Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 200)

  • 10 Amalan Sunnah di...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan.
  • Badan Malaikat Itu Sangat...
    Hikmah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 18:25 WIB
    Besarnya fisik malaikat tidak bisa dibandingkan dengan manusia. Rasulullah SAW pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya. Jibril memiliki 600 sayap dan setiap sayap mampu menutup cakrawala.
  • Ketika Muhammad bin...
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:17 WIB
    Yazid berkata, kalian akan melihat bahwa di antara ummat Muhammad SAW senantiasa ada yang tidak menginginkan harta ini ataupun yang semacam dengan ini yang ada di atas bumi.
  • Bacaan Maulid Simtudduror...
    Tips
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:23 WIB
    Bacaan Maulid Simtudduror lengkap ini biasa diamalkan dalam setiap acara keagamaan seperti Maulid Nabi atau di setiap malam Jumat. Maulid Simtudduro sendiri merupakan salah satu kitab berisi sirah Nabi dan selawat.
  • Kisah Malaikat Jibril...
    Hikmah
    Senin, 10 Februari 2020 - 17:54 WIB
    Jibril alaihissalam adalah pemimpin para Malaikat yang diberi tugas oleh Alah Taala menyampaikan wahyu kepada para Rasul termasuk Nabi Muhammad SAW.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Asal-usul Marga Al Haddad,...
    Dunia Islam
    Senin, 27 November 2023 - 11:12 WIB
    Asal-usul Marga Al Haddad cukup unik. Marga ini pertama kali disandang oleh Ahmad bin Abi Bakar bin Ahmad Masrafah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi Ammu al-Faqih.
  • Kisah Waria di Zaman...
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 09:34 WIB
    Sosok waria (wanita pria) kembali viral, setelah seorang selegram Wanda Hara memakai cadar dan mengikuti pengajian di kelompok muslimah. Muncul pertaanyaan, bagaimana pandangan Islam terhadap masalah kelamin ganda ini?
  • 3 Doa Malaikat Jibril...
    Tips
    Senin, 15 April 2024 - 07:42 WIB
    Ada tiga doa malaikat Jibril yang ternyata diaminkan oleh Baginda Rasulullah SAW, namun doa Malaikat Jibril alaihissalam ini, merupakan doa keburukan terhadap tiga golongan.
  • Kisah Thufail bin Amr,...
    Hikmah
    Jum'at, 29 April 2022 - 18:32 WIB
    Pada masa jahiliyah dia adalah kepala kabilah Daus. Dia termasuk pemimpin yang memiliki kharisma serta kewibawaan yang tinggi dan diperhitungkan orang. Periuknya tidak pernah turun dari tungku.
  • Kisah Nabi Yakub: Dahsyatnya...
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 14:57 WIB
    Mendengar penuturan Yusuf, Yaqub merasa khawatir bila Yusuf menceritakan mimpinya itu kepada saudara-saudaranya, karena mereka pasti akan merasa dengki terhadapnya.
  • Kisah Kuda Jibril Menggoda...
    Hikmah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Kisah kuda malaikat Jibril yang menggoda kuda Raja Firaun agar turun ke laut yang sudah terbelah, ketika mengejar Nabi Musa as dikisahkan Ibnu Katsir tatkala menafsirkan surat Yunus ayat 90-91.
  • Pentingnya Mendidik...
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:14 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umau Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Kisah Prajurit Muslim...
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 13:37 WIB
    Seorang anggota pasukan muslim ini tetap melanjutkan sholatnya ketika musuh memanahnya sampai tiga kali. Ia sedang membaca surat dari Al-Quran dalam sholat, maka ia tidak memutuskan bacaannya..
  • Doa yang Diajarkan Nabi...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 21:56 WIB
    Selain ikhtiar dengan berobat, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga mengajarkan doa agar sembuh dari sakit. Dianjurkan membacanya tujuh kali.
  • Syarat dan Cara Mendapatkan...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Juni 2023 - 19:00 WIB
    Syarat dan cara mendapatkan buku Nasab Rabithah Alawiyah perlu diketahui kalangan Alawiyin. Di Indonesia, para keturunan Alawiyin (Ba Alawi) disebut dengan Habib.
  • Dalil-dalil Keutamaan...
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Jelang Ajal: Umar Melarang...
    Hikmah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 14:59 WIB
    Umar berkata: Dengan hak yang ada pada saya atas engkau saya ingin melarangmu meratapi saya lagi, sesudah sekali ini. Tidak baik meratapi mayat yang hanya akan membawa kebencian para malaikat.
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 17:32 WIB
    Umar bin Khattab wafat pada bulan Muharam. Sang pembunuh adalah prajurit Kekaisaran Persia Sasaniyah yang berhasil ditangkap dalam Pertempuran al-Qadisiyyah pada tahun 636 M.
  • Panduan Salat Malam...
    Tips
    Selasa, 12 Mei 2020 - 20:45 WIB
    Qiyamul Lail adalah salat malam yang dikerjakan setelah salat fardhu Isya hingga terbit fajar. Di bulan Ramadhan, salat malam ini disebut dengan istilah Qiyam Ramadhan .
  • Kain Kafan Sayyidah...
    Hikmah
    Sabtu, 24 April 2021 - 17:32 WIB
    Sepeninggal Sayyidah Khadijah Al-Kubro pada hari ke-11 Ramadhan Tahun ke-10 kenabian membuat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat terpukul. Kain kafan beliau pun didatangkan dari Surga.