Topik Terkait: Orang Sakit Dan Musafir

  • Ketentuan Puasa bagi Musafir, Tak Semua Dapat Keringanan
    Tips
    Selasa, 28 Maret 2023 - 13:55 WIB
    Ketentuan puasa bagi musafir disampaikan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 185 serta sejumlah hadis. Musafir yang melakukan perjalanan jauh mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan.
  • Ada yang Berpendapat Musafir Wajib Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebagian besar ulama bermazhab Maliki dan Syafii menilai bahwa hal ini sebaiknya diserahkan kepada masing-masing pribadi, dalam arti apa pun pilihannya, maka itulah yang lebih baik dan utama.
  • Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah dan Adabnya
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 15:54 WIB
    Doa untuk orang sakit sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sejumlah riwayat menyebutkan beberapa doa berikut.
  • Mendoakan Orang Sakit, Sebut Namanya dengan Lafaz Berikut
    Tips
    Jum'at, 19 November 2021 - 13:36 WIB
    Mendoakan dan menjenguk orang sakit merupakan sunnah yang sangat dianjurkan. Namun terkadang hukumnya bisa wajib bagi orang-orang tertentu. Berikut doanya.
  • Hukum Mengeluh bagi Orang yang Sedang Menderita Sakit
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • Keutamaan Membantu Orang Lemah dan Merawat Orang Sakit
    Tausyiah
    Minggu, 28 November 2021 - 09:20 WIB
    Membantu orang lemah atau merawat orang sakit bukanlah pekerjaan mudah karena perlu pengorbanan dan kesabaran. Boleh jadi sebab mengurus mereka, Allah meluaskan rezeki kita.
  • Begini Doa Saat Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:00 WIB
    Ada suatu keanehan sebagaimana dikemukakan dalam al-Fath (Fathul-Bari), yaitu adanya sebagian orang yang menganggap musykil mendoakan kesembuhan si sakit. Mengapa?
  • Surat Al-Quran untuk Orang Sakit, Insya Allah Sembuh Atas Izin-Nya
    Tips
    Selasa, 08 Juni 2021 - 11:05 WIB
    Surah Al-Quran untuk orang sakit tidak diragukan lagi kebenarannya. Selain mengobati segala penyakit, Al-Quran juga menjadi pelindung manusia dari segala keburukan.
  • Saat Bezuk Orang Sakit: Nasihati agar Bertaubat dan Berwasiat
    Tips
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:31 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan orang yang menjenguk orang sakit dari kalangan ahli kebaikan dan kebajikan agar mengingatkan si sakit segera bertobat kepada Allah Taala.
  • Doa Menjenguk Orang Sakit dan Doa Mustajabnya
    Tips
    Minggu, 05 Mei 2024 - 07:22 WIB
    Doa menjenguk orang yang tengah sakit penting diketahui kaum muslim. Bahkan, ada sebagian ulama menegaskan bahwa kalau menjenguk orang sakit dia minta doa kepada orang yang sakit karena doanya mustajab.
  • Aspek Hukum Puasa bagi Orang Sakit dan Musafir Berdasarkan Surat Al-Baqarah Ayat 184
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. Ibnu Sirin, pernah ditemui makan di siang hari bukan Ramadan, dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • Menjenguk Orang Sakit, Adab Mulia yang Banyak  Keutamaan
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 11:16 WIB
    Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar.
  • Hukum Orang Sakit Mengharap Kematian
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Hukum Menjenguk Ahli Maksiat yang Sedang Sakit
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit dalam Islam
    Tips
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:36 WIB
    Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, berpahala dan merupakan hak setiap muslim.
  • 4 Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Teks Arab dan Latin
    Tips
    Kamis, 14 Juli 2022 - 23:43 WIB
    Ketika menjenguk orang sakit, kita dianjurkan menyenangkan hatinya dan mendoakannya sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam.
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • Haruskah Berpuasa untuk Orang yang Dalam Perjalanan?
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 14:58 WIB
    Menjalankan puasa Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim di dunia. Namun, ada keringanan bagi orang-orang tertentu, seperti ketika sedang melakukan perjalanan atau safar.
  • Fadhilah Sakit, Demam Sehari Hapuskan Dosa Selama Setahun
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Jangan pernah mencela penyakit atau mengeluhkannya, sebab demam sehari dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun. Berikut hikmah dan fadhilah sakit.
  • Nasihat yang Perlu Disampaikan saat Membezuk Orang Sakit
    Tips
    Selasa, 13 Desember 2022 - 09:20 WIB
    Sudah selayaknya bagi seorang yang menjenguk saudaranya sesama muslim yang sakit untuk memberinya nasihat dengan jujur, menyuruhnya berbuat maruf dan mencegahnya dari kemunkaran.