Topik Terkait: Panduan Berteman Seorang Muslim (halaman 2)

  • 5 Hak dan Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya
    Tausiyah
    Sabtu, 28 September 2019 - 17:10 WIB
    Adab dan akhlak seorang muslim terhadap muslim lainnya seringkali dilupakan dan diabaikan umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Fitnah Akhir Zaman dan Bekal Seorang Muslim untuk Menghadapinya
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 13:10 WIB
    Tanda-tanda munculnya fitnah akhir zaman sudah terbaca di mana-mana, bahkan sudah hampir menjadi kenyataan. Banyak fakta yang mendukungnya, datangnya fitnah akhir zaman ini seperti tiupan badai yang sangat dahsyat.
  • Al-Quran Menyebut Kualitas Orang yang Beriman, Waspadai Dzalimun Linafsih
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 10:07 WIB
    Ada tiga karakter yang disebutkan dalam Al-Quran untuk menilai kadar keberagamaan seorang muslim. Secara tegas, karakter itu tercatat dalam Surat Al Fathir ayat 32.
  • Musik Blues: Jejak Muslim Afrika yang Diperbudak di Amerika
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 10:13 WIB
    Akar musik blues dapat ditemukan di field holler lagu solo, non-instrumental, lambat dengan kata-kata memanjang, jeda, dan melisma, semua elemen konstitutif dari gaya nyanyian dan bacaan Islami.
  • Prof Sohail Humayun Hashmi Bicara tentang Muslim Amerika Sampai Konsep Jihad
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 November 2022 - 13:55 WIB
    Muslim di Amerika belum mengukuhkan keberadaannya secara memadai. Mereka belum menyuarakan satu bahasa dan kepentingan yang sama, dan mereka bungkam agar tidak banyak menimbulkan persoalan.
  • Obat Hati adalah Berteman dengan Orang Shaleh, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 14 September 2022 - 09:20 WIB
    Berteman dengan orang shaleh bisa menjadi obat untuk hati di kala diri merasa banyak dosa. Imam Al Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar bahkan menyebutkan bahwa berteman dengan orang shaleh adalah obatnya hati.
  • Kemuliaan Sejati Bagi Para Pemaaf
    Muslimah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 12:24 WIB
    Di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima. Tidak akan merampas hak-hak orang lain.
  • Sering Menunda Shalat? Ini Bahayanya Bagi Seorang Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:29 WIB
    Tahukah muslimah, bahwa ada satu jenis telat yang jauh lebih berbahaya. Yakni telat shalat. Azab Allah Taala berupa datangnya semua kesulitan akan menimpa seorang muslim jika sering menunda shalat.
  • Perjalanan Ruh Seorang Mukmin Setelah Kematiannya Ternyata Sangat Indah
    Muslimah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 17:30 WIB
    Ketika manusia dipanggil kembali menghadap Allah (mengalami kematian), maka jasad dan ruh akan dipisahkan. Jasad dikubur dalam tanah, sedangkan ruh masih akan mengalami perjalanan, yakni kehidupan ruh berpindah di alam barzakh.
  • Keterwakilan Muslim di Industri Hiburan Dunia Hanya 1 Persen
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 15:53 WIB
    Satu penelitian mengungkap meskipun umat Islam berjumlah sekitar 24 persen dari populasi global, hanya 1 persen karakter di acara TV yang bernafaskan Islam.
  • Anjuran Muhasabah Diri Setiap Hari dan Cara Melakukannya
    Tips
    Selasa, 24 Mei 2022 - 17:40 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap hamba-Nya untuk selalu bertakwa, caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari. Merenungi bahwa Allah Taala tidaklah menciptakan manusia tanpa ada tujuan.
  • Panduan Lengkap Puasa Ramadan, Keutamaan, Amalan dan Doa Berbuka
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Ramadan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga. Berikut ini panduan lengkap puasa Ramadan, keutamaan, amalan dan doa berbuka.
  • Agar Anak Muslim Bangga dengan Islam
    Muslimah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 09:00 WIB
    Selain dengan Islam anak mengenal Rabb-nya, dia juga akan mengenal syariat (tata aturan) Islam untuk hidupnya. Syariat Islam hadir dalam pembiasaan melakukan amal shaleh di dalam keluarga.
  • Gambaran Mencekam Perang Hunain, Pasukan Muslim Nyaris Kalah
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Pertempuran antara kaum muslimin yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW melawan kaum musyrik dari suku Hawazin dan Tsaqif ini pasukan muslim nyaris kalah. Kondisi sangat mencekam.
  • Muslim Pelaku Dosa Besar Tidak Kafir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 13:30 WIB
    Dosa yang dilakukan seorang muslim tidak serta merta menjadikannya kafir. Namun juga tidak berarti bahwa perbuatan dosa yang dilakukan ahlul qiblat tidak berdampak atau berakibat apa-apa bagi pelakunya.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Ketika Seorang Istri Menjadi Tulang Punggung Keluarga,  Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 17:42 WIB
    Mencari nafkah bagi perempuan pada masa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sejatinya bukanlah suatu hal yang tabu, meskipun bukan sesuatu yang mainstream.
  • 5 Fakta yang Kurang Diketahui tentang Bangsa Moor dan Jejak Muslim di Eropa
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 17:51 WIB
    Muslim atau bangsa Moor meninggalkan jejak yang signifikan di Eropa abad pertengahan. Mereka memerintah Spanyol selama beberapa abad, mengubahnya secara budaya, sosial dan politik.
  • Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasihati
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • Sejarah Muslim di Amerika: Budak yang Pintar Membaca dan Menulis Arab
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 11:20 WIB
    Ada beberapa hal yang membedakan budak yang muslim dengan nonmuslim. Umat Islam lebih terpelajar. Suatu persyaratan Islam karena orang beriman perlu membaca Al-Quran,.