Topik Terkait: Mazhab Hanafi

  • Negara-negara yang Menggunakan Mazhab Hanafi
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Januari 2024 - 09:46 WIB
    Negara-negara yang menggunakan Mazhab Hanafi, umumnya adalah umat Islam yang beraliran sunni. Mazhab Hanafi ini tersebar di berbagai negara seperti Irak, Turki, Asia Tengah
  • Biografi Imam Hanafi, Ulama Kelahiran Irak Peletak Dasar Fiqih Mazhab Hanafi
    Dunia Islam
    Senin, 08 Januari 2024 - 13:34 WIB
    Biografi Imam Hanafi atau imam Abu Hanifah (80-150 Hijriyah), penting diketahui umat Islam. Terutama mereka yang mengikuti mazhab Hanafi.
  • Biografi Imam Abu Hanifah Pendiri Mazhab Hanafi, Khatam Al-Quran 7.000 Kali
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Imam Abu Hanifah (80-150 Hijriyah), salah satu ulama besar peletak dasar-dasar fiqih pendiri Mazhab Hanafi. Beliau memiliki riwayat hidup luar biasa dan mendapat pujian dari banyak ulama.
  • Ketika Imam Syafii Berdebat dengan Ulama Senior Mazhab Hanafi
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 21:55 WIB
    Al-Imam Asy-Syafii adalah tokoh yang argumentatif. Tak mudah bagi lawan debatnya untuk mematahkan argumentasinya. Beliau pernah debat dengan ulama senior Mazhab Hanafi.
  • Mazhab-Mazhab yang Hilang karena Kurang Dukungan Penguasa
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Desember 2022 - 13:11 WIB
    Tak bisa dimungkiri bahwa mazhab-mazhab besar yang kita kenal sekarang tetap eksis dan populer karena mendapatkan dukungan pemerinah atau khalifah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Ada 13 Mazhab dalam Islam, Tapi Hanya 4 yang Populer
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 22:37 WIB
    Perjalanan ilmu fiqih dengan masing-masing mazhabnya sangat dinamis. Datang dan pergi silih berganti seiring dengan perkembangan zaman.
  • Soal Cadar, Inilah Pandangan Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 13:01 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar dalam Islam? Apa kata ulama Islam tentang cadar ini? Pemakaian cadar sangat terkait dengan wajah perempuan, apakah termasuk aurat atau tidak?
  • Perbedaan Adzan dan Iqamah dalam Mazhab Syafii
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 21:12 WIB
    Perbedaan antara adzan dan iqamah pastinya telah banyak diketahui umat Islam. Namun dalam Mazhab Syafii terdapat beberapa perbedaan mendasar terkait dua panggilan ibadah ini.
  • Kalimat Bismillah dalam Al-Quran, Ini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 17:10 WIB
    Semua Mazhab dan ulama sepakat terkait keberadan bismillah dalam Al-Quran adalah di Surat An-Naml Ayat 30. Sedangkan dalam Surat Al-Fatihah, para ulama beda pendapat.
  • Hal yang Membatalkan Puasa Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 16:28 WIB
    Hal yang membatalkan puasa menurut 4 mazhab besar: Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanbaliyah, prinsipnya sama. Hanya saja masing-masing memiliki tambahan-tambahan
  • Hukum Sholat Idul Fitri: Mayoritas Ulama Anggap Sunah, Mazhab Hanafiyah Mewajibkan
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 16:10 WIB
    Lebaran sebentar lagi. Idul Fitri ditandai dengan sholat dua rakaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Lalu, bagaimana sebenarnya kedudukan hukum salat id?
  • Cerita Ustaz Ahmad Sarwat Ketika Beda Mazhab
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Januari 2020 - 20:20 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang perbedaan mazhab yang pernah dialaminya saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Prof Haedar Tanggapi Anggapan Shaf Berjarak Sebagai Mazhab WHO
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:31 WIB
    Konsep darurat dan mafsadat merupakan prinsip hukum Islam yang keabasahannya diakui para ulama Islam. Jangan ikut-ikut orang yang punya pendapat sempit.
  • Adakah Batasan Waktu Iktikaf? Ini Penjelasannya Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:30 WIB
    Iktikaf dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Namun, berapa lama atau batasan waktu melaksanakan iktikaf ternyata ternyata memiliki ragam pendapat.
  • Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafii (4)
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 07:30 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • Masih Sering Diperdebatkan, Ini Hukum Cadar dalam 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:21 WIB
    Pembahasan hukum cadar tertera dengan jelas dalam kitab-kitab fikih empat mazhab. Hanya saja, ada perbedaan tentang kewajibannya. Apa dan bagaimana perbedaannya tersebut?
  • Mazhab Imam Mahdi Ketika Muncul di Akhir Zaman
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 16:56 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan bahwa di akhir zaman nanti akan muncul seorang pemimpin yang akan memimpin dunia dengan keadilan namanya Imam Mahdi. Apakah mazhab beliau?
  • Membaca Al-Fatihah Adalah Rukun Salat, Bagaimana Jika Sebagai Makmum?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:39 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan intinya membaca Al Fatihah di belakang imam, kami katakan bahwa jika imam menjahrkan bacaannya, maka cukup kita mendengar bacaan tersebut.
  • 12 Fakta Imam Malik, Ulama High Class Pendiri Mazhab Maliki
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 15:46 WIB
    Imam Malik bin Anas rahimahullah (93-179 Hijriyah) adalah ulama besar high class yang berbeda dari kebanyakan ulama. Beliau dikenal sosok yang sangat menjaga penampilan.
  • Rukun Khutbah Jumat Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Maret 2022 - 23:34 WIB
    Rukun khutbah Jumat berdasarkan empat mazhab perlu diketahui umat muslim. Rukun khutbah adalah hal-hal yang harus dipenuhi seorang khatib ketika khutbah sholat Jumat.