Topik Terkait: Muhammad Bin Idris

  • 11 Kalam Indah Abuya Muhammad bin Alawi Al-Maliki
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 21:54 WIB
    Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani (1365-1425 H) merupakan sosok ulama Ahlu Sunnah wal Jamaah abad 21. Beliau dikenal sebagai gurunya para ulama di Tanah Air.
  • Kisah Utsman bin Affan Didoakan Rasulullah SAW karena Kedermawanannya
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:31 WIB
    Kisah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu didoakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) salah satu kisah penuh ibrah. Nabi mendoakan Utsman karena kedermawanannya.
  • Kisah Muhammad Al-Hanafiyah, Putra Ali Bin Abu Thalib yang Jago Berkelahi
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 18:24 WIB
    Siang hari, beliau menjadi pahlawan di medan perang dan menjadi tokoh dalam jajaran para ulama. Di malam hari beliau adalah rahib di saat mata manusia tidur terlelap.
  • Nasihat Berharga Sayyid Muhammad Al-Maliki Tentang Sholat
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 16:58 WIB
    Nasihat As-Sayyid Muhammad Al-Maliki tentang sholat ini layak kita jadikan motivasi agar tidak termasuk golongan orang-orang yang melalaikan sholat, termasuk sholat Subuh.
  • Kasus Khalid bin Walid, Cara Pandang Umar dan Abu Bakar
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 08:41 WIB
    Buku-buku sejarah tidak menyebutkan bahwa Abu Bakar pernah berselisih dengan Umar setajam seperti persoalan Khalid ini, perselisihan yang sejalan dengan watak kedua orang itu.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Amr Bin Al-Ash: Arthabon Arab yang Taklukkan Arthabon Romawi
    Hikmah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 17:30 WIB
    Ada yang mengatakan kepada Umar bahwa tentara Romawi dipimpin oleh Arthabon, maksudnya panglima yang lihai dan gagah berani. Jawaban Umar ialah, Kita hadapkan Arthabon Romawi kepada Arthabon Arab.
  • Kisah Umar bin Khattab Ketika Madinah Mengalami Paceklik
    Hikmah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 21:45 WIB
    Gus Musa Muhammad dalam satu kajiannya menceritakan kisah Umar bin Khattab radhiyallahu anhu ketika Madinah mengalami musim paceklik. Simak kisahnya.
  • Kesaksian Amr bin Maimun Detik-Detik Syahidnya Umar bin Khattab
    Hikmah
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:13 WIB
    Amr bin Maimun bercerita tentang syahidnya Khalifah Umar bin Khattab. Amr mengaku mengikuti beberapa hari sebelum Umar diserang pembunuhnya sampai pemakaman sahabat Nabi tersebut.
  • Profil Habib Muhammad Al-Attas, Tunaikan Haji Lebih Dari dari 29 Kali
    Tausyiah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:39 WIB
    Salah satu ulama besarnya Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas berpulang ke rahmatullah usai meresmikan Masjid Baalawi Simpang Ulim Aceh Timur. Ini profilnya.
  • Subhanallah! Inilah Ciri-ciri Nabi Muhammad SAW Versi Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 21:40 WIB
    Ciri-ciri Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) benar-benar sangat indah dan mengagumkan. Hal ini diceritakan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dalam Sirah Nabawiyah.
  • Kisah Tanda Cahaya Muhammad Para Nabi, Menurut Wahab bin Munabbih
    Hikmah
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:58 WIB
    Syits punya seorang anak laki-laki yang diberi nama Anusy. Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya itu berpindah ke keningnya.
  • Teladan Indah Imam Ahmad Bin Hanbal Mengoreksi Muridnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Kisah Imam Ahmad bin Hanbal ketika mengoreksi muridnya mengingatkan kita dengan kisah Rasulullah saat mengoreksi kesalahan sahabat sekaligus muridnya, Khawad.
  • Kontroversi Khalid bin Walid dan Betis Indah Si Cantik Laila
    Hikmah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 08:43 WIB
    Puncak cerita itu menurut pendapat mereka bahwa Khalid telah mengawini Laila Umm Tamim, istri Malik. Pada hari pembunuhannya itu dan bumi pun belum kering dari darahnya.
  • Mimpi Guru Habib Muhammad Al-Haddad Tentang Sosok Habib Rizieq
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 11:41 WIB
    Pengurus Ponpes Darul Ilmi Waddawah Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad mengaku menaruh rasa hormat kepada Habib Rizieq Shihab setelah mendengar mimpi gurunya Habib Soleh bin Ahmad Alaydrus bertemu Rasulullah.
  • Fakhitah bin Abu Thalib, Cinta Kandas Pertama Nabi Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sebelum menikah dengan Sayyidah Khadijah, Muhammad SAW jatuh hati dengan Fakhitah. Sayang, cinta ini kandas. Lamaran pria berjuluk Al-Amin ini ditolak.
  • Pengakuan Ali Bin Abi Thalib Ketika Nabi Muhammad  Ajak Bani Muthalib Masuk Islam
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 13:08 WIB
    Ketika Rasulullah hendak mulai berbicara, menurut Ali, beliau didahului oleh Abu Lahab. Abu Lahab berkata kepada hadirin dengan sinis: Kalian benar-benar sudah disihir oleh saudara kalian!
  • Hijrah Nabi Muhammad SAW sebagai Pijakan Kalender Hijriah
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:16 WIB
    Besok, Sabtu 30 Juli 2022 adalah bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah. Dalam Islam, bulan Muharram identik dengan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah beberapa abad lalu.
  • Umar bin Khattab: Si Kidal Penggembala Unta dengan Ayah yang Pemarah
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 16:05 WIB
    Gambaran Umar bin Khattab semasa jahiliyah lebih mirip dalam dunia kelam. Ayahnya yang miskin dan pemarah.Umar adalah si kidal penggembala unta.
  • Ketika Khalid bin Walid Harus Memohon Maaf Kepada Ammar bin Yasir
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 15:32 WIB
    Dan sewaktu terjadi selisih paham antara Khalid bin Walid dan Ammar, Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang memusuhi Ammar, maka ia akan dimusuhi Allah...
  • Habib Ahmad: Orang Berakal Pasti Jatuh Cinta pada Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Jum'at, 06 November 2020 - 17:42 WIB
    Tak hanya orang beriman, orang berakal pasti jatuh cinta pada Nabi Muhammad shallalalhu alaihi wasallam ketika mengkaji sejarah kehidupan beliau yang tidak ada cacatnya.