Topik Terkait: Penyair Muslim (halaman 500)

  • Doa Agar Dilindungi dari Kejahatan Penguasa dan Dibebaskan dari Kesedihan
    Tausiyah
    Senin, 13 Januari 2020 - 15:24 WIB
    Banyak amalan dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW demi kebaikan umatnya. Termasuk amalan agar dipelihara (dilindungi) dari kejahatan penguasa dan kezaliman makhluk-Nya.
  • Masya Allah! Inilah Sahabat Nabi yang Masih Hidup Hingga Sekarang
    Hikmah
    Senin, 13 Januari 2020 - 17:09 WIB
    Belum lama ini, Al-Habib Ali Masyhur bin Hafiz (Mufti Tarim, Yaman) dan rombongannya melakukan ziarah (kunjungan) ke salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW di negeri Syam.
  • Hukum Mengusap Kepala Ketika Wudhu Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Senin, 13 Januari 2020 - 22:32 WIB
    Bagaimana hukum mengusap kepala ketika berwudhu? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) berdasarkan pandangan 4 mazhab.
  • Beginilah Sakaratul Maut dan Kisah Nabi Isa Menghidupkan Orang Mati (1)
    Hikmah
    Selasa, 14 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan, Abu Laits As-Samarqandi (wafat&nbsp 373 H) mengulas dahsyatnya sakaratul maut dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • 11 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Menurut Islam
    Tausiyah
    Selasa, 14 Januari 2020 - 16:02 WIB
    Pengasuh Ponpes As-Shidqu Al-Habib Quraisy Baharun mengatakan, masa depan anak bergantung pada pola asuh dan pendidikan yang diberikan orang tuanya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Batalkah Wudhu Jika Menyentuh Kemaluan? Ini Penjelasan Ustaz Ajib
    Tausiyah
    Selasa, 14 Januari 2020 - 17:07 WIB
    Bagaimana hukum wudhu apabila menyentuh kemaluan? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, dalam bukunya berjudul Masalah Khilafiyah 4 Mazhab Terpopuler.
  • Cara Mengangkat Tangan Ketika Takbiratul Ihram Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 17:54 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) terkait tata cara takbiratul ihram berdasarkan 4 mazhab terpopuler.
  • Kisah Sujudnya Kaum Quraisy Ketika Mendengar Lantunan Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 16 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Di tengah dakwah Islamiyah yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat terjadi sebuah peristiwa unik yang menggemparkan Kota Makkah. Tak ada yang menyangka, kaum musyrikin Makkah tiba-tiba bersujud.
  • Mendahulukan Orang Lain dan Keutamaannya
    Tausiyah
    Kamis, 16 Januari 2020 - 15:09 WIB
    Mereka yang mendahulukan kepentingan orang lain memiliki keutamaan besar di sisi Allah Taala. Berikut penjelasan Habib Ahmad bin Novel Jindan.
  • Pesan Bijak Ustaz Felix Tentang Keadilan Tuhan
    Tausiyah
    Kamis, 16 Januari 2020 - 20:31 WIB
    Dai beretnis Tionghoa-Indonesia, Ustaz Felix Siauw menyampaikan kalam indah tentang keadilan Allah Taala kepada para hamba-Nya.
  • Kisah Nabi Ishaq dan Nabi Yaqub yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 21:50 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama asal Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas kisah dua Nabi yang merupakan anak keturunan Nabi Ibrahim alaihis salam (AS).
  • Nasihat Kiyai Shoffar Mawardi Terkait Rezeki
    Tausiyah
    Jum'at, 17 Januari 2020 - 23:17 WIB
    Pengasuh Mahad Daarul Muwahhid, Jakarta Barat, KH Muhammad Shoffar Mawardi menyampaikan nasihat terkait rezeki dalam Kajian Dhuha di Masjid Al-Muhsinin, Joglo, Jakbar.
  • Ketika Hendak Sujud, Lutut Dulu Atau Tangan?
    Tausiyah
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:45 WIB
    Bagaimana sebenarnya gerakan sujud yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Kisah Keislaman Hamzah, Singa Allah yang Mengagumkan
    Hikmah
    Senin, 20 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dalam Sirah Nabawiyah karya Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury diceritakan sebuah kisah mengagumkan yaitu masuk Islamnya Sayyidina Hamzah radhiallahu anhu (paman Nabi SAW)
  • Bangkit dari Sujud, Kedua Tangan Dikepal Atau Tidak?
    Tausiyah
    Senin, 20 Januari 2020 - 08:01 WIB
    Dalam fiqih salat kali ini kita akan membahas hukum mengepalkan kedua tangan ketika bangkit berdiri sari sujud atau tasyahud awal. Berikut penjelasannya.
  • Begini Isyarat Jari Telunjuk Saat Tasyahud Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 15:28 WIB
    Bagaimana isyarat jari telunjuk saat tasyahud menurut 4 Mazhab? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Kisah Ibrahim bin Adham yang Bertobat karena Burung Gagak
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 18:09 WIB
    Ibrahim bin Adham (wafat 160 Hijriyah/777 Masehi) adalah ulama sufi yang dikenal zuhud. Kisah pertobatannya layak dijadikan iktibar bagi mereka yang jauh dari Allah Taala.
  • Keutamaan Berlaku Jujur dan Bahaya Dusta
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Kejujuran merupakan mukaddimah akhlak mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlak tersebut sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Orang Saleh Ketika Menghadapi Bala dan Ujian (1)
    Hikmah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 15:30 WIB
    Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah (1250-1309) menceritakan beberapa kisah orang beriman saat diberi ujian bala berupa penyakit.
  • Umat Terbaik Itu Harus Berwawasan Kebangsaan
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 17:48 WIB
    Kali ini saya akan sampaikan karakteristik terakhir dari ummatan wasathan (masyarakat madani atau Islami). Sengaja saya tuliskan karakter terakhir ini secara terpisah.