Topik Terkait: Menyikapi Kehidupan

  • Musibah dalam Kehidupan dan Cara Meresponsnya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 15:49 WIB
    Sebagaimana kehidupan, dunia ini sendiri identik dengan tempat di mana ujian itu pasti berlaku. Bahkan ujian itu bersifat natural (alami) dan pasti.
  • Pentingnya Kalkulasi Perjalanan Hidup Manusia
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:33 WIB
    Begitu banyak manusia yang kecenderungan hidupnya hanyalah jamaa maalan (mengakumulasi kekayaan) dan addadah (menghitung-hitungnya).
  • Agar Anak Berbahagia, Berikan Bekal Hingga ke Kehidupan Abadinya
    Muslimah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 19:14 WIB
    Anak adalah nikmat besar yang dikaruniakan Allah Subhanahu wataala kepada setiap orang tua. Akan tetapi tidak semua dari orang tua mengerti bagaimana menjaga nikmat tersebut, menjaga akhlak dan keimanan mereka adalah yang harus diutamakan.
  • Inilah Perkara yang Menyelamatkan dan Merusak Kehidupan Manusia
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 14:53 WIB
    Setiap orang atau manusia pasti mendambakan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat . Namun, banyak yang belum memahami hakikat hidup yang sebenarnya.
  • Menyikapi Doa Buruk dari Orangtua
    Muslimah
    Senin, 10 Mei 2021 - 17:32 WIB
    Di antara doa yang mustajab adalah doa yang diucapkan oleh orang tua untuk anaknya, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bila doa kebaikan, pasti anak akan bahagia. Bagaimana bila sebaliknya?
  • Menyikapi Perayaan Tahun Baru Masehi
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 18:49 WIB
    Suatu hari, Rasulullah SAW duduk bersama para sahabat, di situ beliau bercerita tentang hari kiamat dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (1)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 13:45 WIB
    Banyak di antara umat Islam begitu senang dan bahagia karena Hagia Sophia, sebuah gedung yang bersejarah dan telah bergonta ganti status, kembali akan mengalami perubahan status (konversi) baru di tahun ini.
  • Cara Menyikapi Khilafiyah dalam Urusan Agama
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:45 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang pengalamannya menjawab banyak pertanyaan fiqih, salah satunya adalah masalah Khilafiyah Abadi.
  • Menyikapi Harta Haram dalam Islam, Bolehkah Disedekahkan?
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:07 WIB
    Bagaimana menyikapi harta haram dalam Islam. Apakah boleh disedekahkan untuk orang lain? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Mengenal Bangsa Jin dan Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 15:44 WIB
    Makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa taala dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Bagaimana sebenarnya wujud jin tersebut?
  • Menyikapi Doa Buruk Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:14 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bagaimana kita menyikapi doa buruk dari orang tua ini?
  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (2)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 19:30 WIB
    Selain isu syariah tentunya kita juga diingatkan kembali bahwa saat ini umat sedang dalam peperangan sengit (state of war). Peperangan itu bukan perang nuklir atau atom.
  • 5 Fase Kehidupan Manusia Sesuai Sabda Nabi
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:58 WIB
    Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu alaihi wasallam menerangkan bahwa manusia akan mengalami lima fase sebelum datangnya hari Kiamat besar.
  • Kandungan Surah Yunus Ayat 40-41, Menyikapi Perbedaan Tanpa Kekerasan
    Tausyiah
    Minggu, 14 November 2021 - 17:17 WIB
    Kandungan surat Yunus ayat 40-41 merupakan bukti keindahan Islam dalam menyikapi orang yang tak beriman. Di sisi lain, ada empat poin penting dalam ayat ini.
  • Begini Cara Ulama Salaf Menyikapi Istri yang Durhaka
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 15:23 WIB
    Salah satu ujian bagi para suami adalah ketika memiliki istri durhaka yang punya perangai buruk. Namun, bagi para salafus saleh, mereka punya cara sendiri menyikapinya.
  • Pesan Habib Ahmad bin Novel Menyikapi Musibah Corona
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 22:21 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat terkait Corona saat pengajian di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang (2/4/2020).
  • Bila Orang Tua Mendoakan Keburukan, Apa yang Harus Dilakukan?
    Tips
    Minggu, 02 Januari 2022 - 07:16 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bila doa kebaikan, pasti anak akan bahagia. Bagaimana bila sebaliknya?
  • Qanaah Dalam Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 15:45 WIB
    Kefakiran itu adalah seburuk-buruk kemelaratan dan kesengsaraan. Dan Rasulullah pun melarang kita untuk meninggalkan keluarga kita dalam keadaan fakir, meminta-minta manusia.
  • Bagaimana Sikap Kita Menyikapi Khilafiyah? Begini Kata Ustaz Ajib
    Tausiyah
    Kamis, 09 Januari 2020 - 14:38 WIB
    Persoalan khilafiyah (perbedaan pendapat) dalam pelaksanaan syariat dan ilmu fiqih bukanlah hal baru dalam Islam. Lalu, bagaimana sikap kita menyikapi masalah khilafiyah ini?
  • Apakah Kekayaan Pertanda Kemuliaan dan Kemiskinan Pertanda Kehinaan?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 09:02 WIB
    Allah memberikan kekayaan kepada orang yang Dia cintai dan orang yang tidak Dia cintai, menyempitkan rezeki orang yang Dia cintai dan orang yang tidak Dia cintai.