Topik Terkait: Kurban Online

  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Bolehkan Kurban Online? Begini Menurut Para Ulama
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 00:14 WIB
    Dengan kemajun teknologi, berbagai kemudahan kini bahkan tersedia melalui ujung jari dan gadget. Salah satu kemudahan tersebut adalah dalam beribadah, termasuk berkurban.
  • Apakah Kurban Wajib atau Sunnah? Begini Pendapat Ahli Fikih
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:17 WIB
    Apakah kurban wajib atau sunnah? Jumhur ulama berpendapat bahwa ibadah kurban itu hukumnya sunat muakkad. Maknanya, tidak wajib tetapi makruh meninggalkannya bagi mereka yang mampu.
  • Idul Adha: Syarat Sah Hewan Kurban dan Waktu Penyembelihan
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:26 WIB
    Hewan kurban hendaklah dalam keadaan sehat bebas dari aib, cacat, atau penyakit lainnya. Upayakan bertubuh besar, gemuk, dagingnya banyak, dan fisiknya sempurna.
  • Doa Saat Menggiring Hewan Kurban dan Doa Sebelum Menyembelihnya
    Tips
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:43 WIB
    Bagi yang berkurban, doa saat menggiring dan menyembelih hewan kurban ini penting untuk diketahui. Karena, di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Kurban untuk Orang yang sudah Meninggal, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 16:59 WIB
    Ibadah kurban pada dasarnya ditujukan kepada orang yang masih hidup, sudah balig, berakal, dan memiliki kelapangan harta. Lantas, bagaimana dengan kurban untuk orang yang sudah meninggal?
  • Cara Membagi Daging Kurban, Tidak Sah Dibagi dalam Keadaan Dimasak
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 20:54 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui fiqih tentang kurban terutama bagi yang berkurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah. Salah satunya cara membagi daging kurban.
  • Doa dan Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariah
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:40 WIB
    Waktu yang ditetapkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah sejak selesai salat Iduladha tanggal 10 Zulhijah sampai terbenam matahari pada tanggal 13 Zulhijah.
  • Berikut Dalil Hukum Kurban Adalah Sunnah Muakkad bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • 2 Hadis Dhaif tentang Kurban Menurut Al-Albani
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:45 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut 2 hadis dhaif atau lemah tentang ibadah kurban. Salah satu hadis itu berbunyi, Sebagus-bagus binatang kurban adalah domba yang muda.
  • Bolehkah Memberikan Daging Kurban kepada Non-Muslim?
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 22:30 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul setiap jelang Hari Raya Idul Adha, apakah boleh memberi daging kurban kepada non-muslim? Berikut penjelasannya.
  • Adakah Sanksi Syariat untuk Orang Mampu Tapi Tidak Mau Melaksanakan Ibadah Kurban?
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Bolehkah Menjual Kulit dan Kepala Hewan Kurban?
    Tips
    Kamis, 09 Juni 2022 - 20:03 WIB
    Hal yang tidak dapat dihindarkan dari ibadah kurban antara lain adalah terkait penjualan kulit dan kepala hewan kurban. Motifnya beraneka ragam. Lalu bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Doa Saat Menyembelih Kurban Seperti yang Diajarkan Rasulullah
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 13:46 WIB
    Kurban adalah sikap ketundukan kepada Allah Taala. Esensi dari kurban pada saat Idul Adha adalah wujud ketakwaan kepada Allah untuk siap berbagi kebahagiaan kepada sesama.
  • Bolehkah Perempuan Menyembelih Hewan Kurban?
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:36 WIB
    Jumat depan 31 Juli 2020 (10 Dzulhijjah 1441 H) umat Islam di dunia akan menyembelih hewan kurban sekaligus merayakan Idul Adha. Bolehkah perempuan menyembelih kurban?
  • Beda Pendapat Ulama tentang Syarat Sah Kurban secara Kolektif
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:46 WIB
    Maksud dari pelaksanaan ibadah kurban secara kolektif adalah secara bersama atau gabungan. Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah orang yang berkurban dalam seekor hewan kurban.
  • Begini Perbedaan Ibadah Aqiqah dan Kurban Menurut Syariat
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:01 WIB
    Perbedaan ibadah aqiqah dan kurban masih sering dipertanyakan . Ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan, namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 14:21 WIB
    Sebelum menyembelih hewan kurban kita dianjurkan berniat dan membaca doa. Berikut doa menyembelih hewan kurban lengkap teks Arab, latin dan artinya.
  • Lebih Baik Mana, Hewan Kurban Warna Putih Atau Hitam?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 18:02 WIB
    Sebagian umat Islam mungkin ada yang bertanya hewan kurban apa yang lebih utama (afdhal). Apakah hewan warna putih warna hitam? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.