Topik Terkait: Mendidik Anak Cara Rasulullah (halaman 3)

  • 7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
    Tausyiah
    Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
    Anas bin Malik berkata, Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Memuliakan Wanita, Adab yang Harus Ditanamkan kepada Anak Lelaki
    Muslimah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 10:05 WIB
    Dalam islam, mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum wanita menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum Hawa tersebut.
  • Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini
    Hikmah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah pribadi dengan kesabaran luar biasa. Ada satu peristiwa yang membuat Nabi marah, namun Allah menenangkannya dengan menurunkan wahyu.
  • Cara Makan Rasulullah yang Patut Diteladani (3)
    Hikmah
    Selasa, 11 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Berikut lanjutan cara makan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang bersumber dari Kitab Thaamur-Rasul SAW wat-Tadawi bil-Ghidza karya Prof Abdul Basith Muhammad as-Sayyid.
  • Meniru Cara Menasehati Anak Berdasarkan Al-Quran Surat Luqman
    Muslimah
    Sabtu, 20 November 2021 - 09:16 WIB
    Al-Quran surat Luqman merupakan salah satu surat yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, terpetik pelajaran berharga tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Rasulullah SAW Sangat Melarang Orang Tua Mengucap Sumpah Serapah pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 19:07 WIB
    Disadari atau tidak, masih banyak orang tua di masyarakat saat ini yang suka berkata kasar bahkan menyematkan sumpah serapah pada anak-anaknya
  • Mengajarkan Anak tentang Agama di Rumah, Ini Panduannya
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 13:12 WIB
    Dalam Islam, anak adalah amanah. Maka amanah dari Allah ini harus dijaga sebaik-baiknya seperti yang dikehendaki Allah Taala. Orang tua harus berusaha mendidik anaknya menjadi anak yang saleh sejak dini.
  • Mencium Anak Setiap Hari, Sunah Rasulullah SAW yang Sering Terlewatkan
    Muslimah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:56 WIB
    Mencium anak-anak merupakan bentuk kasih sayang orang tua kepada buah hati mereka. Bahkan Syariat menganjurkan, ciumlah anak setiap hari dan izinkan mereka mencium kepala bapak dan kepala ibunya setiap hari pula.
  • Doa-doa Rasulullah SAW Ketika Menjenguk Orang Sakit
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Selain berdoa untuk kesembuhan diri sendiri, ada beberapa riwayat yang menjelaskan doa-doa Raslullh Shallallahu alaihi wa sallam bagi orang sakit.
  • Pentingnya Mengenalkan Dakwah pada Anak di Usia Dini
    Muslimah
    Senin, 16 Januari 2023 - 13:02 WIB
    Berdakwah kepada sesama manusia mempunyai keutamaan yang sangat besar. Bagaimana tidak, pahala akan terus mengalir dari orang-orang yang beramal dengan ilmu yang disampaikannya
  • Anak Adalah Amanah, Inilah Nasihat untuk Para Ibu
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 21:50 WIB
    Seorang ibu adalah pendidik utama dan yang pertama bagi anak-anaknya. Dengan kata lain ibu memiliki tanggung jawab yang sangat berat untuk membina, mendidik, hingga membentuk karakter si anak.
  • Inilah Doa Rasulullah Saat Meminta Perlindungan untuk Anak-anak
    Muslimah
    Senin, 21 Desember 2020 - 15:01 WIB
    Disunnahkan bagi orang tua memperbanyak perlindungan kepada Allah untuk anak pada pagi dan sore hari semampunya atau dari waktu ke waktu. Doa doa apa saja yang bisa dipanjatkan?
  • Rahasia Dagang Rasulullah yang Membuat Bisnis Makin Sukses
    Tips
    Kamis, 18 November 2021 - 07:50 WIB
    Rahasia dagang Rasulullah terletak pada sifat dan akhlak beliau yang sangat mulia. Nabi Muhammad dikenal sebagai seorang pedagang jujur dan adil, sehingga banyak pembeli yang percaya dan membeli kembali barangnya.
  • Membiasakan Diri Memberi Contoh Akhlak Mulia pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Setiap orang tua hendaknya membiasakan diri untuk memberi contoh tentang akhlak-akhlak mulia kepada jiwa anak-anak mereka sejak dini. Karena pengaruh orang tua sangat penting terhadap kehidupan anak-anak di masa yang akan datang.
  • Tips Melatih Anak agar Mudah Berpuasa
    Muslimah
    Kamis, 14 April 2022 - 09:58 WIB
    Melatih anak kecil yang belum baligh untuk turut beribadah di bulan Ramadhan seperti berpuasa merupakan sebuah keteladanan yang harus kita lakukan. Dalil melatih mereka untuk berpuasa yakni dari Rubayyi binti Muawwidz.
  • Mengenalkan Fatwa Halal Haram pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:48 WIB
    Sejak dini, anak harus mulai diajarkan akidah dan nilai-nilai agama yang benar. Salah satunya tentang halal dan haram bagi mereka sesuai syariat. Kenapa demikian?
  • Orang Tua Harus Menjaga Rasa Bahagia Anak
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:10 WIB
    Menjaga akhlak dan keimanan seorang anak adalah yang harus diutamakan orang tua. Itulah yang diharap dan diinginkan oleh anak yang tidak terucap oleh lidah mereka,yakni bahwa mereka juga ingin bahagia.
  • Jibril Mengambil 10 Mutiara Hidup Sepeninggal Rasulullah SAW
    Hikmah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 03:55 WIB
    Bagi Rasulullah SAW, Jibril adalah sosok guru yang mengajarkan ilmu kalam ilahi. Hubungan keduanya sangat dekat, bahkan di bulan Ramadhan, Nabi dan Jibril tadarus bersama mengkaji Al-Quran.
  • Keutamaan Syafaat dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 07:20 WIB
    Muslimah, di antara perkara yang kita butuhkan untuk keselamatan kita di dunia dan akhirat adalah syafaat. Syafaat ini hakikatnya adalah rekomendasi, yakni rekomendasi dari seseorang terhadap allah Taala.
  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.