Topik Terkait: Makam Imam Bukhari

  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • Sukarno Menemukan Makam Imam Bukhari di Era Uni Soviet?
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:23 WIB
    Lokasi makam Imam Bukhari berhasil ditemukan lagi meski dalam keadaan terlantar. Untuk menyambut dan menyenangkan hati Sukarno, makam perawi hadis terkemuka itu direnovasi.
  • Delegasi Muhibah MUI ke Uzbekistan Ziarah ke Makam Imam Bukhari
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:11 WIB
    Delegasi Muhibah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Uzbekistan berziarah ke makam Imam Bukhari, Jumat (29/9/23).
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.
  • Inilah Rahasia Kesabaran Imam Bukhari
    Hikmah
    Rabu, 27 November 2019 - 14:20 WIB
    Salah satu ciri mukmin sejati adalah bersabar ketika ia dalam kesulitan ataupun dicela orang lain. Sabar memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah Taala.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Dahsyatnya Ilmu Imam Al-Bukhari, Usia 7-11 Tahun Hafal 10.000 Hadis
    Hikmah
    Rabu, 19 Februari 2020 - 18:10 WIB
    Para ulama mengatakan Kitab Sahih Al-Bukhari merupakan kitab paling akurat, paling sah, paling benar setelah Al-Quran.
  • Begini Kode Etik Pengunjung Makam Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:21 WIB
    Arab Saudi menekankan umat Islam yang ingin mengunjungi Al Rawda Al Sherifa, tempat makam Nabi Muhammad SAW, di Masjid Nabawi Madinah hendaknya mematuhi kode etik.
  • Imam Maliki Sempat Masuk Penjara karena Melawan Pemerintah
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:24 WIB
    Imam Maliki adalah pendiri Mazhab Maliki. Juga merupakan guru dari Imam Syafii. Beliau sempat masuk penjara di Kota Madinah karena melawan fatwa pemerintah.
  • Imam Syafii: Usia 7 Tahun Hafal Al-Quran dan 13 Tahun Hafal Kitab al-Muwaththa
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Imam Syafii Pernah Dirantai dan Dipenjara, Beliau Tetap Mulia di Sisi Allah
    Tausyiah
    Senin, 14 Desember 2020 - 17:30 WIB
    Nama besar Al-mam mujtahid, Al-Imam Muhammad bin Idris as-Syafii atau lebih dikenal dengan nama Imam as-Syafii terdengar menggaung di negeri-negeri Islam.
  • 10 Hakikat Guru Menurut Imam Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 17:38 WIB
    Imam Ibnu Athaillah As-Sakandari (1250-1309 M), seorang ulama sufi terkemuka kelahiran Mesir menyampaikan 10 hakikat guru yang sebenarnya. Berikut kalamnya.
  • Syair Abu Nawas yang Bikin Imam Syafii Menangis, Ini Keutamaannya
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 18:30 WIB
    Penyair terkenal zaman Abbasiyah, Abu Nawas pernah bertemu Imam Syafii di Kota Baghdad. Sang Imam menangis ketika membaca Syair Abu Nawas yang dikenal dengan Syair Al-Itiraf.
  • Nilai Secangkir Kopi Bagi Imam Syafii
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 15:20 WIB
    Pantas saja Imam Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii dikenal sebagai puncak pemimpin para Imam mazhab Fiqh Syafieyyah.
  • Ketika Imam Syafii Berdebat dengan Ulama Senior Mazhab Hanafi
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 21:55 WIB
    Al-Imam Asy-Syafii adalah tokoh yang argumentatif. Tak mudah bagi lawan debatnya untuk mematahkan argumentasinya. Beliau pernah debat dengan ulama senior Mazhab Hanafi.
  • Syarat Imam Sholat, Beserta Tugas dan Tanggung Jawab
    Tausyiah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Imam Sholat memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu, mereka juga harus menunaikan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan.
  • Menakjubkan! Begini Kecerdasan Imam Syafii Menjawab Celaan
    Tausyiah
    Rabu, 18 November 2020 - 11:15 WIB
    Jalan dakwah tidak mungkin rata dan sepi tantangan. Mestilah ia berkelok, mendaki, dan penuh ujian. Di jalan dakwah, celaan hampir pasti jadi sarapan.
  • Imam Syafii, Meramu Pendapat Fikih Imam Malik dan Imam Abu Hanifah
  • Zikir yang Diajarkan Imam al-Ghazali untuk Mendapatkan Keberkahan
    Tips
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:53 WIB
    Siapa saja yang mengamalkan wirid harian ini, maka hidupnya akan mendapatkan keberkahan dan dimudahkan untuk memperoleh ilmu, pesan al-Ghazali sebagaimana dikutip Syekh Dairabi.
  • Doa yang Diajarkan KH Hasyim Asyari ketika Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:28 WIB
    Jika seseorang tiba di kota Madinah maka disunahkan baginya untuk menziarahi makam Nabi Muhammad SAW, sekaligus juga menziarahi makam dua sahabatnya. Begini doanya.
  • Imam Abdullah Awad Al Juhany, Imam Masjid Nabawi yang Banyak Penghargaan
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 11:57 WIB
    Imam Abdullah Awad Al Juhany adalah seorang imam dan qari asal Arab Saudi. Beliau sering diundang untuk menjadi qari di acara-acara pengajian dan festival di seluruh dunia.