Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 182)

  • Hadis Asyura, Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:20 WIB
    Asyuro adalah hari kesepuluh dari bulan Muharam. At-Turmudzi meriwayatkan sebuah hadis hasan sahih bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk puasa Asyuro, yaitu pada hari ke-10 dari bulan Muharram.
  • Begini Tata Cara Sholat...
    Tips
    Selasa, 25 Mei 2021 - 12:03 WIB
    Keduanya sebenarnya memiliki makna istilah yang sama yaitu dzahabannuru kulluh au badlannur yakni hillangnya seluruh cahaya yakni gerhana total atau sebagian cahaya.
  • Istri Rasulullah: Sayyidah...
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 15:10 WIB
    Kedermawannanya telah dikenal, bahkan sebelum beliau memeluk Islam. Sebelum menikah dengan Rasulullah, Sayyidah Zainab sudah digelari Ummul Masakin.
  • Hijrah, Pilar Peradaban...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:00 WIB
    Dibangunnya masjid sebagai awal perjalanan membangun peradaban itu juga menunjukkan bahwa peradaban dalam Islam tidak akan bisa terpisahkan dari koneksi samawi (nilai-nilai ketuhanan).
  • Teladan Rasulullah :...
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Krisis Politik: Para...
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib diikuti oleh para sahabat Nabi Muhammad yang lain. Thalhah dan Zubair juga memerintahkan putranya melindungi Khalifah Utsman.
  • Tunangan Mirip Resepsi...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Hadis Arbain: Kerjakanlah...
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:57 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-9 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Mimpi Guru Habib Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 11:41 WIB
    Pengurus Ponpes Darul Ilmi Waddawah Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad mengaku menaruh rasa hormat kepada Habib Rizieq Shihab setelah mendengar mimpi gurunya Habib Soleh bin Ahmad Alaydrus bertemu Rasulullah.
  • Rasulullah Mengingatkan...
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.
  • Rokok Bisa Menjadi Ilah,...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 11:23 WIB
    Tuhan yang satu ini demikian mencekam pengaruhnya atas diri manusia yang telah menjadi budaknya itu, sehingga seolah-olah tak terlepaskan dari dirinya. Inilah rokok, ilah yang paling jahat.
  • Kisah Pemuka Yahudi...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 06:30 WIB
    Abdullah bin Salam adalah seorang pemuka dan pemimpin Yahudi di Madinah yang memeluk Islam di masa Nabi pada Tahun 622 M. Kisahnya diabadikan dalam satu ayat Al-Quran.
  • Hijrah, Pilar Peradaban...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:40 WIB
    Penanggalan Islam dimulai dengan berpindahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Perpindahan Rasulullah SAW ini yang dikenal dalam sejarah Islam sebagai Hijratur Rasulullah SAW.
  • Meneladani Good Looking...
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 09:04 WIB
    Barangkali dari sekian banyak kisah yang dikisahkan dalam Al-Quran, kisah Nabi Yusuf alaihissalam menjadi salah satu kisah yang paling indah. Berikut ceritanya.
  • Tajamnya Firasat Imam...
    Hikmah
    Senin, 21 November 2022 - 06:30 WIB
    Hati-hati dengan firasat orang saleh. Mereka memiliki firasat yang tajam sebagaimana kisah Imam Syafii dan Imam Muhammad As-Syaibani. Berikut kisahnya.
  • Inilah Doa yang Sering...
    Tips
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 11:25 WIB
    Inilah doa paling sering dimohonkan Rasulullah SAW kepada Allah SWT, doanya ringkas namun maknanya sangat dahsyat. Karena setiap orang pasti menginginkan hal seperti yang dimohonkan dalam doa tersebut.
  • Siapakah Yajuj dan Majuj...
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Penyebutan Yajuj dan Majuj sebagai tanda besar datangnya hari kiamat telah disebutkan dalam Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Doa yang Sering Dibaca...
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 17:01 WIB
    Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa zikir dan doa yang senantiasa didawamkan oleh Nabi Khidir dan Nabi Ilyas adalah sebagai berikut:
  • Utsman bin Affan tentang...
    Hikmah
    Sabtu, 05 Oktober 2024 - 17:45 WIB
    Ketika ditanya oleh Abu Bakar tentang Umar, Utsman menjawab: Semoga Allah memberi pengetahuan kepada saya tentang dia. Dia adalah orang yang batinnya lebih baik daripada lahirnya.
  • Khubaib Bin Adi: Muslim...
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 13:40 WIB
    Khubaib bin Adi adalah sahabat Rasulullah SAW. Beliaulah yang memulai sunnah bagi seorang muslim yang akan dihukum mati orang kafir, untuk sholat dua rakaat.