan. Surat Al-Ashr memiliki kandungan dan keistimewaan yang sangat agung.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Dalam Al-Quran yang Terulang dan yang Tak Terulang Kembali
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:13 WIB
    Jika Al-Quran tidak menyebut secara eksplisit nama tokoh dalam konteks kisahnya, maka peristiwa serupa dapat terulang. Sebaliknya, jika Al-Quran menyebut nama tokohnya, maka peristiwa itu tidak akan terulang.
  • 5 Tipe Wanita Menurut Al-Quran, yang Mana Tipemu?
    Muslimah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:34 WIB
    Sebagai muslimah, Al-Quran telah memberi tuntunan kepada orang yang beriman agar tidak salah dalam memiliki kepribadian tersebut, termasuk kepribadian mana yang diinginkan muslimah.
  • Berikut Ini Khasiat Surat At-Tin, Mengubah Racun Menjadi Obat
    Hikmah
    Sabtu, 02 September 2023 - 16:27 WIB
    Khusus keistimewaan Surat At-Tin, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membacanya di depan makanan maka makanan tersebut akan menjadi obat.
  • Beginilah Ajakan Toleransi yang Tercantum dalam Keutamaan Surat Al Kafirun
    Hikmah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 16:20 WIB
    Surat Al Kafirun juga memiliki keutamaan, di antaranya ajakan toleransi, memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan
  • Surat Yasin Ayat 76: Boleh Bersedih, tapi Jangan Larut dalam Kesedihan
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 18:40 WIB
    Surah Yasin ayat 76 berisi tentang perihal Allah Taala menghibur Nabi Muhammad SAW di kala beliau dirundung kesedihan, setelah mendapat celaan dari kaum musyriki.
  • Surat Al-Zalzalah Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Minggu, 16 Juli 2023 - 20:41 WIB
    Surat Al-Zalzalah lengkap Arab terjemahan dan keutamaan perlu ditadaburi umat Islam. Meski tergolong surat pendek, Al-Zalzalah memiliki kandungan dan keutamaan luar bias
  • Surat-surat yang Dibaca dalam Rakaat Salat Dhuha
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 09:48 WIB
    Ada banyak surat yang boleh dibaca pada saat salat dhuha, namun beberapa surat di antaranya sangat dianjurkan mengingat banyaknya keutamaan salat Dhuha.
  • Pentingnya Pendidikan Bagi Wanita dalam Islam, Ini Keutamaannya
    Muslimah
    Senin, 30 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Pendidikan bagi wanita dalam Islam sangat ditekankan. Dalam Al-Quran dan Hadis tidak ada larangan menuntut ilmu bagi kaum wanita. Bahkan Islam mewajibkan wanita menuntut ilmu.
  • Kisah Nabi Musa: Hukuman bagi Samiri di Dunia, Jika Disentuh Kulitnya seperti Terbakar
    Hikmah
    Sabtu, 12 Maret 2022 - 10:32 WIB
    Dialah yang menyebabkan umat Nabi Musa dihukum untuk saling membunuh antarsesama. Akibatnya, 70.000 orang tewas dalam kasus tersebut. Nah, lalu siapa lelaki musyrik bernama Samiri itu?
  • Surat Yasin Ayat 38: Kuasa Allah SWT dalam Pergerakan Matahari
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 11:17 WIB
    Surat Yasin Ayat 38 membahas sebab terjadinya siang dan malam yang disinggung pada ayat sebelumnya serta melihat lebih jauh bagaimana kuasa Allah SWT dalam pergerakan matahari.
  • Doa 7 Pemuda Penghuni Gua dalam Surat Al-Kahfi, Ini Fadilahnya
    Hikmah
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:53 WIB
    Surat Al-Kahfi dikenal dengan kisah tujuh pemuda beriman di dalam gua selama 309 tahun. Kisah mereka diabadikan dalam Al-Quran berikut doa yang mereka panjatkan.
  • Tadabbur Surat An-Naba: Menggali Makna dan Hikmah dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 10:30 WIB
    Surat An-Naba adalah surat ke-78 dalam Al-Quran dan terdiri dari 40 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyah, yang berarti surat-surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW selama masa tinggalnya di Mekkah.
  • Kisah Ulat Berzikir dan Malunya Nabi Daud AS
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:15 WIB
    Kisah Nabi Daud banyak dijelaskan dalam Al-Quran, terutama dalam 9 surat berikut, surat Shad, Surat Al-Anbiya, An-Naml, Saba, Al-Baqarah, An-Nisa, Al-Maidah, Al-Anam dan Al-Isra.
  • Sebab Turunnya Surat Al-Baqarah Ayat 207, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 23:33 WIB
    Surat Al-Baqarah Ayat 207 bercerita tentang orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari keridhoan Allah. Berikut sebab turunnya (asbabun nuzul) ayat ini.
  • Keutamaan Surat Al – Waqiah yang Masyhur
    Tips
    Senin, 05 Juli 2021 - 17:06 WIB
    Keutamaan surat Al Waqiah yang paling masyhur adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Ia juga dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan.