Topik Terkait: Penyucian Hati (halaman 500)

  • Bangkit dari Sujud, Kedua Tangan Dikepal Atau Tidak?
    Tausiyah
    Senin, 20 Januari 2020 - 08:01 WIB
    Dalam fiqih salat kali ini kita akan membahas hukum mengepalkan kedua tangan ketika bangkit berdiri sari sujud atau tasyahud awal. Berikut penjelasannya.
  • Begini Isyarat Jari Telunjuk Saat Tasyahud Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 15:28 WIB
    Bagaimana isyarat jari telunjuk saat tasyahud menurut 4 Mazhab? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Kisah Ibrahim bin Adham yang Bertobat karena Burung Gagak
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 18:09 WIB
    Ibrahim bin Adham (wafat 160 Hijriyah/777 Masehi) adalah ulama sufi yang dikenal zuhud. Kisah pertobatannya layak dijadikan iktibar bagi mereka yang jauh dari Allah Taala.
  • Keutamaan Berlaku Jujur dan Bahaya Dusta
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Kejujuran merupakan mukaddimah akhlak mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlak tersebut sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Orang Saleh Ketika Menghadapi Bala dan Ujian (1)
    Hikmah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 15:30 WIB
    Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah (1250-1309) menceritakan beberapa kisah orang beriman saat diberi ujian bala berupa penyakit.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Umat Terbaik Itu Harus Berwawasan Kebangsaan
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 17:48 WIB
    Kali ini saya akan sampaikan karakteristik terakhir dari ummatan wasathan (masyarakat madani atau Islami). Sengaja saya tuliskan karakter terakhir ini secara terpisah.
  • Cerita Ustaz Yusuf Mansur Ketika Terlilit Utang, Ini Amalannya!
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 20:41 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur bercerita tentang pengalaman hidunya saat pengajian Jalsatul Itsnain Majelis Rasulullah Jawa Timur di Kota Surabaya 20 Januari 2020.
  • Orang Saleh Itu Selalu Khawatir Amalnya Tidak Diterima
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 14:47 WIB
    Setiap muslim diwajibkan untuk beramala saleh sebelum datangnya hari penyesalan. Perlu diwaspadai agar seseorang tidak jatuh ke dalam sifat riya atau berbangga-bangga dengan amalan.
  • Siapakah Muslim yang Paling Baik? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 17:05 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustaz Adi Hidayat memberi nasihat pentingnya menuntut ilmu dalam kajiannya di Masjid Nurul Bahri, Jakarta Utara.
  • Inilah Amalan Kaum Muhajirin yang Bikin Rasulullah Gembira
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 05:13 WIB
    Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekkah yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Rasulullah SAW memuji mereka dan mengabarkan ganjaran surga karena amal perbuatan mereka.
  • Kalam Indah Habib Hasan As-Syathiri Ulama Besar Yaman
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 09:00 WIB
    Sebuah kalam indah berisi nasihat yang menggugah hati disampaikan oleh salah satu ulama besar kharismatik asal Yaman, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Umar As-Syaathiri.
  • Inilah Sahabat yang Mengkhatamkan Al-Quran Dalam Salat Malamnya
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 huruf (menurut Imam Syafii). Jika 1 huruf sama dengan 10 kebaikan, maka berapa kebaikan yang kita dapat ketika membaca dan mengkhatamkannya?
  • 7 Ciri-ciri Rumah Tangga Islami
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 17:47 WIB
    Dalam Kitab Uqudulujain karya Syeikh Nawawi Al-Bantani, ulama besar asal Banten yang berdakwah di Makkah menjelaskan 7 ciri-ciri rumah tangga islami.
  • Derbent, Gerbang Masuknya Islam ke Rusia pada 642 Masehi (1)
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 21:27 WIB
    Paskaruntuhnya Uni Soviet pada akhir 1991 dan berdirinya Federasi Rusia, kehidupan beragama termasuk Islam telah berkembang dengan sangat cepat di negeri ini.
  • PCNU Jakpus Gelar Silaturrahmi, Ini Pesan Kiyai Yusuf Aman
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 17:08 WIB
    Pengurus Cabang NU Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar acara silaturrahmi sekaligus persiapan pelantikan pengurus dan lembaga NU Cabang Kota Jakarta Pusat, (26/1/2019).
  • Pertanyaan Pertama kepada Suami dan Istri di Hari Kiamat
    Tausiyah
    Senin, 27 Januari 2020 - 17:50 WIB
    Ulama besar asal Banten yang wafat di Makkah, Syeikh Muhammad bin Umar bin Nawawi Al-Bantani (wafat 1316 H) menjelaskan bagaimana hak dan kewajiban para suami dan istri.
  • Orang-orang yang Mati Syahid Menurut Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 14:13 WIB
    Semua umat muslim pasti menginginkan wafat dalam keadaan syahid. Sebab, mereka yang mati syahid akan mendapatkan keutamaan dan kemuliaan besar di sisi Allah Taala.
  • Rahasia Musibah dan Amalan yang Harus Dihidupkan
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dai yang juga Founder Syameela, Ustaz Oemar Mita mengatakan dalam tausiyahnya bahwa musibah adalah hal yang pasti dialami seseorang. Namun, tak seorang pun tahu kapan ujian itu datang.
  • Kenapa Ada Mazhab dalam Islam? Begini Kisahnya
    Tausiyah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:07 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat mengulas tentang fiqih perbandingan mazhab saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Amalan yang Bisa Membentengi Diri dari Setan
    Hikmah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:31 WIB
    Allah Azza wa Jalla memerintahkan Yahya bin Zakariya alaihissalam dengan lima kalimat agar diamalkan, dan memerintahkan Bani Israil agar mereka mengamalkannya.