Topik Terkait: Nabi Yusuf Diangkat Jadi Pejabat Kerajaan (halaman 3)

  • Siapa Manusia Paling Tampan, Nabi Yusuf Atau Nabi Muhammad SAW?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 15:50 WIB
    Siapakah manusia paling tampan, Nabi Yusuf alahissalam atau Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam? Pertanyaan ini sering dibahas dalam berbagai kajian dan mejelis ilmu. Berikut ulasannya.
  • Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Quran (2)
    Hikmah
    Senin, 03 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Sebelumnya Syeikh Ahmad Al-Mishri, ulama Mesir yang menetap di Jakarta telah mengulas kisah Nabi Yusuf waktu kecil bermimpi melihat 11 bintang, matahari dan bulan, bersujud kepadanya.
  • Kisah Nabi Yakub Kehilangan Penglihatan, Ini Penyebabnya Menurut Tafsir dan Medis
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 20:22 WIB
    Nabi Yakub alaihissalam termasuk salah satu Rasul yang diuji dengan banyak cobaan. Meski tidak seberat ujian yang dialami Nabi Ayyub, penderitaan Nabi Yakub menyimpan hikmah berharga.
  • Surat Yusuf Ayat 71: Jawaban Bijak Saudara Nabi Yusuf Saat Dituduh Mencuri
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 23:54 WIB
    Ketika saudara-saudara Nabi Yusuf alaihissalam (putra-putra Nabi Yakub) dituduh mencuri, mereka menjawab dengan kalimat yang indah dan bijaksana.
  • Surat Yusuf Ayat 19-20: Nabi Yusuf Dijual dengan Harga Murah, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 22 November 2021 - 08:38 WIB
    Lanjutan Tadabur Surat Yusuf Ayat 19-20 menceritakan kisah Nabi Yusuf alaihissalam yang ditemukan kelompok musafir di dalam sumur dan menjualnya dengan harga murah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Surat Yusuf Ayat 53: Pesan Nabi Yusuf Tentang Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 22:20 WIB
    Setelah peristiwa yang dialami Nabi Yusuf alaihissalam berlalu dan terbukti tak bersalah, beliau berpesan tentang hawa nafsu. Berikut pesan dan hikmahnya.
  • 3 Doa Nabi Yusuf saat Mengatasi Problem Kehidupan
    Tips
    Minggu, 12 November 2023 - 14:13 WIB
    Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Berdoa dan memohon kepada Allah SWT dalam setiap problem yang dihadapinya.
  • Inilah Kemuliaan Wajah Rasulullah dan Ketampanan Nabi Yusuf
    Hikmah
    Senin, 06 Januari 2020 - 16:21 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan Nabi Yusuf AS, keduanya memiliki keistimewaan yang masyhur. Namun, Nabi Muhammad memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Nabi Yusuf.
  • Surat Yusuf Ayat 62: Nabi Yusuf Mengembalikan Barang Barteran kepada Saudaranya
    Hikmah
    Senin, 05 September 2022 - 06:30 WIB
    Usai menyampaikan pesan kepada saudara-saudaranya, Nabi Yusuf alaihissalam memasukkan barang barteran makanan ke dalam karung-karung saudaranya.
  • Sejumlah Hadis Nabi Muhammad SAW tentang Tobat
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Dalam sunnah Nabi SAW, kita banyak menemukan hadis-hadis yang mengajak kita untuk bertobat, menjelaskan keutamaannya, dan mendorong untuk melakukannya dengan berbagai cara.
  • Nabi yang Menerima Suhuf, Nabi Syits yang Terbanyak
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 17:45 WIB
    Suhuf diturunkan kepada lima nabi. Mereka adalah Nabi Adam (10 suhuf), Nabi Syits (50 suhuf), Nabi Idris (30 suhuf), Nabi Ibrahim (10 suhuf), Nabi Musa (10 suhuf).
  • Surat Yusuf 54: Kisah Nabi Yusuf Diangkat Jadi Pejabat Tinggi Istana
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 23:42 WIB
    Kisah Nabi Yusuf alaihissalam diangkat menjadi pejabat di Kerajaan Mesir menarik untuk dikaji. Beliau diberi kedudukan tinggi karena akhlaknya yang terpuji.
  • Peristiwa Muharram: Allah Taala Kembalikan Kerajaan Nabi Sulaiman yang Direbut Jin Sakhr
    Hikmah
    Minggu, 31 Juli 2022 - 15:57 WIB
    Pada 10 Muharram Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman, tatkala sang Nabi kehilangan kerajaannya akibat tipu daya setan yang bernama Sakhr.
  • Pesan dan Hikmah di Balik Surat Yusuf Ayat 4
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 17:23 WIB
    Pada surat Yusuf terdapat satu ayat yang mengandung hikmah dan pelajaran berharga yaitu ayat ke-4. Ayat tersebut menceritakan mimpi yang dialami Nabi Yusuf.
  • Surat Yusuf Ayat 60: Bukti Cinta Nabi Yusuf kepada Saudaranya
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 23:16 WIB
    Pada ayat ini Nabi Yusuf alaihissalam menyampaikan sedikit penekanan kepada saudara-saudara yang tidak mengenalnya. Nabi Yusuf meminta mereka membawa Bunyamin ke Mesir.
  • Nabi Yusuf AS Tak Sekadar Mentakwilkan Mimpi Sang Raja
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:32 WIB
    Kisah Nabi Yusuf bisa jadi pelajaran berharga tatkala dunia berada di tubir krisis ekonomi menyusul serangan virus corona. Langkah-langkah antisipatif ketahanan pangan hari ini akan sangat menentukan nasib bangsa ke depan.
  • Rasulullah Saksikan Protes Nabi Musa kepada Nabi Adam
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Nabi Musa dalam pertemuan itu menyalahkannya Nabi Adam. Karena gara-gara kesalahan Nabi Adam anak cucunya menerima akibatnya, terusir dari surga.
  • Surat Yusuf Ayat 96: Nabi Yakub Bisa Melihat Kembali Seperti Sedia Kala
    Hikmah
    Sabtu, 01 April 2023 - 00:09 WIB
    Kesabaran Nabi Yakub alaihissalam atas ujian yang dialaminya akhirnya berbuah berkah. Mata yang sebelumnya memutih akhirnya sembuh atas izin Allah.
  • Doa Nabi Sulaiman agar Allah Taala Menganugerahi Kerajaan yang Tiada Tandingannya
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 16:30 WIB
    Nabi Sulaiman berdoa kepada Allah agar dianugerahi kerajaan yang tidak ada tandingannya, yang tak akan dimiliki oleh seorang jua pun sesudahnya.
  • Begini Jawaban Nabi Adam saat Nabi Musa Menyalahkannya
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 15:01 WIB
    Kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa as menyalahkan Nabi Adam as sebab lantaran perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.