Topik Terkait: Maulid (halaman 173)

  • 3 Jenis Cinta yang Dilarang...
    Muslimah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 16:01 WIB
    Ada banyak ayat-ayat dalam Al-Quran yang menerangkan perihal cinta, akan tetapi ada beberapa jenis cinta yang ternyata justru dilarang dan harus dihindari. Kenapa demikian? Dan cinta jenis apakah itu?
  • Kisah Nabi Khidir, Pangeran...
    Hikmah
    Senin, 07 Maret 2022 - 16:14 WIB
    Nabi Khidir adalah seorang anak raja pada zaman kenabian Zulkarnain as. Dia memutuskan melepaskan singgasananya demi menjadi hamba Allah Taala. Beliau keturunan Nabi Nuh.
  • Doa Berlindung dari...
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 14:54 WIB
    Doa berlindung dari utang dan memohon pertolongan Allah agar segera dapat melunasi utang tersebut, diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya.
  • Doa Ketika Gempa Bumi...
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 15:31 WIB
    Doa ketika gempa bumi terjadi, sebenarnya tidak secara khusus dicontohkan oleh baginda Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam. Namun, doa ketika terjadi bencana bisa diamalkan dalam kondisi serupa.
  • Bulan Syaban, Bulan...
    Muslimah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:07 WIB
    Salah satu amalan di bulan Syaban adalah melunasi utang-utang puasa, khususnya bagi wanita muslimah yang masih belum selesai mengqadha puasa Ramadhan sebelumnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini Cara Allah Menjamin...
    Hikmah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 05:14 WIB
    Semua makhluk Ciptaan-Nya baik di langit maupun di bumi semunya dijamin Allah rezekinya. Artinya, kalau sudah menjadi rezekimu maka tidak akan tertukar.
  • Indahnya Surga! Inilah...
    Hikmah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 05:10 WIB
    Meski termasuk perkara ghaib, umat muslim wajib meyakini keberadaan surga dan neraka. Berikut ulasan singkat tentang keindahan surga dan orang terakhir yang memasukinya.
  • Khalifah Yazid bin Walid:...
    Dunia Islam
    Senin, 14 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Yazid bin Walid bin Abdul Malik atau Yazid III (701-744) adalah Khalifah Bani Umayyah yang naik tahta hanya selama 6 bulan. Kekuasaan itu diperolehnya lewat kudeta.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 18:57 WIB
    Khalifah Umar bin Khatab memecat Khalid bin Walid diganti oleh Abu Ubaidah sebagai pimpinan militer di Syam. Benarkah ini sebagai langkah Khalifah menyelamatkan tauhid umat?
  • Kisah Nabi Sulaiman...
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 19:05 WIB
    Nabi Sulaiman memberi semut sebiji gandum lalu memeliharanya dalam sebuah botol. Setelah genap satu tahun, Sulaiman membuka botol untuk melihat nasib si semut.
  • Keutamaan Bergaul dengan...
    Tausyiah
    Senin, 14 Maret 2022 - 21:12 WIB
    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar bergaul dengan orang-orang saleh agar membuat kita ingat dan bertambah dekat dengan Allah.
  • Apakah Kredit Itu Riba?...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Malu sebagai Sikap Terpuji,...
    Muslimah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 12:45 WIB
    Islam memerintahkan dan menganjurkan umatnya untuk berakhlak dengan rasa malu dan menjadikannya sebagai bagian dari iman yang dimiliki. Sangat banyak hadis-hadis yang terkait dengan rasa malu ini.
  • Pengakuan Ibnu Arabi:...
    Hikmah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 17:25 WIB
    Ibnu Arabi bercerita sesampai di masjid jamaah sudah bubar. Aku tidak merasa sedih. Malah sebaliknya, aku merasa lega, ujarnya. Mengapa begitu?
  • Ustaz Yusuf Mansur Dorong...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 23:54 WIB
    Pengasuh Ponpes Darul Quran Ustaz Yusuf Mansur mengucapkan selamat kepada peserta didik MI Manaratul Islam Jakarta yang telah mengikuti Wisuda Khotmul Quran IV dan Wisuda Tahfiz Quran I.
  • Berapa Hari Puasa Syaban?...
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 15:33 WIB
    Berapa hari puasa Syaban menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan umat muslim. Berikut penjelasannya dinukil dari berbagai riwayat Hadis.
  • Waktunya Memperbanyak...
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 17:01 WIB
    Salah satu amalan di bulan Syaban ini, adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Namun, ketika mengamalkannya jangan lupa memperhatikan adab-adab ketika membaca Kitabullah tersebut.
  • Kisah Abu Ayyub dan...
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Tatkala Rasulullah hijrah ke Madinah, beliau tinggal di rumah Abu Ayyub al-Anshari selama 7 bulan. Kala itu, Rasulullah tinggal di lantai 1, sedangkan Abu Ayub dan istrinya di lantai 2.
  • Surat Yusuf Ayat 41:...
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 18:35 WIB
    Ketika di penjara, Nabi Yusuf alaihissalam dipertemukan dengan dua pemuda yang meminta menakwilkan mimpi mereka. Ini kata Nabi Yusuf saat menafsirkan mimpi kedua napi itu.
  • Qutub al-Din Aibak,...
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Maret 2022 - 18:55 WIB
    Qutub al-Din Aibak adalah bekas budak, juga menantu sultan pertama Dinasti Ghuriyah, Muizz ad-Din Muhammad Ghuri. Aibak menjadi pengganti Ghuri pada 1206 M.